Created on App

MENGGUGAT NAJIS ANJING (2) By @adeirra

Chirpified
3
adeirra 🤓 @adeirra

sexier than guns. better than cigarettes. weirder than aliens. not all bitches appeared evil. not all angels appeared good

adeirra.com
adeirra 🤓 @adeirra
Bagaimana sebenarnya hukum memelihara anjing dalam Islam? Apa benar Malaikat tidak mau masuk ke dalam rumah yg memelihara anjing? Apa benar dgn memelihara anjing maka pahala pemiliknya akan berkurang Dua Qirath? #CeritaGuruAdeirra #Najis #Anjing -A Thread- pic.twitter.com/WzmYiJNS27
Expand pic
adeirra 🤓 @adeirra
Man-teman, Mohon membacanya dengan perlahan-lahan karena ini pembahasan yg berat dan jangan buru2 ingin menyelesaikan bacaannya. 🤓 Bacalah dengan pikiran yg jernih tanpa kedengkian di hati. Sebab, sekali lagi... ILMU TAK AKAN BERSATU DENGAN KEDENGKIAN. 😌🙏🏻
adeirra 🤓 @adeirra
Anjing, dalam syariat islam telah mendapat perlakuan dan perhatian khusus, sehingga keberadaannya selalu istimewa utk diperbincangkan. Adakah yg menolak bahwa anjing merupakan makhluk cerdas? Makhluk yg selalu istiqomah setia kepada pemiliknya? Sudah pasti... Tidak ada!
adeirra 🤓 @adeirra
Maka tak salah jika ada ungkapan 'dog is a man's best friend'. Kecerdasan anjing juga dilengkapi insting yg sangat tajam utk mendeteksi berbagai hal baik - buruk disekitarnya. Itulah mengapa Tuhan berfirman, “wa ma 'allamtum minal jawarihi mukallibin” 🤓🐶
adeirra 🤓 @adeirra
Dan dengan tiba-tiba si Kacep mendatangi saya, dgn keringatnya yg masih memenuhi badan. Nampaknya baru kelar ngosek WC. 😁 Di pendopo itu kacep bertanya, “Ade, bingung aku tuh! Semua yg kamu terangkan ttg kenajisan anjing masi ngga masuk akal dlm otakku!" #CeritaGuruAdeirra
adeirra 🤓 @adeirra
"Ade, dengerin nih ya, beberapa hari udah aku putar2 otak, tetap ga nemu pemahamannya! 'Jika anjing tidak najis, lalu mengapa wadahnya harus disucikan? jika wadah harus disucikan, artinya anjing najis kan?'" "Hal inilah yg bikin aku bingung, bijimane coba?" #CeritaGuruAdeirra
adeirra 🤓 @adeirra
Begitulah tanya si Kacep, akalnya tak mampu menerima, logikanya menolak. Entah BELUM paham atau memang SENGAJA tidak mau memahamkan dirinya. Ataukah memang kecerdasannya di bawah rata-rata. Who knows. Aku pun mulai menjelaskan dengan bahasa yg lebih mudah dimengerti.
adeirra 🤓 @adeirra
Gini, mas Kacep.. Jangan terpaku pada arti tersurat dari kitab terjemahan. Kalau dlm terjemah, lafadz “yaghsilu sab’a” diartikan mensucikan tujuh kali. Di situ sudah jelas bahwa lafadz 'yaghsilu' adalah Fi’il (kata kerja), dan ada kaidah yg namanya “Fi’il Tsulatsi Mujarrad”
adeirra 🤓 @adeirra
Kaidahnya, Fa’ala yaf’ulu uf’ul Fa’ala yaf’ilu if’il Fa’ala yaf’alu if’al Fa’ila yaf’alu if’al Nah, jika Yaghsilu kita terapkan pada kaidah fa’ala - yaf’ilu - if’il, maka jadilah “ghasala - yaghsilu - ighsil”. Maknanya: mencuci, membasuh, mengumbah, mengisah-isah, dst.
adeirra 🤓 @adeirra
Dan bejana yg dimaksudkan dlm hadits adalah 'sebuah wadah yg pada jaman Nabi saw biasa digunakan untuk wadah minuman, wadah makanan, wadah menampung air wudhu dst'. Bisa dibayangkan toh, jika wadah makanan atau minuman tsb dijilati anjing? #CeritaGuruAdeirra #anjing #najis
adeirra 🤓 @adeirra
Terlepas dari urusan anjing, jika piring atau gelas yg biasa kita gunakan utk makan, lalu ada kecoa, tikus, cicak yang berada di atasnya, maka tetap WAJIB dicuci demi kebersihan dan kesehatan. "Ya ya, Kalo soal itu aku paham, de!" jawab si Kacep ngga sabar. #CeritaGuruAdeirra
adeirra 🤓 @adeirra
"Trus, gimana dgn hukum memelihara anjing?" tanya si Kacep. Ok, saya ambil riwayat dari Ibnu Umar, Nabi saw bersabda, "Barangsiapa memelihara anjing selain anjing penjaga ternak atau anjing untuk berburu, maka amalannya berkurang dua qirath setiap harinya” (Muslim 2940)
adeirra 🤓 @adeirra
Dalam lafadz muslim 2943, dikatakan berkurang satu qirath setiap harinya dgn lafadz, “Barangsiapa memelihara anjing selain anjing penjaga hewan ternak atau anjing untuk berburu, maka amalnya akan dikurangi satu qirath setiap harinya”.
adeirra 🤓 @adeirra
Abdullah berkata, Abu Hurairah berkata, "Atau anjing penjaga tanaman" Dr hadits di atas, bisa kita lihat, memelihara anjing adalah BOLEH dgn syarat ttt. Adapun syaratnya jika diambil dari redaksi: 1.Utk berburu 2.Utk menjaga ternak 3.Utk menjaga tanaman (kebun/ladang)
adeirra 🤓 @adeirra
Lalu bagaimana jika anjing dipelihara selain untuk 3 keperluan di atas? Hukumnya adalah BOLEH apabila ada tujuan kemanfaatan terhadap anjing tsb. "AH MASA SIH?? YANG BENER?" #CeritaGuruAdeirra #Najis #anjing
adeirra 🤓 @adeirra
Siapa saja ulama yang membolehkan? PERTAMA, Al Imam Abu Umar Yusuf bin Abdullah bin Muhammad bin Abdil Barr bin Ashim An-Namari Al-Qurthubi mengatakan dalam 'Al-Jami‘ li Madzahibi Fuqaha Al-Amshar' bahwa, 'Pemeliharaan anjing TIDAK diharamkan'. #CeritaGuruAdeirra #anjing
adeirra 🤓 @adeirra
Konteks pelarangan Nabi saw mengecualikan anjing pemburu, penjaga ternak & kebun hanya bersifat MAKRUH. Sedangkan pengurangan pahala hanya bersifat PREVENTIF. #CeritaGuruAdeirra #Najis #anjing "oya? masa sih?"
adeirra 🤓 @adeirra
Siapa saja yang menjadikan anjing atau memelihara anjing bukan untuk jaga tanaman, jaga ternak, atau berburu, maka akan berkurang pahalanya sebanyak satu qirath, hadits tsb menunjukkan kebolehan (bukan pengharaman). LHO KOK BISA GITU? #CeritaGuruAdeirra #Najis #anjing
adeirra 🤓 @adeirra
Pasalnya, pengharaman TIDAK BISA ditarik dari pernyataan, “Siapa yg melakukan ini, maka akan berkurang amal atau pahalanya sekian”. TRUS? Larangan itu dimaksudkan agar seorang muslim berhati-hati atas suatu kejadian yg tidak diinginkan di masa depan dari akibat memelihara anjing.
adeirra 🤓 @adeirra
Beliau jg menjelaskan bahwa pada prinsipnya kualitas pemeliharaan anjing tergantung pada perlakuan keseharian kita thdp hewan peliharaan tsb. Kl perilaku keseharian kita baik, maka Allah akan memberikan pahala. Ketika perilaku kita buruk, maka Allah akan membalas kita dgn dosa.
adeirra 🤓 @adeirra
KEDUA, Imam Nawawi mengatakan dalam 'Al Minhaj Syarh Shahih Muslim bin Hajjaj' bahwa, Kepemilikan anjing adalah DILARANG, jika tanpa adanya keperluan, dan boleh memilikinya untuk keperluan berburu, menjaga ladang, dan ternak. #CeritaGuruAdeirra #Najis #Anjing
adeirra 🤓 @adeirra
Terkait kebolehannya utk menjaga rumah dan semacamnya terdapat 2 pandangan: 1.Tidak boleh memiliki anjing utk keperluan selain yg disabdakan Nabi saw. Hal ini berdasarkan teks tertulis hadits yg melarang memiliki anjing kec utk keperluan ladang, berburu atau menjaga ternak.
adeirra 🤓 @adeirra
2.Boleh memiliki anjing untuk keperluan dgn “diqiyaskan” pada 3 kemanfaatan/3 hajat tadi, yaitu adanya hajat tertentu sebagaimana pengamalan thdp alasan yg dapat dipahami dari redaksi hadits. Pendapat yg lebih kuat adalah DIPERBOLEHKAN, sebagai qiyas dari ketiga hal tersebut.
adeirra 🤓 @adeirra
Kenapa? Karena adanya illat (alasan) yang dapat disimpulkan dalam hadits. ngomong2 soal illat, jd inget perdebatan sengit di thread berikut. twitter.com/adeirra/status… 🤣 (jangan lupa mampir juga kl sempet) LANJUT ... 👇
Load Remaining (9)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.