Harga pemain sepakbola yang sudah mencapai Triliunan lebih, 1 orang pemain sepakbola Market Valuenya bisa disamakan dengan startup Unicorn.

Market value pemain dunia.
0

Bursa transfer pemain musim panas di Eropa mulai memanas. Uang hingga triliunan rupiah sudah keluar, meski belum ada yang memecahkan rekor.

Mega transfer teranyar adalah kepindahan penyerang asal Prancis, Antoine Griezmann, dari Atletico Madrid ke FC Barcelona. Blaugrana menebus klausul pelepasan (release clause) Griezmann senilai EUR 120 juta (Rp 1,88 triliun dengan kurs saat ini).

Namun ternyata proses kepindahan Griezmann (walau sudah diperkenalkan sebagai pemain Barcelona) masih memunculkan polemik. Atletico tidak terima karena Barcelona semestinya harus membayar EUR 200 juta (Rp 3,13 triliun). Sebab kala Griezmann dan Barcelona menyepakati proses kepindahan pada 14 Mei, release clause si nomor 7 belum turun dari EUR 200 juta ke EUR 120 juta.

"Atletico Madrid meyakini bahwa pemutusan kontrak Griezmann terjadi sebelum musim berakhir. Perilaku Griezmann membuat klub akan memulai prosedur yang seharusnya untuk memastikan hak dan kepentingan yang sah," tulis keterangan tertulis Atletico.

Apa pun itu, mau Barcelona harus membayar kekurangan atau tidak (tergantung proses hukum), kepindahan Griezmann sudah melibatkan uang yang tidak sedikit. Triliunan rupiah, bung...

Sebenarnya Griezmann sudah ditunjukkan pintu keluar kala Atletico mendatangkan bintang muda asal Portugal, Joao Felix. Pemain yang sering disebut-sebut sebagai titisan Cristiano Ronaldo ini memaksa Los Colchoneros membayar EUR 126 juta (Rp 1,97 triliun) ke Benfica.

Begitu datang, Felix langsung mendapatkan nomor punggung 7 milik Griezmann. Kode keras bahwa Griezmann sudah terusir dari Stadion Wanda Metropolitano.

Meski membayar mahal untuk jasa Felix, tetapi Atletico masih bisa untung karena selain dari Griezmann ada pemasukan dari penjualan Rodrigo Hernandez alias Rodri ke Manchester City senilai EUR 70 juta (Rp 1,09 triliun). Lagi-lagi triliunan.

Sejauh ini meski sudah melibatkan uang banyak tetapi belum ada yang memecahkan rekor transfer dunia. Neymar Jr masih menjadi pemain termahal di muka bumi kala kepindahannya dari Barcelona ke Paris St Germain bernilai EUR 222 juta (Rp 3,48 triliun)

Belum Ada yang Mendekati Rekor Neymar
Apakah rekor Ney bisa pecah tahun ini? Sepertinya sulit. Memang ada nama-nama besar yang kemungkinan bakal pindah klub, tetapi banderol EUR 222 juta rasanya mustahil terlampaui dalam waktu dekat.

Misalnya kapten Ajax Amsterdam, Matthijs de Ligt, yang kabarnya tinggal selangkah lagi bergabung dengan juara Italia, Juventus. Mengutip AS, Ajax dan Juventus disebut-sebut sudah sepakat dengan biaya transfer si pemuda 19 tahun ini di angka EUR 70 juta. Setara dengan biaya kepindahan Rodri ke Manchester City, jauh dari rekor Neymar.

Atau Paul Pogba yang kabarnya sudah merengek minta keluar dari Manchester United. Sudah dibeli mahal dari Juventus, United tentu tidak mau rugi kalau melepas Pogba.
Mengutip Marca, United memasang banderol EUR 180 juta (Rp 2,82 triliun) buat jasa Pogba. Juventus, yang ingin mengembalikan Pogba ke Turin, mundur teratur mendengar angka itu.

Mungkin sekarang Real Madrid menjadi satu-satunya klub yang berpotensi mendatangkan Pogba. Namun agak meragukan, karena Los Merengues sudah keluar uang banyak untuk memboyong Eden Hazard (EUR 100 juta/Rp 1,57 triliun), Luka Jovic (EUR 60 juta/Rp 940,63 miliar), Eder Militao (EUR 50 juta/Rp 783,85 miliar), Ferland Mendy (EUR 48 juta/Rp 752,5 miliar), dan Rodrygo (EUR 45 juta/Rp 705,47 miliar).

Memaksakan merekrut Pogba dengan mahar EUR 180 juta berisiko membuat Madrid melanggar aturan Financial Fair Play (FFP). Akan tetapi walau Madrid atau klub mana pun mau mendedel rekening sampai EUR 180 juta, rekor Neymar belum pecah juga.

Ironisnya, Neymar justru tidak betah di PSG. Kabarnya, sang titisan Pele ingin pulang ke Barcelona. Namun PSG tentu tidak mau rugi, dan Barcelona juga sudah mengeluarkan dana besar untuk membajak Griezmann dan Frankie de Jong dari Ajax Amsterdam senilai EUR 75 juta (Rp 1,18 triliun).

Kalau sebuah startup ini sudah termasuk kedalam unicorn, tak perlu banyak karyawan, dan tak perlu kantor tidak perlu biaya listrik.

Gile dro..dro.

Comment

No comments yet. Write yours!