"Kaca Rumah Pecah, Rumah Berantakan, Isinya Habis Semua" Kisah Pilu Warga Keturunan Tionghoa Saat Kerusuhan 98, Terpaksa Ngungsi Ke Hongkong dan Berjuang Hidup Dengan Uang Pas-pasan

Thread by: @RizPrima
THREAD awesome tionghoa kerusuhan 98 kisah FUN
1

Gambar Ilustrasi

Kie Hong Lauw @KienAnd_

Baal-Perazim || Psalm 23:4 || Indonesian chinese 🇲🇨🇨🇳🇭🇰

instagram.com/kielauw16/
Kie Hong Lauw @KienAnd_
Pas kerusuhan 98, aku msh stay di jkt, aku msh kecil bgt, tp msh inget gmn mencekam nya kejadian itu, kaca rmh ku pecah, rumah berantakan, isi nya habis semua, usaha pemasukan papa ku satu2 nya habis dijarah masa, yg aku liat papa mama ku nangis di ruang tamu.
Kie Hong Lauw @KienAnd_
Tengah mlm aku dibangunin, krn katanya kerusuhan pecah lg, sama ketua RT, kita sekeluarga ngungsi di rmh tetangga yg kebetulan seorang ustad, terus demi keamanan kita sekeluarga ke rumah mba yg kerja di rmh ke tasikmalaya buat mgehindari kerusuhan.
Kie Hong Lauw @KienAnd_
Karena satu2 nya pemasukan keluarga yg abis dijarah masa, dgn modal hanya tabungan, papa ku mutusin buat ngungsi, awalnya ke singapura, tapi setelah rembuk keluarga, papa ku mutusin buat pindah ke Hongkong.
Kie Hong Lauw @KienAnd_
Di HK kita mulai hidup baru, dgn modal tabungan yg bsa diblg gk berlebih, sbln pertama hrs numpang di rmh sekeluarga, sebulan kemudian kita dapet sewa rmh, puji tuhan hingga akhirnya papa ku dapet kerjaan di HK.
Kie Hong Lauw @KienAnd_
Aku dulu yg msh kecil banget, gak ngerti knp rmh ku dihancurin orang orang, ngeliat mama papa ku nangis, smbil meluk kami anak2 nya, kesedihan itu masih bsa aku rasain skrg, dlm hati aku, knp keluarga aku diperlalukan kaya gini? Apa salah keluarga aku?
Kie Hong Lauw @KienAnd_
Papa ku termasuk org yg berbaur di lingkungan, papa juga pernah nyumbang AC di mesjid yg baru dibangun krn usaha papa ku dlu toko elektronik, setiap hari raya kurban papa ku juga nyumbang hewan kurban ke mesjid walau papa ku bkn muslim.
Kie Hong Lauw @KienAnd_
Di HK papa ku kerja siang malam supaya kebutuhan kita sekeluarga bsa terpenuhi, krn kan biaya hdp HK mahal bgt, jarang bgt aku ketemu papa ku tiap hari, aku hrs ngungsi dari negeri yg slama ini aku anggap negara aku sndri ke negara orang.
Kie Hong Lauw @KienAnd_
Sempat aku ngalami apa yg namanya krisis identitas, sempet nanya ke bokap, kita ini orang mana ya? Org indonesia apa orang china? kita orang Indonesia, trs ku tanya lg ke papa ku, kita pulang ke tanah leluhur ya pa? papa ku jawab, bukan kita cm ngungsi ke HK, nnti kita balik lg
Kie Hong Lauw @KienAnd_
Hampir tiap mlm aku dger mama ku nangis, mama ku mgkn ngerasa gk betah di HK, karena walau kita warga keturunan, tapi ya lebih ngerasa indonesia dari pada china, krn nilai nilai yang tertanam ya nilai nilai indonesia.
Kie Hong Lauw @KienAnd_
Tahun tahun pertama di HK itu tahun terberat buat keluarga ku, duit pas pasan, papa ku hrs cari kerja kesana kemari, tinggal di flat yang sempit, sempet aku ngerasain krisis identitas, perlakuan pahit ini aku dapat dari negeri ku sendiri.
Kie Hong Lauw @KienAnd_
Karena walau aku warga keturunan, tapi nilai nilai yg aku anut berbeda bgt dgn nilai nilai hidup org HK atau pun China, walau secara fisik sama dgn org china umumnya, tapi di HK aku tetap ngaku org Indonesia, gk ngerasa sbg org china atau hongkong.
Kie Hong Lauw @KienAnd_
Waktu aku di HK, aku sering bgt nangis ke mama, aku bilang mau pulang ke bandung aja, mama ku cm blg aku gini “iya, nnti suatu saat kita pulang ko” sambil ngomg gt, aku tau mama sambil nahan nangis.
Kie Hong Lauw @KienAnd_
Pelan pelan keluarga ku mulai move on untuk gk nginget kejadian yg prnh kita alami, puji tuhan, pelan pelan di HK kehidupan keluarga ku mulai stabil,kalo bkn krn kebaikan Tuhan gak tau gmn nasib kita sekeluarga terlunta lunta di negeri orang.
Kie Hong Lauw @KienAnd_
Makanya aku jalani SD, SMP sampe SMA di HK, ttp di hari aku dlm keinginan aku suatu saat bsa balik ke bandung, dari HK aku selalu mantau berita indonesia, kalo aku rindu bandung aku cm bsa liat youtube, google pemandangan bandung hahha
Kie Hong Lauw @KienAnd_
Mungkin ada beribu alasan untuk aku bisa membenci indonesia, setelah perlakuan yang diterima keluarga ku, tapi gak pernah bisa, aku ngerasa terlalu indonesia di china, tapi ngerasa terlalu china di indonesia.
Kie Hong Lauw @KienAnd_
Tapi aku selalu bersyukur sih atas apa yang terjadi dalam kehidupan ku, akan selalu ada hikmahnya, justru hal hal yg prnh aku alami dulu yg membantu bentuk kepribadian aku sekarang, untuk selalu bersyukur.
Kie Hong Lauw @KienAnd_
Aku ngetik ini sambil nangis hahaha, krn sampe skrg jujur aku msh bsa ngerasain gmn kesedihannya. - SEKIAN-
Dany @Dany35160046
@RizPrima Aku msih ingat thun 98.. Om ku yg guru di mataram dan sdra2 yg kuliah disana pada mengungsi Pulang Flores.. Krna di mataram dan Bima kerusuhanx adalah pengusiran org keturunan dan Yg kristiani.. Jadi org2 Flores di NTB semua pulng.. Byk anak2 flores yg putus sekolah
Dany @Dany35160046
@RizPrima Krna waktu itu satu2nya tmpt anak Flores barat sekolah ya ke NTB.. karena murah dan dekat.. Tpi krna kerusuhan itu byk yg plang dan ga kuliah.. Kalau mereka ke Kupang maka mereka btuh biaya lebih besar lagi..
Hadi Pra @hadipra
@RizPrima Mei 98 ketika rumah Susi Susanti ikut dijarah dan pada saat yg bersamaan harus konsen bertanding di HK, reporter CNN bertanya “apakah ada rencana Susi pindah warga negara ? dengan tegas menjawab “Selamanya saya tetap akan menjadi warga Negara Indonesia
Muhammad Arif @jengjet123
@RizPrima Bokap dulu saksiin sendiri ada perempuan cina yg diperkosa, dibunuh, dan dibakar di depan orang tua nya di daerah Kota, sampai ortu nya jd gila. One of the worst part of Indonesian history sih. Thank God bukan gw yg liat langsung krn msh kecil jg, bisa2 depresi seumur hidup gw 😭
Suryana Tjia @suryz85
@RizPrima Teman bokap ada yang datang ke rumah nangis-nangis, rumah dan studio fotonya di bakar massa, anak perempuannya di perkosa, sampai akhirnya mereka ngungsi, info terakhir setelah pemerkosaan si anak akhirnya mengalami gangguan jiwa. . .
Casperhood @AdrianR3Y
@RizPrima Peristiwa kerusuhan 98 itu memang sangat biadad. Andai sejarah bisa dihapus... Sangat tersentuh bagaimana anda dan keluarga survive dan akhirnya bisa move on di negara orang... Respect untuk anda yg tetap merasa sebagai orang Indonesia🙏
Load Remaining (1)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.