Mata Terlihat Lelah dan Sembab meski Sudah Cukup Tidur? Mungkin Anda Perlu Melaksanakan Tips Menjaga Tubuh Bugar Sepanjang Waktu

Chirpified
0
kumparan @kumparan

Mata sembap dan lelah membuat Anda tampak kurang tidur atau stres. Ternyata, penyebabnya tidak hanya kurang tidur saja. kumparan.com/kumparanwoman/…

26/12/2019 08:25:02 WIB

Mata terlihat lelah hingga munculnya lingkaran hitam di sekitar mata tentu mengganggu penampilan. Hal ini membuat Anda jadi terlihat stres dan kurang tidur. Padahal tidur cukup sekitar delapan hingga sembilan jam sudah diterapkan

Mengutip Times of India, lingkaran hitam di area mata yang membuat Anda tampak lelah, ternyata bisa saja disebabkan oleh beberapa hal. Bukan hanya sekadar kurang tidur, gaya hidup yang tidak seimbang juga bisa menjadi faktor. Apa saja? Berikut beberapa penyebab yang membuat mata terlihat lelah meski sudah tidur cukup.

Dehidrasi
Kekurangan air pada tubuh membuat Anda tampak lelah dan bisa membuat mata sembap. Ini terjadi karena kulit di bawah mata sangat sensitif sehingga munculnya dehidrasi membuat area ini terlihat kelelahan. Jadi jangan lupa untuk banyak minum air putih bahkan sebelum tidur.

Terlalu banyak mengkonsumsi kafein
Secangkir kopi di pagi hari memang terasa nikmat, namun bila Anda terlalu banyak mengonsumsinya akan membuat mata jadi tampak sembap. Ini bisa terjadi ketika Anda terbiasa minum empat sampai lima cangkir kopi, karena kelebihan kafein bisa membuat dehidrasi.

Makanan dengan kandungan kafein
Seperti yang telah dijelaskan, dehidrasi membuat area mata terlihat sembap dan lelah. Sebaiknya kurangi asupan kopi dan menggantinya dengan teh hijau yang mengandung antioksidan. Kandungan itu mampu menjaga kulit tetap sehat dan terhindar dari kondisi mata yang tampak lelah.

Mata lelah
Sulit melihat benda yang sedikit jauh atau kesulitan membaca dapat membuat tegang, dan terlalu lama di depan monitor. Kebiasaan seperti itu dapat melebarkan pembuluh darah lalu menimbulkan lingkaran mata yang terlihat gelap dan sembap.

Untuk menghindari mata lelah, beristirahatlah dari layar komputer setelah 30 menit. Selain itu, temui dokter apakah Anda membutuhkan kacamata bila kesulitan melihat jarak jauh atau dekat.

Asupan garam berlebih
Mengonsumsi makanan yang cukup banyak mengandung garam dapat menyebabkan penahanan air dalam tubuh, terutama di sekitar mata. Terjadinya retensi atau penahanan cairan pada tubuh, dapat meregangkan kulit yang tipis seperti di area mata, akibatnya tentu membuat mata jadi terlihat lelah.

Alergi pada mata

Ini salah satu alasan lain mengapa mata bisa terlihat lelah atau sembap. Bisa saja ada partikel kecil seperti bulu kucing atau serbuk sari yang mengenai mata, yang menyebabkan pembuluh darah di bawah mata. Aliran darah meningkat dan terjadi peradangan yang membuat mata tampak bengkak.

sumber:
kumparan.com

Cara untuk mengatasi masalah di atas dan menjaga agar tubuh tetap bugar sepanjang waktu.

DW Indonesia @dw_indonesia

Diet berwarna, vaksinasi pelindung tubuh, dan tidur berkualitas adalah beberapa hal yang bisa membantu untuk tetap menjaga imun kita agar tetap kuat. Simak juga tips lainnya di sini 👇dw.com/p/3Ub47

26/12/2019 07:00:00 WIB
URL DW.COM Virus dan Bakteri Tidak Punya Kesempatan Bila Kita Punya Imun yang Kuat! | DW | 13.12.2019 Sistem ketahanan tubuh adalah mekanisme yang efektif, didesain untuk menjaga tubuh dari jutaan kuman setiap harinya. Tips berikut merupakan cara untuk tetap menjaga imun kita tetap dalam kondisi optimal. 1

Comment

No comments yet. Write yours!