5 Jenis Kulit Wajah Yang Wajib Kamu Ketahui

Kebanyakan dari kita tidak tahu bahwa mengenal tipe kulit wajah sangat penting untuk menentukan produk kecantikan yang sesuai dan bagaimana cara merawatnya dengan tepat. . Inilah 5 Jenis Kulit Wajah Yang Wajib Kamu Ketahui !
0

Pernah nggak sih kalian tiba-tiba breakout dan bruntusan? Ada banyak faktor yang membuat wajah breakout, dan kebanyakan kita seringkali keliru memilih dan memakai produk kecantikan yang cocok dengan wajah kita. Alih- alih mendapatkan kulit yang kita dambakan, malah wajah semakin kusam dan berjerawat.

Kebanyakan dari kita tidak tahu bahwa mengenal tipe kulit wajah sangat penting untuk menentukan produk kecantikan yang sesuai dan bagaimana cara merawatnya dengan tepat.

Perbedaan jenis kulit wajah masing-masing orang bisa dipengaruhi oleh faktor genetik, kandungan air yang mempengaruhi kelembaban dan elastisitas kulit, serta kandungan minyak di dalam kulit. Bisa juga karena faktor bertambahnya usia.

Bagaimana Cara Mengetahui Jenis Kulit?

Seperti halnya kulit pada umumnya, kulit wajah juga memiliki beberapa jenis yang berbeda. kalau kalian bingung termasuk jenis kulit yang mana, coba deh kalian lihat pengelompokan berikut ini:

  1. Kulit Kering

Tipe wajah dengan kulit kering biasanya terlihat lebih kusam dan kasar. Hal yang paling mudah untuk mengetahui jenis kulit ini adalah pada saat wajah terkena air atau setelah mencuci muka. Biasanya wajah terasa ketarik, kaku, atau terkelupas, bahkan bersisik. .

Penyebab kulit kering adalah menipisnya kandungan minyak di wajah dan menurunnya tingkat kelembaban kulit. Orang dengan tipe jenis kulit kering juga cepat mengalami keriput dibanding dengan jenis kulit lainnya.

Solusinya adalah kalian bisa menangani jenis kulit ini dengan menggunakan lebih banyak moisturizer untuk menambah kelembaban kulit wajah. selain itu, kalian bisa menggunakan gentle wash agar minyak di wajah tidak ikut terangkat bersama busa pembersih.

Untuk orang dengan tipe kulit kering sebaiknya menghindari pemakaian produk yang terlalu banyak mengandung mineral oil, alkohol, salicylic acid dan retinoid. Karena zat-zat tersebut semakin membuat kulit kering semakin bertambah kering.

  1. Kulit Berminyak

Wajah dengan jenis kulit yang berminyak cenderung terlihat mengkilap dan kusam di bagian T-zone yaitu daerah dahi area alis, hidung dan dagu. Jenis kulit ini juga mempunyai tekstur wajah tebal dan pori-pori wajah yang terbuka dan besar. Hal tersebut cenderung membuat wajah gampang berjerawat dan berkomedo.

Faktor yang mempengaruhi wajah berminyak yaitu produksi sebum atau minyak yang berlebihan yang dapat menyumbat pori-pori. Tidak heran orang dengan tipe jenis kulit ini rentan sekali berjerawat.

Solusi untuk wajah yang berminyak adalah dengan menghindari produk pembersih wajah dengan kandungan deterjen, dan gunakan sabun pencuci muka lembut yang mengandung gliserin. Kalian juga bisa rutin memakai masker yang berbahan dasar clay (lumpur) yang punya khasiat untuk menyerap minyak di wajah.

  1. Kulit Normal

Tipe kulit wajah normal adalah kulit yang minim sekali mengalami permasalahan. Tipe kulit normal biasanya terlihat lembab, bersih, cerah. Kulit juga terlihat sehat meskipun tidak banyak melakukan perawatan wajah.

Alasan mengapa tipe kulit ini terlihat sehat adalah karena kadar dari hidrasi dan juga sebum di wajah seimbang. Kulit ini adalah jenis yang paling sempurna dan tidak terlalu membutuhkan banyak perawatan khusus, namun harus tetap dijaga dengan menggunakan pembersih, pelembab, dan tabir surya.

Selain itu kulit dengan tipe normal kebanyakan tidak terlalu susah untuk memilih jenis produk kecantikan, karena pada dasarnya tidak ada masalah yang membutuhkan perawatan khusus. Kulit bisa menerima kandungan zat umum yang terdapat pada produk kecantikan.

  1. Kulit Sensitif

Ciri paling terlihat dari kulit wajah sensitif adalah lapisan wajah yang terlihat tipis dan gampang sekali bereaksi terhadap kandungan zat pada suatu produk dan juga panas matahari. Kulit jenis ini bisa dibilang yang paling rewel dan harus dirawat dengan ekstra hati-hati.

Reaksi yang ditimbulkan biasanya adalah kulit memerah karena iritasi, mudah terkelupas dan rasa panas dan gatal seperti terbakar yang dirasakan saat memakai produk kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulit.

Nah, cara merawat kulit sensitif adalah dengan kita mengetahui pemicu yang mengundang reaksi iritasi seperti menghindari penggunaan produk kecantikan dengan kandungan alkohol, asam atau wewangian. Serta jangan pernah lupakan untuk menggunakan tabir surya dengan perlindungan terhadap sinar UVB (SPF 50+) dan perlindungan terhadap UVA (PA++++). Kalian juga harus mencoba produk perawatan kulit yang mengandung lidah buaya, chamomile, teh hijau, polifenol, dan gandum agar kulit lebih rileks dan tenang.

  1. Kulit Kombinasi

Ciri untuk kulit kombinasi adalah terdapat minyak berlebih pada T-zone dan kering bagian pipi atau normal di bagian lainya. Terkadang kulit kombinasi juga berpori-pori besar dan cenderung berkomedo.

Untuk menyeimbangkan keseluruhan kompleksi wajah, disarankan untuk menambahkan minyak dan membuatnya kering di saat yang bersamaan. Artinya kalian bisa mengkombinasikan perawatan untuk wajah kering dan juga berminyak secara bersamaan.

Manfaat Mengetahui Jenis Kulit Wajah

Setelah kita tahu jenis kulit wajah, pastinya kita akan lebih paham dan selektif, kira-kira produk kosmetik apa yang sesuai dan produk mana yang harus dihindari, karena tidak semua jenis wajah memiliki kesamaan dan kecocokan terhadap produk-produk tertentu. So, penting banget kan kita tahu jenis kulit wajah. Jadi, kita bisa memaksimalkan kondisi wajah dengan memakai perawatan kulit yang sesuai dengan kebutuhan kulit masing-masing.

Comment

No comments yet. Write yours!