2
Rizal Do @afrkml

1995 L | ♂️, Homo Sapiens, Terra (Editor, Author, Nurse, Astronomy Addict) | Follow for Health and Astronomy Threads' Update

anchor.fm/rizal-do
Rizal Do @afrkml
KESALAHAN ORANG TUA PENYUMBANG TINGGINYA ANGKA KEMATIAN BAYI --- A THREAD Mitos yg berkembang di masyarakat tidak selamanya benar secara empiris. Ada yg baik, namun banyak juga yg buruk. Mirisnya, kebandelan sebagian orang tua justru mengundang celaka bagi bayinya. Wajib baca! pic.twitter.com/UCuNEMEMuI
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Rizal Do @afrkml
Angka kematian bayi masih tinggi di Indonesia, meskipun trennya sudah menurun. Meski demikian, kasus-kasus kematian bayi akibat keteledoran orang tua masih banyak terjadi. Salah satu penyebabnya, yaitu kurang pengetahuan
Rizal Do @afrkml
Salah satunya seperti yang terlihat pada kasus ini. Kurang giat apa petugas kesehatan memberi penyuluhan? Mengapa masih saja terjadi? twitter.com/subtanyarl/sta…
Rizal Do @afrkml
Memahami pengetahuan dasar seputar perawatan bayi baru lahir bagi orang tua, terutama pasutri muda baru menikah sangat penting. Hal tersebut dapat membantu kita dalam beperilaku, memberi perawatan, dan memutuskan terkait apapun tentang bayi kita
Rizal Do @afrkml
Hanya karena banyak orang melakukan ini dan itu, kemudian manjur, atau banyak orang bilang "katanya" begini dan begitu, kita lantas menerapkannya secara mentah-mentah pada bayi? Jangan! Itu adalah tindakan yang tidak dapat dibenarkan.
Rizal Do @afrkml
Baiklah tanpa basa-basi lagi, kita akan mulai belajar apa saja sih hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan pada bayi kita :D
Rizal Do @afrkml
1. Memberi makan pada bayi baru lahir Salah besar! bayi baru lahir hanya boleh diberi ASI saja sampai usia 6 bulan, titik. Tidak ada alasan, tidak ada tapi-tapi. Tidak ada kompromi, semua bayi itu sama! ASI ya ASI. tidak ditawar-tawar lagi
Rizal Do @afrkml
bagaimana jika ASI tidak keluar? oke itu masalah nanti, di akhir thread akan dibahas insyaAllah sekarang kita akan belajar anatomi bayi baru lahir lambung bayi baru lahir, hanya sebesar kelereng! pantas saja ASI ibu baru lahiran cuma netes pic.twitter.com/UHBbMZhotL
Expand pic
Expand pic
Rizal Do @afrkml
Banyak sekali kasus mertua gelisah karena ASI menantunya cuma menetes, lalu gupuh beli asi formula atau mencarikan apapun yang bisa dibuat untuk makan bayinya yang terus menerus menangis. bayangkan lambung sekecil itu harus diisi susu hampir separuh botol?
Rizal Do @afrkml
tidak hanya itu saja, pemberian makanan 'lembut' pada bayi di bawah usia 6 bulan, akan memicu risiko cedera pada usus bayi. Peristaltik usus bayi masih belum kuat untuk mencerna makanan 'lembut' tsb. Akibatnya, usus menjadi iritasi, kemudian bayi jadi mencret
Rizal Do @afrkml
beberapa kasus justru menunjukkan insidensi Ileus, atau usus melilit. Tentu saja bayi bisa meninggal So, tidak usah neko2. kalau nangis ya kasih ASI. kadar ASI yang diproduksi sudah disesuaikan secara alami dengan ukuran lambung bayi.
Rizal Do @afrkml
2. MEMAKAIKAN GURITA BAYI Hayo ngaku siapa yang masih sering melihat keluarganya memakaikan ini pada bayi? Bayi masih memerlukan banyak sekali ruang untuk maturasi organ, lebih tepatnya adaptasi. Salah satunya adalah, bayi sering bernapas menggunakan perut. Coba sesekali amati pic.twitter.com/LhqohS1ofC
Expand pic
Rizal Do @afrkml
Apabila bayi diberi gurita, bayi akan kesulitan untuk bernapas. Tentu saja ini dapat mengganggu perkembangan bayi Percayalah, bayi tidak akan kembung atau mekar perutnya kalau tidak dikasih gurita. Emangnya balon?
Rizal Do @afrkml
Selain itu, organ dalam bayi justru bakalan kekurangan oksigen kalau pakai gurita. Pertumbuhan organ juga akan terhambat. Dinding perut bayi masih lemah, volume organ tubuhnya jadi nggak sesuai dengan rongga dada dan perut. Akibatnya bisa berisiko cedera
Rizal Do @afrkml
3. TIDAK BOLEH KELUAR RUMAH SEBELUM 40 HARI Pernah waktu itu ada bayi baru lahir yang tidak datang posyandu, alasannya karena tidak boleh keluar. Umur bayinya belum genep 40 hari tepok jidat Kalau begini yang rugi siapa?
Rizal Do @afrkml
Yang bener tuh bayi gaboleh pergi ke tempat keramaian yang terlalu banyak orang karena bisa terkontaminasi oleh banyak kuman dan penyakit, termasuk debu. kalau sekadar ke posyandu ya ngga masalah. Sekadar ke halaman juga ngga masalah be smart parents :D
Rizal Do @afrkml
4. MEMBERI KOPI SAAT BAYI KEJANG Pernah waktu itu bikin thread seputar pertolongan pertama pada bayi kejang demam, ada yang komen boleh gak kalau dikasih kopi, katanya begini dan begitu Jawabannya, gaboleh!
Rizal Do @afrkml
Kenapa? Kafein dalam kopi dapat meningkatkan detak jantung bayi. Selain itu, kejang pada umumnya disebabkan oleh peningkatan suhu tubuh. Dikasih kopi biar apa?
Rizal Do @afrkml
Meski hanya diletakkan di langit2 mulut, serbuk kopinya dapat membuat bayi tersedak, sedangkan respons refleks masih belum begitu sempurna
Rizal Do @afrkml
Thread kejang demam dapat dibaca selengkapnya di sini twitter.com/afrkml/status/…
Rizal Do @afrkml
KEJANG DEMAM ANAK (DO & DON'T) --- A THREAD Adl hal yg paling sering dialami oleh anak yg mengalami demam. Suhu diatas 38°C sdh ckup utk mncetuskan kejang demam pd anak Orang tua dgn balita, hrs sedia termometer utk mengawasi suhu anak saat demam RT! twitter.com/TheMedicalShot…
Rizal Do @afrkml
5. MENGGUNAKAN BEDAK SERBUK/TABUR Kebanyakan infeksi pada kelamin bayi disebabkan oleh bedak tabur. Tidak hanya itu, infeksi saluran napas dan demam juga bisa disebabkan oleh bedak tabur. Bagaimana bisa? pic.twitter.com/b58ZXNPPKe
Expand pic
Expand pic
Load Remaining (15)

Comment

Billy @Billysuryanto 19/12/2019 19:35:48 WIB
Biasanya ortu/mertua ama nenek/kakek yg kepo/bawel/rewel maksa suruh ini itu.ayah/ibj bayi males nurutin tp kadang terpaksa spy ortu diem Apa yg dl di pakai kan kdg ga bener/sesuai zaman.cuma ktnya ktnya ktnya
Login and hide ads.
Login and hide ads.