Chirpstory will close the service later this year. At the end of September, you will not be able to post stories or comments.

Mengkritisi Kredibilitas Gelar Pahlawan Nasional Imam Bonjol dan Kontroversi Pemicu Perang Padri

Thread by: @karimnas_
2
Karim Nas @karimnas_

Penulis, penggemar budaya, sains, dan sejarah. | Instagram: karimnas_ | KaryaKarsa: karimnas | Dima bumi dipijak, disinan langik dijunjuang.

karimnas.net

"Elysian" antologi cerpen & puisi Omah Literasi @karimnas_

Unpopular opinion: I don't think Imam Bonjol should be our national hero.

29/01/2020 16:50:07 WIB
"Elysian" antologi cerpen & puisi Omah Literasi @karimnas_

Di sekolah kita cuma diajarkan kalau dia berperang melawan Belanda. Tapi tidak pernah jelas alasannya.

29/01/2020 17:07:11 WIB
"Elysian" antologi cerpen & puisi Omah Literasi @karimnas_

Pada dasarnya Perang Padri adalah perang antara kelompok Padri (dipimpin ulama-ulama aliran Wahabbi yang belajar di Mekah di awal abad 19) dengan kelompok adat Minangkabau.

29/01/2020 17:07:12 WIB
"Elysian" antologi cerpen & puisi Omah Literasi @karimnas_

Kelompok Padri ingin menghapus segala adat setempat yang bertentangan dengan syariah, terutama sistem matrilineal, dan menerapkan sistem Islam ketat ala Wahabbisme di Minangkabau. Perlawanan keras dari kelompok adat berujung pada perang berdarah.

29/01/2020 17:07:13 WIB
"Elysian" antologi cerpen & puisi Omah Literasi @karimnas_

Merasa terdesak, kelompok adat meminta bantuan asing. Sebuah hal yang wajar di era pra-nasionalisme. Bangsa Eropa yang ada di kawasan saat itu adalah Inggris dan Belanda, yang terakhir menyanggupi untuk membantu.

29/01/2020 17:07:13 WIB
"Elysian" antologi cerpen & puisi Omah Literasi @karimnas_

Singkat cerita kelompok adat Minang yang dibantu Belanda berhasil mengalahkan kelompok Padri. Dan entah kenapa, dalam konflik perang saudara ini, Imam Bonjol ditetapkan negara sebagai pahlawan nasional.

29/01/2020 17:07:13 WIB
"Elysian" antologi cerpen & puisi Omah Literasi @karimnas_

Ya, pada akhirnya kelompok adat dan Padri melawan Belanda bersama-sama. Tapi yang menjadi poin saya di awal adalah: kelompok Padri berusaha memaksakan ideologinya, dengan cara-cara kekerasan bahkan memerangi bangsanya sendiri. Mulai dari Pagaruyung hingga Mandailing.

29/01/2020 20:52:55 WIB
"Elysian" antologi cerpen & puisi Omah Literasi @karimnas_

Bagi saya, tindakan tersebut membuat kredibilitas gelar pahlawan nasional Imam Bonjol perlu dikritisi. Bila pembaca tidak sepakat, tidak masalah. Saya hanya merasa pemicu perang saudara antara kelompok adat dan Padri tak pernah dibahas secara jernih atau obyektif.

29/01/2020 20:52:56 WIB
JenSen Yermi @agenmossad

@karimnas_ @sefkelik @keinesasih "Entah kenapa" ni maksudnya gimana mas? Kan sudah jelas karena melawan (pihak yang dibantu) Belanda. Cerita sisanya diabaikan (mis. neo wahabi atau kebrutalan padri). Kalo setting pra nasionalismenya jadi masalah ya seluruh proses seleksi pahlawan nasional mesti digugat. 🤔

29/01/2020 18:38:39 WIB
"Elysian" antologi cerpen & puisi Omah Literasi @karimnas_

@agenmossad @sefkelik @keinesasih Imam Bonjol memerangi bangsanya sendiri untuk memaksakan ideologinya. Bukan tindakan kepahlawanan menurut saya.

29/01/2020 18:42:11 WIB
jhon @om_lemon

@karimnas_ Kalau dgn logika seperti itu maka pahlawan sebelum 1908 ga ada karena masing-masing mereka membela daerah atau kerjaanya. Karena ide tetang Indonesia baru ada zaman pergerakan organisasi Begitu?

29/01/2020 17:57:35 WIB
"Elysian" antologi cerpen & puisi Omah Literasi @karimnas_

@om_lemon Imam Bonjol memerangi kaumnya sendiri demi memaksakan penerapan ideologinya. Jadi bahkan tak termasuk membela daerah atau kerajaannya sendiri.

29/01/2020 18:01:00 WIB
can't talk, whatsapp only. @boenidjaya

@karimnas_ @agenmossad @sefkelik @keinesasih maaf saya kurang penangkapan (telat loading), jadi pa imam itu dari pihak padri atau dari adat? makasih.

29/01/2020 18:53:32 WIB
Muhammad Fikri Ansori @mfikriansori

@boenidjaya @karimnas_ @agenmossad @sefkelik @keinesasih Paderi. Mereka memerangi Kaum Adat dan kalau tidak salah juga memerangi Bangsa Toba di pedalaman Tapanuli.

29/01/2020 19:10:21 WIB
Panggi Libersa Jasri Akadol @panggi

@karimnas_ Setuju, dari masa sekolah aja gue merasa ada yang kurang pas sama ini. Seolah pemaksaan syariat adalah hal yang mulia dan kaum adat adalah pihak yang wajar diperangi.

29/01/2020 17:18:36 WIB
"Elysian" antologi cerpen & puisi Omah Literasi @karimnas_

@panggi hanya karena pihak adat bekerja sama dengan Belanda, mereka dianggap anti-nasionalis, padahal yang namanya Indonesia pun belum ada.

29/01/2020 17:27:20 WIB
aulay @aul__

@karimnas_ @panggi Mirip Aru Palakka ya..buku sejarah jaman sekolah mencap sbg pengkhianat tanpa lihat ltr blkg dan kondisi saat itu

29/01/2020 21:17:38 WIB
Satu per satu sama dengan satu @dabelyu97

@aul__ @karimnas_ @panggi Yup. Ada bnyk yg sperti itu. Cuman karna lawan penjajah trus jd pahlawan. Sementara yg kerjasama jd pengkhianat. Padahal itu jamannya msh beda. Dan Aru Palakka dlm posisi melawan penindasan Gowa-Tallo.

29/01/2020 21:58:30 WIB
yosef kelik @sefkelik

@karimnas_ @keinesasih Sekitar 10-15 tahun terakhir pendapat yang menggugat kepahlawanan Imam Bonjol ini sebenarnya mulai populer kok.

29/01/2020 17:28:18 WIB
Hardvon @vontodo

@karimnas_ Apalagi kalau yang belajar sejarah Batak, Imam Bonjol lebih menjadi petaka daripada pahlawan

29/01/2020 18:11:50 WIB
Ucok Simpang @akwkwowkwokwwok

@vontodo @ininessaya @karimnas_ Pembantai orang batak.. karena ingin menyebarkan agama islam di daerah batak atau sumatera ujung yg dekat dengan sumbar. Mandailing natal sipirok dll. Cmiiw

29/01/2020 23:25:00 WIB
Load Remaining (30)

Comment

No comments yet. Write yours!