Created on App

Catatan Kunjungan Gus Baha' di Bangkalan oleh @meyysi

Mencatat langsung kestimewaan Gus Baha'
0
armey @meyysi

Nahdliyin | Apapun yang terjadi di hidupmu Biarkan dan bahagialah dengan caramu| Belajar sabar 🙄 #rotiphoenix

youtu.be/3zizRf_Cm5k
armey @meyysi
* Catatan kunjungan Gus Baha' ke Bangkalan Jum'at sore, 31 Januari, 2020. Gus Baha' dan rombongan langsung menuju makam Syaikhona Kholil di Martajasah. Pertama kali beliau melihat saya, beliau langsung tersenyum dan bertanya : pic.twitter.com/EaejaxumnQ
Expand pic
armey @meyysi
" Kok nikahnya jauh-jauh ke Yaman ? At'abta Man Ba'dak.. Kasian nanti kalo ada yang mau niru tapi nggak bisa.. Kalo dianggap sunnah gimana ? " Ingin saya menjawab : " Bagi kulo.. Sejauh apapun jarak akan kulo tempuh demi doa dan barokah Guru Gus.. "
armey @meyysi
Tapi saya hanya tersenyum tak menjawab.. Saya sadar jawaban sebaik apapun pasti pada akhirnya akan dimentahkan oleh Gus Baha'. Saya hanya berfikir dalam hati dari mana beliau tau kabar pernikahan saya ? Bukannya beliau sama sekali nggak aktiv di dunia per-sosmed-an ?
armey @meyysi
Belum sempat bertanya, beliau sudah dawuh : " La wong istri saya ngikuti sampean di Instagram " Beliau lalu bertanya kepada saya : " dimana tempat yang sepi orang disini ? " Kami akhirnya mengantar beliau ke pojok kiri Masjid Syaikhona.
armey @meyysi
Disana kami duduk sambil menunggu adzan Maghrib. Setelah sholat Maghrib kami berziarah bersama rombongan Gus Baha'. Ziarah selesai kami langsung menuju perumahan Kayangan, disana Gus Baha' bertemu dengan Tim Turots Syaikhona Kholil,
armey @meyysi
Lembaga Investigasi karya-karya Syaikhona Kholil yang Alhamdulillah diisi oleh para dzurriah beliau. Di kesempatan itu ketua Tim kami Kak Utsman Hasan menyodorkan beberapa Manuskrip tulisan Syaikhona Kholil yang berhasil ditemukan oleh Tim.
armey @meyysi
Salah satunya adalah Manuskrip Al-Quran kuno tulisan tangan salah satu santri Syaikhona yang dimaknai Gandul oleh Syaikhona. Di halaman terakhir Syaikhona memang memberi catatan kaki bahwa siapa saja yang membaca naskah Al-Quran ini dan menemukan kesalahan di dalam penulisannya,
armey @meyysi
beliau sangat berharap agar segera dibenarkan. karena beliau sendiri mengakui banyak kekhilafan/kelalaian yang terjadi didalam penulisannya. Dan memang betul, saya dan anggota Tim yang lain menyaksikan sendiri bahwa beliau Gus Baha' sudah bisa menunjukkan salah satu
armey @meyysi
dari kesalahan tersebut dengan hanya sekali membuka saja, beliau lalu mulai menunjukkan kesalahan yang lain baik min haitsul harakat atau huruf. beliau lantas berkata :
armey @meyysi
" Al-Quran ini keahlian saya.. Dengan sekali menyentuh saja saya sudah bisa tau Naskah Al-Quran yang ada salahnya atau tidak " " Nyetrum Gus ?" saya menimpali. Beliau tertawa dan berkata :
armey @meyysi
" Iya betul nyetrum.. Kayak temen saya, meskipun dia buta tapi dia bisa tau bedanya cewek cantik sama nggak.. Pernah ada cewek cantik lewat dia bilang : " cewek iki uaayu gus.. " " loh kok ngerti.. Awakmu kan wuto ? " " Aku iso ngrasakno Gus.. " 😂🤣
armey @meyysi
Entah keistimewaan yang diberikan kepada Gus Baha' itu dinamakan Kasyaf, Ilham atau karomah. Yang jelas menurut saya itu adalah Taufiq dan Inayah khusus yang dianugrahkan Allah kepada para ulama Ahlil Quran seperti beliau.
armey @meyysi
Beliau juga bercerita bahwa beliau pernah mendapat Al-Quran tulisan Utsmani asli. Tulisannya kotak-kotak tanpa harokat dan titik, ketika sudah hampir menyerah bagaimana cara membacanya, Gus Baha' berdoa :
armey @meyysi
" Ya Allah.. Alat yang saya miliki sudah tidak cukup untuk membaca Mushaf ini.. Jadi sekarang saya memakai hak saya sebagai ahlul Quran.. Dengan hak saya sebagai Ahlul Quran tolong ajari saya gimana cara membacanya "
armey @meyysi
Setelah beliau berdoa seperti itu ndilalah tiba-tiba beliau bisa membaca Al-Quran tulisan Utsmani itu. Mungkin bagi kalian yang baru pertama kali mendengar Gus Baha' berkata seperti itu, kalian akan mengira bahwa beliau adalah sosok yang "angkuh" dan sombong..
armey @meyysi
Hakikatnya tidak seperti itu, bagi saya gaya yang dipakai Gus Baha' adalah salah satu bentuk "Idzharul Ilmi" : Tatkala seorang Alim menampakkan dan menonjolkan kealimannya ditengah-tengah zaman yang mana orang yang hanya bermodal caci-maki
armey @meyysi
dan kata-kata kotor saja sudah bisa mendapat gelar ulama. Bukankah Rasulullah Saw pernah bersabda : " إذا ظهرت البدع في أمتي فعلى العالم أن يظهر علمه " " ketika sudah banyak Bid'ah di antara ummatku.. Maka seorang Alim harus menampakkan kealimannya "
armey @meyysi
Saya ingat, ketika sowan kepada beliau, Beliau pernah berpesan : " Sekarang banyak Alumni-alumni pesantren yang sok Tawadhu'.. Nggak mau maju, nggak mau tampil.Akibatnya sekarang yang punya panggung ya orang-orang gak berilmu itu.Yang gak pernah mondok sama sekali malah kayak. "
armey @meyysi
(beliau lalu menyebut tokoh yang menurut beliau tidak berilmu tapi tetap saja dikasih panggung ) Selesai bertemu dengan Tim Turots, Gus Baha' langsung menuju lokasi pengajian PP. Syaichona Cholil. Di awal ngaji, ketika mengomentari kitab Isti'dad lil Maut karya Mbah Kholil,
armey @meyysi
beliau sudah mengeluarkan joke-joke khasnya. " dulu ketika saya masih kecil.. Saya sering mendengar cerita kalo Mbah Kholil Nalqin Mayyit beliau biasanya dawuh : " nanti kalo dateng malaikat nanya macem-macem bilang kamu masih nunggu saya ya .. "
armey @meyysi
Ternyata di kitab ini Mbah Kholil mengajari cara menjawabnya.. Jadi saya agak kecewa.. " 😂🤣 (pengajian lengkapnya bisa kalian lihat di Yutub) Pada akhirnya.. Menurut saya ke-viral-an Gus Baha' adalah sebuah anugrah yang wajib kita syukuri, wabil khusus bagi warga Nahdiyyin
armey @meyysi
dan Qoum Pesantren. Barokah Yutub dan media lainnya, Ditengah Zaman penuh Fitnah ini kita masih bisa dengan mudah ngaji dan mencuri ilmu bergizi dari sosok Gus Baha' yang sangat jelas kualitas kealiman dan sanad keilmuannya.
armey @meyysi
Sehat selalu Gus Baha'.. Allah Yahfadhzak wa Yar'aak bikamali ri'ayatih. * Ismael Amin Kholil, Bangkalan, 2 Februari, 2020. Sumber pic.twitter.com/a7nSwbQfWV
Expand pic

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.