Tips Merawat Aki Basah Agar Tidak Cepat Tekor dan Tetap Awet

Bagi pemilik mobil yang sering kali akinya tekor, silahkan simak tips yang kami berikan mengenai cara merawat aki basah agar selalu awet
0

Aki merupakan satu diantara banyaknya komponen dalam mobil yang berperan penting, oleh sebab itu harus selalu dipastikan aki mobil selalu dalam kondisi prima. Kejadian mobil mogok juga dapat disebabkan aki yang kurang prima bahkan tekor. Sebagai satu satunya pemasok listrik, jelas aki akan berperan sebagai penjamin mobil memiliki kinerja optimal. Umumnya aki dapat bertahan kurang lebih 3, akan tetapi ini dapat berjalan lebih lama asalkan pemilik mobil merawatnya dengan baik. agar aki yang anda miliki awet, ikuti saja tips merawat aki mobil berikut ini, terlebih lagi bagi pemilik aki basah.

Perlu diketahui di pasaran terdapat dua jenis aki, aki basah dan aki kering. Banyak yang lebih memilih aki kering dibandingkan aki basah, sebab aki kering tidak terlalu banyak membutuhkan perawatan. Berbeda dengan aki basah, aki dengan cairan elektrolit atau biasa dikebal pula dengan air aki lebih banyak membutuhkan perawatan supaya awet. Akan tetapi jangan khawatir, ikuti saja rahasia aki mobil tahan lama ini.

  1. Air aki

Ternyata ketinggian permukaan elektrolit aki memiliki pengaruh pada aki. Menjaga ketinggian air atau elektrolit aki pada level cukup harus selalu diperhatikan. Air aki dapat berkurang karena terjadinya penguapan karena panas atau sell aki rusak, bila air telah mendekati low segera tambahkan air aki anda. Bila habis dapat menimbulkan korsleting dan berbahaya. Bila posisi aki berada di belakang kipas radiator, dapat menggunakan penutup aki agar panas dari kipas radiator tidak langsung mengarah ke aki.

  1. Kebersihan aki

Menjaga kebersihan permukaan atau kleman aki, baik terminal positif maupun negatif harus selalu diperhatikan. terlebih lagi bila terlihat berkerak atau berwarna kehijauan, hal ini dapat terjadi karena terminal aki yang longgar. Tips merawat aki mobil untuk kondisi ini hanyalah membersihkan kerak dan kotoran kemudian kencangkan baut kleman aki secukupnya.

  1. Setrum aki

Banyak yang mengira semakin sering pemakaian setrum aki, akan membuat aki jadi lebih awet. Ternyata hal tersebut salah besar, semakin sering justru akan membuat arus listrik besar dan memperpendek usia aki. Lebih baik pengisian aki dilakukan 1/10 dari kapasitas aki. Bila memang sudah saatnya pergantian aki, lebih baik digantikan dengan aki berukuran dan berkapasitas sama sesuai aki semula. Sehingga memudahkan dalam pemasangan dan tidak perlu merubah dudukan atau pegangan aki.

  1. Panasi mobil

Cara merawat aki agar awet juga dapat dilakukan dengan memanasi mobil. Bagi anda yang setiap harinya menggunakan mobil, lebih baik mesin mobil dipanasi terlebih dahulu sebelum digunakan. Untuk mobil yang jarang dipakai sebaiknya juga melakukan hal tersebut paling tidak 2 hari sekali. Hal tersebut juga akan memperpanjang usia aki.

Informasi di atas merupakan cara merawat aki basah. Sedangkan bagi kalian yang mencari informasi cara merawat aki kering silahkan simak informasinya di website otomotifo.com

URL Otomotifo 2019 Harga Aki Motor Yuasa, GS Astra & GS Premium Terbaru | Otomotifo Harga Aki Motor Terbaru 2019 Serta Daftar Harga Aki Motor Yuasa, GS Astra, dan GS Premium Tipe AKi Kering Serta Aki Basah Harga Termurah Kualitas Terbaik 12

Comment

No comments yet. Write yours!