Chirpstory will close the service later this year. At the end of September, you will not be able to post stories or comments.

Beeswax/ Lilin Lebah Yang Mempercantik Kulitmu Serta Merawat Wajah Agar Awet Muda

Tapi tahukah kamu, kalau bukan hanya madunya saja yang bisa diambil manfaatnya, tapi sarang atau rumah dari lebah tersebut pun bisa loh. Sarang lebah tersebut sebelumnya akan diekstraksi terlebih dulu sehingga menjadi lilin, yang disebut Beeswax.
0

Lebah tidak hanya dikatakan serangga bermanfaat karena menghasilkan madu. Beeswax atau lilin lebah yang diproduksi serangga tersebut pun memiliki manfaat yang begitu banyak. Manfaat beeswax bahkan tak kalah dari madu dan propolis.

Malam tawon” begitu orang Jawa menyebut beeswax. Bahan tersebut biasa digunakan untuk membuat batik. Beeswax atau lilin lebah sendiri adalah zat yang dikeluarkan dari tubuh lebah. Hanya lebah pekerja muda yang mampu menghasilkannya. Tapi bahan ini dimanfaatkan oleh seluruh koloni untuk membuat sarang yang kokoh. Bahkan manusia pun turut serta memanfaatkan material yang sangat serbaguna tersebut.

Sudah sejak dulu beeswax diperjualbelikan untuk industri kecantikan. Perhatikan lip balm yang Anda gunakan. Kemungkinan besar, produk tersebut terbuat dari material ini. Selain itu, bahan ini juga bisa dimanfaatkan untuk beragam bidang lainnya. Bisa dibilang, meski istilah beeswax jarang diketahui orang, namun manfaatkanya telah diaplikasikan dimana-mana.

Menurut penelitian para ahli, lilin lebah atau beeswax memiliki kandungan gizi atau nutrisi yang lumayan tinggi, meskipun tidak sebanyak madu, royal jelly, dan propolis, tapi dengan kandungan gizi tersebut, beeswax juga sangat baik untuk menutrisi kulit.

Beeswax, Manfaat diDalam Dunia Kecantikan

1. Melindungi Kulit

Fungsi Beeswax disini adalah sebagai agent pelindung kulit, yang mana beeswax bertindak sebagai surfaktan. Jika beeswax dicampurkan ke dalam produk perawatan kulit, maka beeswax akan membentuk penghalang pada permukaan kulit yang dapat melindungi kulit. Penghalang ini dapat melindungi kulit dari iritasi, namun masih memungkinkan kulit untuk bernapas.

2. Melembutkan dan Melembabkan Kulit

Beeswax mengandung antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas yang bisa memperbaiki kulit yang kering, kasar dan pecah-pecah. Selain itu ekstrak lilin lebah ini kaya akan vitamin A dan emolien yang dapat melembutkan dan menghidrasi kulit. Pada kulit kering beeswax akan membangun kembali sel kulit.

3. Menyegarkan Kulit

Selain memberikan kelembaban dan memperhalus tekstur kulit, beeswax juga bisa menjadikan kulit terasa lebih segar. Beeswax diketahui mampu menyerap air lebih banyak, sehingga jika menggunakan produk dengan kandungan beeswax kulit akan terasa segar.

4. Merejuvenasi Kulit

Vitamin A juga menstimulasi terjadinya proses rejuvenasi yang menjadikan kulit tampak lebih bercahaya lebih alami, dan juga menjadikan kulit terlihat lebih bersih.

5. Menghilangkan jerawat

Selain kaya antioksidan, dan vitamin A, Beeswax juga kaya akan kandungan Antibakteri, dan anti peradangan. Kandungan ini dikenal sebagai bahan alami yang baik untuk kulit berjerawat. Emolien di dalamnya dapat membantu kulit menjadi lebih lembut setelah penyembuhan jerawat.

6. Mengatasi peradangan kulit

Menurut beberapa penelitian Beeswax memiliki sifat anti inflamasi, anti bakteri dan anti virus sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengobati iritasi kulit ringan. Sama seperti madu, lilin lebah juga mengandung komponen anti peradangan, sehingga sangat baik digunakan untuk peradangan pada kulit. Beeswax juga dapat digunakan untuk mencegah perkembangan bakteri yang dapat menyebabkan masalah pada kulit.

FREE KONSULTASI https://wa.me/6287846071151

Comment

No comments yet. Write yours!