Chirpstory will close the service later this year. At the end of September, you will not be able to post stories or comments.

Mitos dan Penampakan Nyata Gerhana Matahari Cincin Sempurna dari Berbagai Daerah

Fenomena alam yang layak untuk dipelajari secara scince
1
t e e y a s @tyaasrex

@infoBMKG Min jabodetabek kok gini gini aja ya gada kepastian :(

26/12/2019 11:36:10 WIB
nin🦊 @kimchiboba

@infoBMKG di padang beginindoang emang harus liat pake teleskop, tapi sendu banget cahaya mataharinya ga garang kayak biasanya pic.twitter.com/uTJ60sHYis

26/12/2019 11:41:54 WIB
Expand pic
BMKG @infoBMKG

Warga Aceh mana komentarnya, apakah ada live report bagaimana kondisi disana? Aceh sudah hampir mencapai puncaknya

26/12/2019 11:42:03 WIB
ror —semi hiatus @xiphoideusz

@infoBMKG Dari temen sih ini. Lokasi : Darrussalam, Banda Aceh pic.twitter.com/Ng4bbHcdW9

26/12/2019 11:54:04 WIB
Expand pic
BMKG @infoBMKG

Dan inilah penampakan Gerhana Matahari Cincin Sempurna yang berhasil diabadikan Tim BMKG yang melakukan observasi di Singkawang Sungguh indah dan menakjubkan #BMKG #GerhanaMatahariCincin pic.twitter.com/cW8y5q1GY8

26/12/2019 13:07:50 WIB
Expand pic

Berikut mitos tentang Gerhana Matahari Cincin berasal dari seluruh dunia:

  1. Di Indonesia, dipercaya saat Gerhana Matahari Cincin iblis Rahu mencoba memakan Matahari, tetapi panas membakar lidahnya ketika dia meludahkannya. Rahu sendiri merupakan iblis dari kepercayaan umat Hindu.

  2. Dalam beberapa budaya di dunia, selama Gerhana Matahari Cincin berlangsung, masyarakat akan berkumpul dalam jumlah besar dan membuat keramaian menggunakan berbagai peralatan. Hal ini adalah upaya untuk menakut-nakuti setan yang menyebabkan Gerhana.

  3. Dalam legenda Yunani kuno, gerhana Matahari disebut sebagai penyebab kemarahan dewa. Peristiwa langit ini diyakini sebagai awal dari bencana dan kehancuran.

  4. Mitos lainnya yang masih ada hingga saat ini adalah perempuan yang hamil diminta untuk tetap berada di dalam rumah selama gerhana Matahari terjadi. Para ibu itu diminta untuk memakai semacam logam untuk menutupi perut mereka sebagai upaya keamanan.

  5. Perempuan hamil juga diminta untuk tidak makan makanan yang dimasak dari sebelum Gerhana Matahari terjadi.

mitos-mitos lainnya:
Mitos 1: Melihat gerhana matahari secara langsung dapat menyebabkan kebutaan

Bisa dibilang, ini merupakan salah satu kesalahpahaman gerhana yang paling umum terjadi. Dilansir dari LiveScience, cahaya matahari secara umum memang berbahaya untuk mata kita. Hal ini tidak hanya berlaku saat gerhana saja.

Namun menyebabkan kebutaan adalah pernyataan yang terlalu ekstrem. Melihat gerhana matahari dengan mata telanjang cukup untuk membuat kita mengalami solar retinopathy.

Mata akan menjadi kabur dan sulit untuk melihat hal-hal yang detail. Kebutaan memang mungkin terjadi jika kamu melihat gerhana dalam jangka waktu yang lama. Namun biasanya mata tidak akan mampu melakukannya.

Mitos 2: Matahari dimakan oleh makhluk jahat saat gerhana terjadi

Masyarakat zaman dahulu percaya bahwa saat gerhana terjadi, ada makhluk jahat yang memakan Matahari. Menurut laman National Geographic, mitos ini berasal dari bangsa Viking.

Diceritakan bahwa saat itu, masyarakat melihat bayangan sepasang serigala di langit. Keduanya tampak mengejar Matahari. Setelah mereka menangkap cahayanya, gerhana pun terjadi. Itulah kenapa mereka mengira bahwa gerhana terjadi karena makhluk jahat.

Mitos 3: Akan menyebabkan perubahan cuaca yang berbahaya
Konon katanya, setelah gerhana terjadi, akan muncul embun dan kabut yang mengandung racun dari langit. Mitos ini banyak dipercaya oleh masyarakat Jepang, Alaska, dan Amerika zaman dahulu.

Nyatanya, gerhana matahari tidak akan menimbulkan perubahan cuaca yang berarti. Menurut laman Mental Floss, setelah peristiwa itu terjadi, langit akan menjadi lebih gelap daripada biasanya, suhu udara turun, serta berubahnya arah angin. Tidak ada perubahan yang membahayakan.

Mitos 4: Gerhana matahari dapat meracuni makanan
Memang terdengar tidak mungkin, tetapi banyak orang yang percaya bahwa gerhana matahari dapat mengubah makanan menjadi beracun. Itulah kenapa kita tidak disarankan untuk makan dan minum ketika peristiwa itu terjadi.

Lagi-lagi, ini hanyalah kepercayaan yang tidak benar. Radiasi yang dipancarkan oleh gerhana matahari tidak akan mengubah senyawa dalam makanan. Tak hanya itu, tingkat radiasi sebenarnya juga tidak berubah saat gerhana. Jadi, kalau kamu ingin menyaksikan gerhana matahari sambil makan, silakan saja, ya!

  • Dalam legenda Yunani kuno, gerhana matahari dikatakan sebagai penyebab dewa marah. Diyakini sebagai awal dari bencana dan kehancuran.

  • Di Transylvania, penduduk setempat percaya bahwa gerhana dapat menyebabkan wabah.

  • Orang Armenia percaya bahwa kegelapan disebabkan karena seekor naga menelan matahari dan bulan saat terjadi gerhana.

  • Di Indonesia, roh iblis yang mencoba memakan matahari, tapi panas membakar lidahnya ketika dia meludahkannya.

  • Cerita rakyat di Korea mengatakan gerhana matahari terjadi karena mitos anjing berusaha mencuri Matahari.

sumber:
tekno.tempo.co
idntimes.com
suara.com

Fauzul Hakim @peyeeeek

@infoBMKG Kelingking kita berjanji, jari manis jadi saksi~~ bahagya

26/12/2019 13:08:57 WIB
Mie @antepinmi

@infoBMKG Subhanallah, walhamdulillah, wa laa ilaaha illallaahu Allahu Akbar. 😭 pic.twitter.com/o5IkdwHbf1

26/12/2019 13:09:11 WIB
Expand pic
Cahyo @CahyoPerdana95

@arianidyaa @infoBMKG Apik trik e mas hehe nggo mereduksi cahaya matahari ben ga silau👍🏼👍🏼

26/12/2019 13:16:20 WIB
Load Remaining (11)

Comment

No comments yet. Write yours!