Utang ga dibayar, Malah Hidup Kacau di Meja Hijau: Hati-hati Nagih Uang via Kanal Media Sosial atau Aplikasi Chat, Bisa-bisa Malah Kita yang Dituntut

Thread by: @raviopatra
1
Space Cowboy @raviopatra

A cat in human skin. Legislation advocacy with @WFD_Democracy. Research for @OpenGovPart. Quarantining with @BattleTennis. Usual disclaimers.

youtu.be/mmVVJvERBI8

Space Cowboy⁷ @raviopatra

Hati-hati nagih utang via kanal media sosial atau aplikasi chat. Ini negara hukum ala-ala ada UU ITE; banyak orang nagih utang malah yg ngutang lebih galak dan kemudian yg diutangin dituntut pakai pasal karet pencemaran nama. Utang ga dibayar, malah hidup kacau di meja hijau.

12/01/2020 20:13:06 WIB
Space Cowboy⁷ @raviopatra

Ga percaya? Tanya ke mbak Febi di Medan yg sekarang disidang karna dia meluapkan emosi di Instagram akibat utang ga dibayar 'ibu'. regional.kompas.com/read/2020/01/1…

12/01/2020 20:13:06 WIB
URL KOMPAS.com Duduk Perkara Wanita di Medan Disidang karena Tagih Utang Rp 70 Juta ke "Ibu Kombes" Lewat Instagram Jaksa mengatakan, tujuan Febi membuat psotingan itu ingin orang yang ditagih utang tersebut bisa sadar dan mengembalikan uang yang dipinjam. 2090
Space Cowboy⁷ @raviopatra

Azril Sopiandi di Mataram juga dipolisikan pakai pasal karet UU ITE karna nagih utang. tribunnews.com/regional/2017/…

12/01/2020 20:13:07 WIB
URL Tribunnews.com Tagih Utang Lewat Facebook, Pengusaha di Mataram Jadi Tersangka - Tribunnews.com Lalu Azril Sopiandi (38), pengusaha asal Mataram, NTB harus berurusan dengan hukum gara-gara mengirim pesan pribadi lewat Facebook. 6
Space Cowboy⁷ @raviopatra

Ada juga Vivi Natalia yg diutangi kerabatnya sendiri lalu pas ditagih malah dilaporkan pencemaran nama dan masih dalam proses persidangan. javanews.co.id/2019/12/16/ber…

12/01/2020 20:13:07 WIB
URL JAVANEWS.CO.ID Berharap Kasusnya Diselesaikan Secara Hukum, Tatang Surja Tolak Berdamai - JAVANEWS.CO.ID Jakarta – Javanews.co.id | Menindak lanjuti kasus UU Ite, yang mempertemukan antara terlapor Vivi Natalia... 2
Space Cowboy⁷ @raviopatra

Intinya hati-hati. Ini zaman edan. Orang ngutangin anda, ditagih licin kaya belut, lalu hubungan komunikasi anda ditutup dg pemblokiran, dan ketika anda frustrasi meluapkan kekesalan, peluang buat mereka menggunakan pasal karet. Uang anda ga balik, malah tekor jadi pesakitan. 😐

12/01/2020 20:13:07 WIB
Space Cowboy⁷ @raviopatra

Stop mentrivialkan kriminalisasi & penindasan akibat UU ITE. Dalam konteks ini, ga urusan mau utang ada surat perjanjian bermeterai, akta notaris, rekaman video, live streaming yotube, dsb. Retaliasi pakai pasal lentur UU ITE peduli setan dg hal-hal itu. twitter.com/raviopatra/sta…

13/01/2020 14:39:06 WIB
Space Cowboy⁷ @raviopatra

Nulis ini dipantik oleh thread viral yg nampilin tangkapan layar temannya yg mengelak bayar utang & ngeblokir. Namun respons orang² sarat narasi gov apologist & victim blaming. Fokus ke elastisitas UU ITE dalam mengkriminalisasi orang, bukan 'makanya ga usah ngutangin deh'. twitter.com/raviopatra/sta…

13/01/2020 13:57:21 WIB
Space Cowboy⁷ @raviopatra

Kenapa? Karna dalam konteks UU ITE, peduli setan mau utangnya dicatat notaris kek, ada saksi 10 ribu followers Instagram kek, bermaterai kek, dll. Di hadapan UU ITE, selama pelapor merasa namanya dicemar (ga ngurus benar/salahnya), bisa aja dilaporkan & diusut oleh sistem pidana.

13/01/2020 13:57:22 WIB
Space Cowboy⁷ @raviopatra

Gue pribadi melihat ini bukti kebrengsekan UU ITE. Pasalnya kan menyebut '...tanpa hak...', lah masa orang yg dirugikan oleh utang ga dibayar dianggap ga punya hak buat ngumpat/ngumbar penghutang yg mengelak bayar ketika semua sarana komunikasi diblokir & dia pura-pura amnesia??

13/01/2020 13:57:23 WIB
Space Cowboy⁷ @raviopatra

Utang kan ranah perdata. Pencemaran nama ranah pidana. Ga nyambung kalau malah nyalahin korban yg cuma mau uangnya dikembalikan tp dikriminalisasi pakai pasal lentur bin ajaib. Coba deh kita tanya suhu-suhu hukum pidana & UU ITE @erasmus70 @ICJRid @LisraSukur @DamarJuniarto.

13/01/2020 13:57:23 WIB
Ligwina Hananto @mrshananto

@raviopatra Utang gak ada buktinya jg. Gimana mau nagih kan. Maka kl pertemanan persaudaraan ada yg mau minjem, beranikan bilang TIDAK. Kl ditagih, lebih galak yg ngutang. Kl diumbar ke medsos, kena UU ITE. Kl kita yg butuh duit, blm tentu yg minjem inget sama kita.

12/01/2020 20:19:13 WIB
Space Cowboy⁷ @raviopatra

@mrshananto Proporsionalitas kan memang sekarang tinggal fantasi aja 🙃

12/01/2020 20:21:56 WIB
Ratna Dewi @veryluckylady88

@raviopatra Solusi terbaik adalah TIDAK MEMBERIKAN PINJAMAN. Alias, harus berani bilang TIDAK! Jangan mau di Guilt-Trip teman/saudara. Jika memang orang tsb benar2 membutuhkan, dan Anda ada rezeki, mending dikasih aja, jangan dipinjamkan. Kasih seikhlasnya. Cut off assholes from your circle.

13/01/2020 01:58:53 WIB
卫安 @awidiaji

@raviopatra Nyokap pernah ngajarin gini: Tetep kasih bantuan kalo emg temen/sodara butuh duit. Tapi kasih seikhlasnya. Misal dia mau minjem 2jt, kalo ikhlas dan mampunya ngasih 500rb ya kasih aja. Tp kalo suatu saat dia ngindar terus pas ditagih, ya harus udh siap dan ikhlas.

13/01/2020 07:32:45 WIB
Riza Hariati 🇮🇩 @rizahariati

@awidiaji @raviopatra Kenyataannyaborang yg ngutang kadang ngamuk kalo digituin. Bilang : emangnya kita pengemis apa? *terus uangnya diambil juga sih. 😂😂

13/01/2020 07:35:02 WIB
May @ksjunggg

@raviopatra @bagibagirejeki Kalo gue pribadi ada yang hutang diatas 300rb aja gue bikin perjanjian hitam diatas putih pake materai, saksi dan jatuh tempo. Menghindari yg ngutang lebih galak 😂

12/01/2020 23:00:13 WIB
kuchingkuching @ayanaaaaar

@ksjunggg @raviopatra @bagibagirejeki Mau nanyaa, biasanya yg tertulis di atas kertas apa aja ya mba? Trs apa udah pernah ngelakuin ini ke peminjam?

13/01/2020 07:50:58 WIB
May @ksjunggg

@ayanarayhan @raviopatra @bagibagirejeki Nama, alamat, no telp peminjam nominal pinjaman trs nama alamat no telp yg kasih uang trs kasih jatuh tempo kapan ttd peminjam pemilik uang sama saksi. Aku udah pernah dan yg jadi saksi orang tua 😂 Soalnya menurut aku 300 udah gede 😩

13/01/2020 08:57:02 WIB
kuchingkuching @ayanaaaaar

@ksjunggg @raviopatra @bagibagirejeki Ok.. kaya surat kuasa ya, ada pihak 1 pihak 2 gt. Jalan dgn lancar kah pengembalian hutangnya? Btw saya kira ada sanksi/denda kalo ga lancar kembaliinnya

13/01/2020 09:10:49 WIB
𝕸𝖆𝖍𝖆 𝕻𝖆𝖙𝖎𝖍 @GajahMada1290

@perahu2kertas @raviopatra Jgn lupa lampirkan fotocopy KTP nya, skaligus bisa cek tanda tangannya sama apa nggak, klo gak sama dgn KTP berarti ada maksud lain, utk mengelak tanda tangannya.

13/01/2020 05:28:05 WIB
May @ksjunggg

@ayanarayhan @raviopatra @bagibagirejeki Aku sih selama ini lancar soalnya yg nentuin jatuh tempo si peminjam jadi dia yg tau kan kapan dia bisa balikin, aku sih ga pernah pake denda atau bunga ya 😂 kalo dia telat bayar di ingetin dulu sih soalnya kan kita punya bukti kuat yg sudah di ttd

13/01/2020 09:38:24 WIB
Load Remaining (8)

Comment

No comments yet. Write yours!