4
kundil @ryandirachman
Step by step Menabung saham -Sebuah utas-
kundil @ryandirachman
PERINGATAN: Thread ini ngga cocok buat kelas menengah ngehe yang hidupnya terlalu konsumtif, ngga disiplin dalam menabung, ngga konsisten, dan komunitas pecinta foya-foya. Bertaubatlah wahai milenials (sekudar mungingatkun 🙏) Menabung saham = menahan diri, untuk masa depan.
kundil @ryandirachman
Berawal dari keresahan aing yang hobi menabung secara konsisten setiap bulannya, tapi kok duit aing tidak berkembang biak. Nambahnya segitu2 aja, akhirnya aing mulai kenalan tuh sama yang namanya investasi.
kundil @ryandirachman
STEP 1 [Kenalan dengan dunia investasi] Ada berbagai jenis instrumen investasi mulai dari yang low risk low return, sampe ke high risk high return. Nah aing ga berani langsung nyebur ke saham. Baiknya coba kenalan sama deposito, Reksa dana, dan nabung emas.
kundil @ryandirachman
Kenapa aing nyaranin nyoba dulu 3 jenis investasi di atas? Kita ini butuh belajar terlebih dahulu untuk paham seperti apa sih investasi itu. Beli emas bisa di tokped/bl, Reksa dana bisa download bibit, Deposito bisa coba di Jenius (Maxi saver).
kundil @ryandirachman
Bisakah 3 jenis investasi tersebut bikin kalian kaya? Jawabannya gak bisa. Terus gimana kalo saham? Jawabannya, bisa. Tapi, ada resiko besar dalam dunia pasar modal, tapi buat gue, resiko ini bisa diminimalisir..
kundil @ryandirachman
STEP 2 [Mengenal saham] Pergilah menuju halaman utama google lalu ketikan kata kunci "xnxx" jika tidak keluar apa2. Ganti kata kunci menjadi "apa itu saham" Baca, cermati, pahami.. Membeli saham itu berarti memiliki sebuah bisnis/perusahaan.
kundil @ryandirachman
Dengan kata lain, lo menjadi bagian dari bisnis tersebut, sebagai investor. Stop pemikiran kalo mau saham itu harus kaya raya dulu! Kenyataannya gak begitu. Harga saham termurah yang ada di bursa saat ini cuma 50 perak/lembarnya. Tp Kalo mau beli saham lo gak bisa beli per-lembar
kundil @ryandirachman
Bursa menetapkan untuk minimal pembelian saham saat ini adalah per-100 lembar. Satuan ini disebut per-Lot. Simpelnya, harga saham = Rp. 50,- 1 lot = Rp. 50 x 100 = Rp. 5000,- Lo bisa jadi investor dengan modal sekecil ini..
kundil @ryandirachman
STEP 3 [Sekuritas & RDI] Buat ngebeli saham, lo gak bisa ucuk2 dateng ke bursa terus begini. 👦: Beliiii! 🧐: beli apa? 👦: Beli saham 👺: tolong panggilkan reynhard sinaga Beli saham itu ada mekanismenya, klen harus punya yang namanya RDI (Rekening Dana Investor)
kundil @ryandirachman
Nah buat bikin RDI ini, kalian harus mencari yang namanya SEKURITAS sebagai lembaga perantara antara kalian dengan bursa untuk bertransaksi saham. Berikut ini adalah beberapa list SEKURITAS terbaik yang ada di indonesia. pic.twitter.com/I4ycxSFMms
Expand pic
kundil @ryandirachman
Saran dari aing, klen browsing/youtube sekuritas terbaik di indo. Pilih yang: ✔Terdaftar di OJK ✔Applikasinya user friendly ✔Fee transaksinya murah Ini ada video ulasan bagus tentang sekuritas yang ada di indo. Tonton ya! youtube.com/watch?v=exakbG…
Expand pic
kundil @ryandirachman
Gue sendiri pake Mirae asset Sekuritas. Mereka adalah sekuritas terbaik saat ini dengan volume transaksi terbesar. Appsnya user friendly, fee transaksi juga murah. Tapi kalo ngerasa asing dengan nama ini, go for mandiri sekuritas/bni sekuritas dll.
kundil @ryandirachman
STEP 4 [Bikin RDI di sekuritas] Setelah kalian tentukan mau pakai sekuritas apa. Waktunya buat daftar di kantor sekuritasnya. Browsing aja kantor cabang sekuritas yg deket2 rumah. Tapi buat yang males bisa juga bikin RDI onlen kayak sekuritas indopremiere.
kundil @ryandirachman
Bikin RDI sama aja kayak bikin rekening, yang perlu kalian siapkan adalah ✔KTP ✔NPWP ✔Buku rekening bank. (BCA/Mandiri agar free biaya topup) Di mirae asset itu, RDI terhubung langsung dengan rekening utama gue (BCA). Jadi kalo top up/withdraw gak ada biaya transaksi.
kundil @ryandirachman
Bedanya RDI dengan rek biasa. RDI bentuknya akun, kagak ada kartu debit, kredit dan buku tabungan. Nah akun inilah yang lo pake buat log in di trading apps milik sekuritas.
kundil @ryandirachman
Buat RDI prosesnya 1 - 2 minggu. Setelah jadi, klean akan langsung dikabarin sama orang dari sekuritasnya, dan biasanya ada rule harus top up RDI minimal 10jt. Abaikan aja, gue di mirae disuruh top up 10jt tp cuma top up 3jt. Formalitas doang ini mah. Bentuk RDI tuh seperti ini: pic.twitter.com/EC8J1p8pxU
Expand pic
kundil @ryandirachman
Lanjut gak nih? pegel anjj bikin thread mengedukasi tuh. :( jadi dengan senang hati menerima banyak likes dan rt.
kundil @ryandirachman
STEP 4 [Temukan Motivasi] RDI udah punya. Trading Apps udah instal. Terus selanjutnya ngapain? Bingung. Iya bingung dulu kayak aing. Sekitar sebulanan 😑 Cari motivasinya dulu deh. Kenapa aing harus nabung saham coba?
kundil @ryandirachman
Akhirnya secara simple jawaban tersebut terjawab. Aing pengen nikah Aing pengen beli rumah Aing pengen punya passive income Aing pengen punya 7 bola dragon ball Semua ini akan aing lakukan dalam beberapa tahun ke depan. Akhirnya, aing nyebur juga ke dunia pasar modal
kundil @ryandirachman
Satu lagi, aing pengen rebahan doang tapi bisa dapet duit. Seperti anak-anak twitter pada umumnya. NAH Pasar Modal adalah sarana terbaik untuk mewujudkan cita-cita rebahan doang tapi dapet duit! gak percaya? Coba tonton video seminar pak lo kheng hong ini youtube.com/watch?v=IR6o_u…
Expand pic
kundil @ryandirachman
BELIAU ADALAH BUKTI NYATA REBAHAN DOANG TAPI DUITNYA TRILIUNAN EEK DAH. Yah bisa dibilang, setelah nonton video itu, aing baru 100% yakin kalo harus nyebur ke dunia pasar modal pic.twitter.com/Luc0YV4lp5
Expand pic
kundil @ryandirachman
Harusnya gua buat judul -Rebahan doang dapet duit- Ngehe lah menyesal buat judul thread.
kundil @ryandirachman
STEP 5 [Mendalami pasar modal] Konsep jual-beli saham itu sebenernya simpel sekali. Membeli saham di harga murah, kemudian dijual lagi ke orang bego yang mau beli dengan harga yang lebih mahal. Udah, kayak gitu doang konsep sederhananya.
kundil @ryandirachman
Nah karena perubahan harga itulah ada orang-orang yang memanfaatkannya untuk dapetin profit/cuan. Mereka ini disebut sebagai "Traders" Para traders ini biasanya jual-beli saham dalam jangka waktu yg pendek. Beli hari ini, jual besok. dapet untung 1% gapapa yg penting cuan.
Load Remaining (35)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.