Sesat Sejak Kalimat Pertama: Tulisan Kontroversial Tirto Soal "Injil" Maria Magdalena yang Tidak Diakui Gereja Disebut Karena Alasan Gender yang Kini Sudah Dihapus

Tulisan Kontroversial Tirto Soal "Injil" Maria Magdalena
1
tirtoid @TirtoID

Penulis semua Injil di Alkitab adalah laki-laki. Namun, Maria Magdalena sesungguhnya juga meninggalkan Injil. Sayangnya, gereja pada masa itu—hingga sekarang—tak mengakui injil itu. Alasannya tak lain tak bukan karena Maria Magdalena adalah perempuan. tirto.id/eoG6 pic.twitter.com/fy7bPjEIEm

27/12/2019 16:00:00 WIB
Expand pic
Story Kesalahan-kesalahan Fatal Isi Artikel Kontroversional Tirto yang Membahas Soal "Injil" M.. Netizen menyebutkan kesalahan-kesalahan fatal artikel Tirto yang membahas soal injil Maria Magdalena 1448 pv
Dictionary @some_dictionary

@TirtoID Maaf min tampaknya perlu penyesuaian lagi, "Injil" Maria Magdalena tidak masuk Kanon Kitab Suci karena dianggap bukan sebagai penulisan faktual mengenai kejadian2 seputar Yesus, seperti halnya ada banyak "Injil" lain yang tidak masuk seperti Injil Barnabas, Proto-evangelium dll

27/12/2019 19:56:33 WIB
Dictionary @some_dictionary

@TirtoID Terlebih, "Injil2" ini juga tidak bisa ditentukan berasal dari abad pertama mau pun secara pasti ditulis oleh para rasul, keduanya syarat yang diperhitungkan oleh para Bapak Gereja ketika mengkompilasikan Kanon Kitab Suci yang berlaku di seluruh Gereja pada sekitar abad ke 4....

27/12/2019 19:57:45 WIB
Dictionary @some_dictionary

@TirtoID Berbeda dengan keempat Injil Kanonik yakni Markus, Matius, Lukas, dan Yohanes yanh dipakai di seluruh Gereja sejak awal mula dan tidak memiliki kontroversi mengenai asal muasalnya sehingga dimasukkan ke dalam Kanon Kitab Suci

27/12/2019 19:58:56 WIB
Dictionary @some_dictionary

@TirtoID Mengenai Maria Magdalena sebagai pelacur sendiri, memang benar bahwa stigma ini berasal dr St. Paus Gregorius Agung dalam salah satu homilinya, namun yang lebih ditekankan adalah pertobatan Maria Magdalena bukan ke-pelacurannya....

27/12/2019 20:01:02 WIB
Dictionary @some_dictionary

@TirtoID Dan memang bahkan dalam tradisi suci Gereja Katolik Maria Magdalena digambarkan sebagai hidup sebagai "hermit" setelah Yesus terangkat ke surga, dan penghormatan kepada Maria terutama sebagai seseorang yang bertobat dan penolong org bertobat tetaplah besar.

27/12/2019 20:02:21 WIB
c s r . e c a 에차 @ecaesarp

paragraf kedua ni semacem telat ngehype da vinci code apa gimana dah😂😂 pic.twitter.com/fdNGlQR7rR

28/12/2019 01:09:25 WIB
Expand pic
c s r . e c a 에차 @ecaesarp

udah sesat ngarang, terus kata sering berciumannya di mana? 😁😁

28/12/2019 01:17:11 WIB
c s r . e c a 에차 @ecaesarp

ketrigger mah kaga, konyol iya secara diposting tirto gitu.. lebi kocak lagi kalo penulisnya "kresten" sih wkwkwk

28/12/2019 01:20:07 WIB
Haris Kaisar Daniels @harisdaniels

@ecaesarp @TirtoID Kalimat pertamanya membuat saya terkejut. Wkwkwkwk

28/12/2019 10:57:14 WIB
🅂🄻🄾🅆 🄱🄻🄰🄳🄴🅂 🇮🇩 @SL0BLD

@TirtoID tulisan yg sangat tendensius dan berlebihan. Ada alasan yg sangat kuat, bhw tulisan2 gak bisa dimasukkan ke kanon Kitab Suci seenaknya. Antara lain krn isinha ngawur sr historis dan gak sesuai dasar iman. Ditolak bukan krn wanita, tp krn gak sesuai.

28/12/2019 08:54:18 WIB
Septian Hartono ن 😷 @septian

@TirtoID Tidak sesederhana itu min. Ada 'injil-injil' lain yang diklaim ditulis oleh pengikut Yesus yang laki-laki yang juga tidak masuk ke dalam kanon Perjanjian Baru (Yudas, Tomas, Petrus, dsb). Sejarah kanonisasi PB jauh lebih kompleks, tidak semua yg mengklaim 'injil' otomatis masuk.

27/12/2019 16:16:56 WIB
Samuel @phileisophos

@septian @TirtoID Iya nih, saya bacanya jadi triggered. Penulisnya terkesan asal klaim, tanpa tahu konteks sejarah kanonisasi PB.

27/12/2019 16:38:28 WIB
Septian Hartono ن 😷 @septian

@philosophizingg @TirtoID Betul Mas. Saya mengapresiasi seri khusus @TirtoID mengenai perempuan di dunia Katolik ini, tapi terasa sekali bahwa penulisnya bukan subject-matter expert nya dalam hal ini. pic.twitter.com/7DbS6cl9Ed

27/12/2019 16:54:08 WIB
Expand pic
Nekoma @diogenbarrel

@TirtoID Dari banyak alasan kenapa 'injil' ini tidak di kanonikasikan, tirto memilih alasan gender

27/12/2019 17:50:56 WIB
Richard Andreas @rchrdndrs

@TirtoID Dengan segala hormat, @TirtoID bisa mengasut banyak orang dengan informasi keliru seperti ini. Banyak orang yg mulai mengakui Tirto sebagai salah satu media terobosan, tapi artikel dangkal seperti ini justru membuktikan kecerobohan.

28/12/2019 00:08:23 WIB
Fridus Jedau @FJedau

@rchrdndrs @TirtoID Tolong kalau menulis berita harus berdasarkan penelitian terlebih dahulu. Ketauan kalau admin @TirtoID yang menulis berita ini minim pengetahuan.

28/12/2019 11:27:25 WIB
IG: r.galileo @glrhn

@97boudica @TirtoID Artikel sampah. Yang nulis bahkan ga tau bahwa peran Maria Magdalena itu krusial. Lalu, tak ada bahasan soal kapan "Injil" Maria Magdalena ditulis. Tulisan begini kok ya ga ada screeningnya ya.

27/12/2019 23:58:59 WIB
Load Remaining (17)

Comment

No comments yet. Write yours!