1
Farhan H. @kannietsbetalen
Perburuan besar-besaran kelompok homoseksual di Hindia-Belanda tahun 1938-1939 ----- a thread ------
Farhan H. @kannietsbetalen
Disclaimer: Utas ini akan membahas mengenai sebuah kasus persekusi massal kelompok homoseksual di masa pemerintahan kolonial Hindia-Belanda. Masa kolonial Hindia-Belanda ini berlangsung pada rentang waktu 1800-1942. Jadi, ini kejadiannya sebelum pendudukan Jepang dan kemerdekaan,
Farhan H. @kannietsbetalen
Bahasan ini merupakan topik tugas akhir saya, yang memang belum bisa dipublish. Saya bukan ahli di bidang ini, masih hrs banyak belajar, jadi saya akan jadikan thread ini sebagai wadah diskusi. Tanggapan atau feedback yang positif akan sangat saya hargai.
Farhan H. @kannietsbetalen
Di sini saya hendak memaparkan hal yang nyata terjadi, dan akan saya sertakan sumbernya di penghujung thread. Tidak ada salah benar dalam sejarah, sehingga semua tergantung interpretasi pembaca terhadap historiografi (penulisan sejarah). Mari kita mulai.
Farhan H. @kannietsbetalen
1. Dalam kurun waktu November 1938 - Mei 1939, dilakukan sebuah razia besar2an yg dilakukan oleh zedenpolitie (polisi susila) dan officier van justitie (jaksa) terhadap pria homoseksual dewasa yang melakukan pelanggaran seksual thd anak di bawah umur 21 tahun.
Farhan H. @kannietsbetalen
2. Pada masa itu, usia cukup umur adalah 21 tahun. Razia ini ditargetkan kepada pria-pria yang diduga homoseksual dan melakukan hubungan seks dengan anak di bawah usia 21 tahun. Sasaran utamanya adalah masyarakat Eropa.
Farhan H. @kannietsbetalen
3. Perlu diingat, pada masa pemerintahan kolonial Hindia-Belanda, status sosial sangat diperhitungkan. Ada 3 kasta sosial. Kasta pertama adl orang Eropa, kedua adalah orang Indo/Eurasia (Indo di sini adalah peranakan campuran Eropa dan Asia), dan yang terendah adalah pribumi.
Farhan H. @kannietsbetalen
4. Target utama dari operasi ini adalah masyarakat Eropa, karena pemerintahan kolonial memiliki kewajiban untuk menjaga 'moral baik' peradaban kolonial. Moral baik yang dimaksud di sini adalah moral yang dipegang oleh bangsa Barat. Tentunya berbeda dengan bangsa Timur.
Farhan H. @kannietsbetalen
5. Kasus ini kemudian dikenal dengan nama zedenschandaal (skandal susila). Disebut sebagai persekusi massal terbesar sepanjang sejarah Hindia Belanda krn di akhir oeprasi, terdapat +/- 223 pria yang dijatuhi hukuman, dan yang diinterogasi mencapai lebih dari 300 (termasuk saksi)
Farhan H. @kannietsbetalen
6. Target utama adl masy Eropa, krn: a. Banyak pejabat pemerintahan yg terjerat kasus, shg mencemarkan nama instansi. b. Pemerintahan kolonial sgt mengagungkan maskulinitias, & bersifat patriarki. Homoseksualitas dianggap sbg feminitas, & dianggap sbg kelemahan maskulinitas.
Farhan H. @kannietsbetalen
7. c. Tindakan thd masy non Eropa (pribumi, dan masy Asia Timur) lebih longgar krn tidak adanya pencatatan sipil yg baik, shg sulit utk mengetahui usia (mengingat kasus ini berkaitan dgn usia cukup umur). d. Msh adanya hukum adat masy pribumi shg tdk bs dikenai hukum kolonial
Farhan H. @kannietsbetalen
8. Tersangka dijerat Pasal 292 Het Wetboek van Strafrecht voor Nederlandsch-Indië (KUHP Hindia-Belanda). Pasal ini masih berlaku di KUHP Indonesia saat ini, sila cek sendiri. Maka dari itu, sgt penting utk mengetahui usia dr pihak2 yang terlibat.
Farhan H. @kannietsbetalen
9. Dalam kasus ini, pihak berwenang (jaksa & polisi) menganggap bhw hub. homoseksual thd anak di bawah umur sbg tindak kriminal, meskipun atas consent dr kedua belah pihak. Mengingat usia cukup umur adl 21 thn, sdgkn kematangan seksual lelaki sdhberlangsung sejak masa pubertas.
Farhan H. @kannietsbetalen
10. Jadi, hubungan bisa saja atas consent kedua belah pihak, bukan atas paksaan/pemerkosaan. Tapi, tetap dikenai tindak pidana krn dilakukan thd anak di bawah umur. Pada masa itu, banyak juga pelacur pribumi lelaki yang berkeliaran, dan mereka belum 21 tahun.
Farhan H. @kannietsbetalen
11. Ukuran moral bangsa Barat ini berbeda dr masy Timur. Contohnya, sblm Barat masuk, di Bali para wanita bertelanjang dada, dan asy. Barat menganggap ini tidak beradab. Moral Barat juga erat dgn norma kristiani.
Farhan H. @kannietsbetalen
12. Letupan semangat membersihkan moral ini terasa sangat aneh, karena sebelum tahun 1938, hampir tidak ada org yg dituntut atas tindakan homoseksual. Gejala homoseksualitas juga cenderung ditolerir begitu saja.
Farhan H. @kannietsbetalen
13. Data statistik kejahatan tdk mengindikasikan adanya perhatian yg diberikan oleh pihak kepolisian dan kejaksaan thd pelanggaran homoseksual. Media cetak juga tidak ada yang menaruh perhatian terhadap kasus berbau homoseksual, sehingga perburuan tahun 1938 terasa sangat aneh.
Farhan H. @kannietsbetalen
14. Sebelum terjadinya kasus ini di Hindia-Belanda, kasus serupa pernah terjadi di Belanda pada tahun 1936, ketika seorang pejabat pemerintahan Belanda bernama Leopold Ries diadili atas dugaan kasus homoseksual. Kasus ini dikenal dengan nama Riesaffaire.
Farhan H. @kannietsbetalen
15. Tuduhan ini dilayangkan oleh Vermeulen, seorang anak berusia 17 tahun yg mengatakan Ries mengiming2i uang 10 gulden utk berhubungan seks. Ternyata Vermeulen berbohong dan Ries dinyatakan tidak bersalah.
Farhan H. @kannietsbetalen
16. Namun, dlm penyelidikan, kediaman Ries digeledah dan ditemukan bukti2 berbau homoseksual, berupa hubungan Ries dengan serdadu laki-laki yang terjadi 13 tahun sebelumnuya, dan keterlibatan Ries dalam sebuah pesta homoseks.
Farhan H. @kannietsbetalen
17. Ries akhirnya dipecat scr terhormat namun tanpa pensiun, krn homoseksualitas dianggap sbg kelemahan dan kelembekan karakter seorang pria, sehingga tidak layak untuk mengemban tugas sebagai pemimpin.
Farhan H. @kannietsbetalen
18. Di tahun 1938, penyelidikan baru mendapatkan titik terang pada November 1938, ketika seseorang yg diduga sebagai homoseksual didapati sedang menginap di sebuah hotel di Batavia, dan melakukan hub. seksual dgn anak pribumi di bawah umur.
Farhan H. @kannietsbetalen
19. Orang tsb bernama Van Eyndthoven, dan ia sangat terkena di kalangan homoseksual di Hindia-Belanda. Ketika menggeledah kediamannya, polisi menemukan setumpuk surat korespondensi antar sesama pria homoseksual di seluruh Hindia-Belanda.
Farhan H. @kannietsbetalen
20. Bagi pihak kepolisian, van Eyndthoven dianggap sbg tangkapan emas karena surat2nya menjadi pengantar thd jaringan kelompok homoseksual di seluruh Hindia-Belanda. Van Eyndthoven kemudian ditahan dan diinterogasi lebih lanjut.
Farhan H. @kannietsbetalen
21. Informasi mengenai Van Eyndthoven dan orang2 terkait ini saya dapatkan dari arsip berita acara (proces-verbaal) interogasi kepolisian koleksi ANRI. Arsip ini ditandai dengan kategori rahasia (geheim) atau sangat rahasia (zeer geheim).
Load Remaining (26)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.