Cari Tahu Dulu Itu Area Dulunya Apaan: Legenda Peta Kota Depok Supaya Tidak Kaget Kalau Tiba-tiba Ada Ular Masuk ke Dalam Rumah, Wajib Dibaca Buat Yang Mau Ambil KPR di Perumahan Cluster Baru

Thread by: @rizkidwika
legenda social viral perumahan depok PETA
5
DWIK @rizkidwika

(kb.) Makhluk Tuhan yang Paling S̶e̶k̶s̶i̶ Bekasi. Mengetwit julid dan receh seputar arsitektur, sejarah, politik, artis, dan jagat perdangdutan.

rizkidwika.com
#JULIDTEKTUR @rizkidwika
Bukan. Gue bukan SJW uler. Gue cuma mau ngingetin, lu pada kalo ngambil KPR perumahan di klaster baru, cari tahu dulu itu area dulunya apaan. Sawah? ya ada uler. Rawa? ya mungkin ada biawak. Jangan kagetan. Lagi pula, duluan keluarga mereka dibanding elu yang tinggal di sana.
#JULIDTEKTUR @rizkidwika
Ini adalah indeks peta era 1930-an, buat wilayah Jawa dan Madura yang dibagi ke dalam beberapa kotak. Cari wilayah kamu, unduh gratis petanya, baca legenda petanya. legacy.lib.utexas.edu/maps/ams/java_… pic.twitter.com/Bix8z5gMr5
Expand pic
#JULIDTEKTUR @rizkidwika
STUDI KASUS: DEPOK ZAMAN BAHEULA era sebelum Indonesia merdeka. pic.twitter.com/NF7rqD5K31
Expand pic
#JULIDTEKTUR @rizkidwika
Ini legenda petanya. Inget-inget aja: mana sawah, mana kebon, mana hutan. pic.twitter.com/LN7ul0O7ap
Expand pic
#JULIDTEKTUR @rizkidwika
PETA DEPOK A Kawasan UI dan Pondokcina. Patokannya Stasiun Pondokcina. Sekitarnya dulu itu sawah, hutan, dan kebon. Kelihatan ada tiga setu: Babakan, Manggabolong, dan Danau Balairung. pic.twitter.com/1cdoVsRnFB
Expand pic
#JULIDTEKTUR @rizkidwika
PETA DEPOK B Kawasan Margonda dan Juanda Jalan merah samping rel itu Margonda masa kini. Kanan kirinya arsiran sawah semua. Ada kebon dan hutan sedikit. Yang warna hijau itu settlement (permukiman). Dulu cuma segitu doang perkampungannya. pic.twitter.com/kz5pO3TlcF
Expand pic
#JULIDTEKTUR @rizkidwika
PETA DEPOK C Kawasan Tole Iskandar, Jalan Raya Bogor, Cibinong. Liat aja. Kalo bukan sawah, ya pasti kebon, utan, setu. Perkampungan yang warna ijo cuma sedikit. p.s. Sayangnya di peta itu kaga ade Citayem. Tapi kawasan ini cukup jadi gambaran. pic.twitter.com/6fnXjV3G2c
Expand pic
Icang @ICANG91
@rizkidwika Yang sok2an sombong ngatain jelek2 masalah perumahan ada ular.. semoga kamu tidur dan bangun2 ada ularb ngelendot di dada kalian...
#JULIDTEKTUR @rizkidwika
@ICANG91 Kalo doa yang bagus mz. Kalo berbalik, tiati...
Manusia Biasa dan Normal @wahib_faishal
@rizkidwika Orang depok sekarang latah, kebanyakan bukan warga asli sana juga. Jadi klo ada ular ya jangan kaget, depok dlu daerah resapan air agar jakarta ga banjir. Sekarang beton semua ya gimana ga banjir jakarta
Manusia Biasa dan Normal @wahib_faishal
@rizkidwika Salah satu penyebab kenapa depok harus segera buat rt/rw terbaru karena hilang nya resapan air aka area hijau di daerah margonda. Depok juga dlu perkebunan buah, sekarang perkebunan beton
arini @arinulfaaa
@rizkidwika emang mending bekas kuburan atau tanah sengketa deh. setan dibacain doa minggat, nggak kayak uler tarohannya nyawa.
Tuing @Seberang__jalan
@rizkidwika In other universe, para binatang liar lagi rapat untuk merencanakan sesuatu karena tempat tinggal mereka mulai terancam oleh manusia liar. They might say "human is the wildest animal of all, should we kill the to control their population?"
☀☀☀☀ @irnaaa__
@rizkidwika Yap ini penting, aku jg pindah rumah 5 bulan yg lalu gara2 d rumah sering ada uler item kecil2 Ngeri bgt apalagi bakal punya bayi dan ternyata bener itu perum dulunya sawah, ga cuma uler tp cacing2 gede sebesar cacing alaska jg Skrg pindah dan alhamdulillah gapernah ada apa2 lg
hehe @sfzaaah
@rizkidwika haha sama seperti kasus musang yg suka melintas di tiang listrik, suka kaget knp bisa ada musang. setelah membaca esai "tiada ojek di paris" saya jadi tercerahkan bahwa mereka hadir ya karena dulunya habibat mereka di sini, melintasi pohon2. sayanya skrg pohonnya udh jd tiang heu
@ulfa_rosliana
@rizkidwika (((SJW Uler))) btw tuh di perumahan GDC udah banyak banget tu ketemu nagin. Kalopun mau bgt ambil rumah KPR bekas sawah/rawa, sisihkan sebagian uang buat bikin pager anti ular yang modelnya 11-12 kek penjara. pic.twitter.com/dQUzQhqgSv
L E M O N A D E 🍋 @imvibbyy
@rizkidwika Nah ini bener. Rumah aku sekarang sebelum jd perumahan tuh kebon gitu dan pinggir jalan gede. Pas pertama pindah nemu biawak sampe ketawa2 kaget. Trs sampe skrnh serumah sama tokek. Kmrm tetangga blng ada uler di depan kompleks. Blm binatang kecil2 yg aneh2.
Leonardus Hernawan D @leonardbangsep
@rizkidwika nambahin faktor perihal menjamurnya populasi ular (tidak hanya kobra jawa/naja sputatrix). biawak, burung hantu, musang, bahkan ular king kobra (kanibalisme) sebagai predator telur dan anakan ular aja diburu mulu ya jomplang populasinya. Keseimbangan ekosistem terganggu

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.