Siapa Bilang di Indonesia Hanya Ada 2 Gender? Mengenal 5 Jenis Gender Berbeda yang Diakui di Suku Bugis

Nggak Nyangka, Suku Bugis Punya 5 Jenis Gender Berbeda!
1
ini @kata_catur

lelah mencari | Aku bukan pemimpinmu, jangan ikuti | Aku bukan pendendam TAPI Aku bukan pelupa | Jangan memilih AKU, aku bukan PILIHAN

ini @kata_catur

Siapa bilang di Indonesia cuman ada 2 gender? Sebuah info untuk kalian bahwa di suku bugis terdapat 5 gender. Untuk yang sibuk nyinyir kalo gender lebih dari 2 itu budaya luar negeri, yuk perbanyak belajar budaya nusantara. Komik oleh FellFel pic.twitter.com/LcepOa8cjD

16/01/2020 13:46:03 WIB
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Subvillain @hellsome

@kata_catur Bokap bugis, nyokap sunda. Pertama kali dibawa bokap ke kampungnya daerah bone agak kaget juga sih. Btw bissu itu semacam dukun. Pernikahan bangsawan biasanya harus ada semacam ritual dari mereka.

17/01/2020 08:19:20 WIB
🐺 @ilhaamSyrf

@kata_catur Sekilas info peran bissu kalau dalam kerajaan bugis sebagai penasehat raja dan yang mengangkat mahkota raja 🙏🏽

17/01/2020 02:02:27 WIB
dirwan gosling @dirwanst

@pandji Suku Bugis mengakui 5 gender. 1. Perempuan 2. Laki-laki 3. Calalai 4. Calabai 5. Bissu Ada hasil penelitiannya dosen australi bang setauku yg bahas ini. Ama yg terbaru kandaku @faisaloddang_ juga bahas gender kelima (Bissu) di bukunya yg berjudul Tiba Sebelum Berangkat. pic.twitter.com/BiU04hnDzu

28/08/2019 19:03:52 WIB
Expand pic
Expand pic
dirwan gosling @dirwanst

@pandji Oke sehemat yg kupahami. Calalai itu seorang yg lahir dgn tubuh biologis perempuan tetapi dalam kesehariannya mengambil peran dan fungsi seperti laki-laki. (Tomboy). Calabai seorang yg lahir dgn tubuh laki-laki, tetapi dlm keseharian berperilaku sprti perempuan. (Waria).

28/08/2019 21:45:29 WIB
dirwan gosling @dirwanst

@pandji Meski Calalai seperti laki-laki, mereka tidak ingin dianggap sebagai laki-laki, mereka Calalai. Dan iya pernah baca, kalau ternyata Calalai ini bisa punya Istri. Jadi emang seperti laki. Calabai juga gitu, mereka tidak ingin dianggap sebagai perempuan tapi mereka seorang Calabai

28/08/2019 21:51:34 WIB
dirwan gosling @dirwanst

@pandji Gender kelima ada Bissu Berbeda dari Calabai dan Calalai, Bissu ini ada di tengah-tengah. Bissu adalah kombinasi dua gender dan keduanya seimbang dan adil. Jadi Bissu ini biasanya tetep gunakan badik (seperti lakilaki) tapi bersamaan memakai bunga dirambut (seperti perempuan).

28/08/2019 21:57:33 WIB
dirwan gosling @dirwanst

@pandji Sosok Bissu ini dianggap sebagai figur spritual penghubung manusia dgn dewa. Bissu juga ini memiliki bahasanya sendiri, dan diyakini sebagai bahasa org langit. Dulu pun di masa kerajaan, Bissu ini selalu dipercaya raja-raja untuk menjaga pusaka kerajaan (Arajang).

28/08/2019 22:01:28 WIB
dirwan gosling @dirwanst

@pandji Saat ini Bissu udah benar-benar hampir tiada atau punah :( Tinggal tersisa sedikit di Kota Pangkep, Sulsel. m.detik.com/news/abc-austr…

28/08/2019 22:09:06 WIB
Avardhanarishvara Kohen–Tzedek @Monarch_ERII

@kata_catur @snvmny 4 gue dah sering denger, tapi kalo yang bissu baru tau wkwk

16/01/2020 22:31:46 WIB
guntur aswardi ongirwalu @marjivet

@Monarch_ERII @kata_catur @snvmny Bissu dijaman skrg emang udh hampir nggak ada. Krn bissu itu semacam pendeta lah tapi untk kpercayaan tradisional bugis. Sdangkan skrg udh hampir nggak ada org mganut kpercayaan tradisional.

17/01/2020 08:23:39 WIB
IG: chalifahr @ChalifahA

@getas__pandawa @ConversationIDN Ku lanjut yah.. Gender dengan kecenderungan unsur feminim pada pria disebut dengan "calabai". Nah, calabai ini terbagi lagi menjadi 3, yaitu calabai tungke'na lino (bissu), paccalabai, Dan calabai kedo-kedonami

28/08/2019 23:32:46 WIB
IG: chalifahr @ChalifahA

@getas__pandawa @ConversationIDN 1. Calabai tungke'na lino merupakai calabai yang memiliki derajat paling tinggi dan berhak menyandang gelar bissu. Dimana calabai ini akan dipercaya pada setiap upacara adat. Konon, calabai ini tidak tertarik...

28/08/2019 23:35:29 WIB
IG: chalifahr @ChalifahA

@getas__pandawa @ConversationIDN pada laki2 maupun perempuan. Ia hanya mengabdikan dirinya untuk urusan dunia & akhirat.

28/08/2019 23:35:51 WIB
IG: chalifahr @ChalifahA

@getas__pandawa @ConversationIDN 2. Paccalabai, dalam masyarakat Suku Bugis golongan ini dapat berhubungan dengan laki-laki maupun perempuan.

28/08/2019 23:40:26 WIB
IG: chalifahr @ChalifahA

@getas__pandawa @ConversationIDN 3. Calabai kedo-kedonami merupakan golongan yang hanya bergaya dan berpakaian seperti calabai, namun secara fitrawi, mereka adalah laki-laki tulen.

28/08/2019 23:42:16 WIB
IG: chalifahr @ChalifahA

@getas__pandawa @ConversationIDN Sebagai referensi yang mudah dipahami, silakan baca novel Calabai karya Pepi Al Bayquni. Cerita tersebut diangkat dari kisah bissu di Sulawesi Selatan utamanya di Kabupaten Pangkep.

28/08/2019 23:45:08 WIB

Comment

No comments yet. Write yours!