Tolong Ya Para Wanita Kalau Nggak Siap Jadi Ibu Tolong KB Ya: Curhat Dokter Kelakuan-kelakuan Miris Wanita yang Belum Siap Hamil dan Punya Anak

Thread by dokter @dafinabalqis
2
mbal @dafinabalqis

Juggling myself as a mom, a wife, a daughter, and a doctor.

Dafina Balqis @dafinabalqis

Pernah dapet pasien 18 tahun, baru nikah, masih pengen jadi "anak muda", trus hamil. Udah gede nih hamilnya, 27-28 minggu. Cerita kalau males minum suplemen besi, asam folat, calc, aspirin (iya, skrining PE +), karena bosen minum obat kaya orang sakit.

26/01/2020 22:08:29 WIB
Dafina Balqis @dafinabalqis

Ada pasien 41 thn dateng bawa test pack positif, nanya beneran hamil apa ngga. Usia kehamilan kira2 12-13 minggu, trus bingung cerita gak pengen hamil karena punya anak 1 aja bingung ngasuhnya gimana.

26/01/2020 22:11:18 WIB
Dafina Balqis @dafinabalqis

Ada pasien 17 tahun, dateng dianter ibunya sambil haha hihi, bilang lagi hamil, ngga tahu kapan HPHT, bilang sudah minum jamu jamu, skrg mau kontrol aja, skrining ANC Terpadu karena disuruh bidan desa. UK 22-23 mgg, DJJ jedug2 148x/menit. Ibu si pasien masih haha hihi bahas jamu

26/01/2020 22:13:53 WIB
Dafina Balqis @dafinabalqis

TOLONG YA PARA WANITA. KALAU MEMANG NGGA SIAP JADI IBU, TOLONG BANGET, KB YA. Beneran kasian anak-anak kecil tanpa dosa itu kalau nanti lahir dari kondisi kehamilan ngga optimal, pas lahir gizi jg ngga optimal, tumbuh kembang terganggu, kualitas hidupnya sbg manusia jg menurun.

26/01/2020 22:16:51 WIB
Dafina Balqis @dafinabalqis

Pas udah gede kalau ngga pinter karena sempat malnutrisi, yang marah ibunya. Dibilang anaknya gak belajar. Padahal ya emang brain development nya ngga bisa maksimal. Emaknya ngga ngasih makan yg bener sejak hamil. Hamil aja gak niat kok anaknya yang dimarahin kan gimana ya.

26/01/2020 22:18:57 WIB
Dafina Balqis @dafinabalqis

Pls do be a mother when you're ready. Kalau ngga siap jadi ibu, TOLONG KB YA. Pake apapun cara yg kalian yakini terbaik buat kalian aja deh. Kalau emg gamau KB, ya harus siap hamil. Harus siap jadi ibu hamil yg baik. Just don't let your kid suffer your selfish decision. Please.

26/01/2020 22:24:56 WIB
@shntslty

@dafinabalqis Menurutku juga karena sosialisasi kurang sih. Beberapa dokter ga mau kasih KB untuk pasangan yang belum punya anak karena alasan tertentu. Untuk efek tiap KB juga ga banyak yang tau. Padahal, KB itu sendiri membantu banget. Karena nambah anak terus juga pusing kan. :((

27/01/2020 20:01:36 WIB
Dafina Balqis @dafinabalqis

@shntslty Kondom jg kb kak 😇 belinya jg ngga perlu resep dokter kok~ Saya dulu waktu mau nikah wajib ikut kelas pra nikah dari KUA, ada kelas pra nikah dari puskesmas lokasi menikah jg, diajarin berbagai macam KB dan kelasnya gratis 😚 semoga program serupa terlaksana dimana-mana ya..

27/01/2020 21:07:47 WIB
Dafina Balqis @dafinabalqis

@NadhilaAtsari Iyaaa bidan2 di sini suka curhat gtuu sampe berbusa penyuluhan 🥺🥺

27/01/2020 20:58:17 WIB
jihan arabikum @ghunt96

@dafinabalqis Pasien barusan, umur 23 th G3 P2002 Ab000, anak terakhir 6 bln, ga kb ga asi ekslusif, tes positif 20/1/20. Usg GS +, 5 w. Keluhan flek, Saya suruh kontrol 2 mgg lagi, bilang :" gini Dok, anak saya masih bayi. ..". Me: "iya liat 2mgg lagi ya" (males debat) 😁

27/01/2020 17:35:03 WIB
Dafina Balqis @dafinabalqis

@ghunt96 🥺🥺 tidak tahu harus berkata apa lagi.....

27/01/2020 21:04:11 WIB
Tempat Sambat @LudyChyntia

@dafinabalqis Sebagai istri yang 3th menikah dan belum juga dikaruniai anak, merasa miris.. disini riwa riwi ke dokter kandungan, minum suplemen, jamu, ke dukun pijat, hipnoterapi dkk belum juga dikasih.. tapi ada yg sudah dikasih tapi nggak siap ngerawat.. 😭😭😭😭

28/01/2020 08:33:23 WIB
(っ◔◡◔)っ ♥ blob ♥ @lydiaavry

@dafinabalqis This! Ada beberapa temen yang ngeluh kebobolan anak masih 8 bulan. Pas ditanya KB ga? "Ga, takut.." halahhhh ga KB terus enaena emang ngarepnya jadi apaan? Kinderjoy? 😭 dan ujung2nya kasian sama anak kedua karena kayak ga diharapkan gituu.. lebih sayang sama anak pertama😭

28/01/2020 09:14:33 WIB
Kharisma Lestari @kharismanism

@dafinabalqis Yah blm tau rasanya kalo pgn bgt hamil. Susu persiapan kehamilan diminum ga prnh lewat, segala vitamin, mau bikin anak doa dlu beli alat tes kehamilan hasilnya masih negatif. Ambyar.

28/01/2020 06:28:54 WIB
Rena Candra @RennaTuit

@dafinabalqis Kenapa mereka seperti itu. Ak wanita blm menikah. Hal yg paling aku inginkan menjadi wanita sempurna dengan menjadi istri dan ibu. Banyak temen yg sudah menikah bilang "wis anak siji ae, lahiran ki loro banget". Benak ku slalu berfikir, bodo amat. Nikmati prosesnya 😄

28/01/2020 08:09:56 WIB
Wildan Karim @wildankarim

@dafinabalqis Waktu hasil test pack positif, bojoku nangis sedih karena merasa blm siap punya anak. Posisi sedang S2 di Jepang. Sekarang, anak yg jadi prioritas pertama. Kadang bukan masalah siap ga siap, tapi gimana harus bersikap.

28/01/2020 08:20:05 WIB
Dafina Balqis @dafinabalqis

@wildankarim Iyaa, yg penting bertanggung jawab terhadap kondisi kesehatan sendiri dan calon bayi~

28/01/2020 09:34:21 WIB
Skinnytwins @anaqembar

@dafinabalqis @yaudahmaapp Ternyata ga cuma nikah tentang siap ga nya tapi hamil pun juga

27/01/2020 22:09:56 WIB
Remahan Rengginang @wanzaas

@dafinabalqis Aku yg pengen punya anak, menangis melihat ini😭

27/01/2020 22:53:21 WIB
#UnityinDiversity @ziesusilo

@dafinabalqis Miris ya.. Inilah pentingnya sex education. Hamil itu berarti sudah siap dengan segala konsekuensi dan tanggung jawabnya.

28/01/2020 07:34:04 WIB
Dhiaz Nanda Pratiwi @dhiazepam

@dafinabalqis Ini baru aku bahas sama diriku sendiri tadi pagi, "kalau mau jadi orangtua, jangan egois, persiapin mateng-mateng, jangan buat susah anak gak tau apa-apa"

28/01/2020 09:57:45 WIB

Comment

No comments yet. Write yours!