2
Nobiiiiiii @Chynnob_
Dewi Hera . . . . . . . . . . . ------A THREAD------ pic.twitter.com/bU8UtnMeMZ
Expand pic
Nobiiiiiii @Chynnob_
Hera dikenal sebagai istri dan saudara perempuan dari Dewa Zeus. Hera adalah dewi pernikahan, pengorbanan, serta kesetiaan. Ia selalu melindungi para wanita yang telah menikah. Karena Dewi Hera tahu rasanya dikhianati.
Nobiiiiiii @Chynnob_
Hera adalah anak dari Cronos dan Rhea dan merupakan salah satu dari 12 Dewa Olimpus. Dalam mitologi Romawi dia dikenal sebagai Juno.
Nobiiiiiii @Chynnob_
Sapi dan merak adalah hewan yang dikeramatkan untuknya. Ia digambarkan sebagai dewi yang penuh keagungan dan penuh hikmat. Dewi Hera selalu menimbulkan keirian bagi seluruh dewi-dewi karena kecantikannya.
Nobiiiiiii @Chynnob_
Sering ditahtakan dan dimahkotai dengan polos (mahkota berbentuk silinder tinggi), yang hanya dikenakan oleh beberapa dewi-dewi besar.
Nobiiiiiii @Chynnob_
Meskipun ia sangat sopan, ia sangat pencemburu dan sering mendendam pada mereka yang berselingkuh dengan Zeus dan pada mereka yang menghalangi niatnya. Hera juga pernah murka pada Pelias karena melakukan pembunuhan di kuil Hera.
Nobiiiiiii @Chynnob_
Ia juga sangat marah, karena Paris memutuskan dewi Aphrodite lebih cantik darinya, ia menjadi musuh besar bagi Troya, yang tanpa ampun menggunakan kekuatannya bagi prajurit Yunani untuk meluluh lantahkan Troya.
Nobiiiiiii @Chynnob_
Legenda Hera mengungkapkan arti pepatah: “Amarah neraka tak sepanas amarah wanita yang terhina”.
Nobiiiiiii @Chynnob_
Kereta Hera ditarik oleh burung merak, yang baru dikenal oleh orang Yunani setelah penaklukan Aleksander yang Agung. Guru Aleksander, Aristoteles, menyebutnya "burung Persia." Motif merak dibangkitkan lagi pada masa Renaisans oleh para pelukis Eropa.
Nobiiiiiii @Chynnob_
Sementara pada masa yang lebih kuno, burung yang diasosiasikan dengan Hera adalah burung tekukur. Burung ini muncul dalam kisah pemerkosaan Hera oleh Zeus.
Nobiiiiiii @Chynnob_
Atribut Hera yang lainnya adalah sapi. Sebagai dewi sapi, dia terutama disembah di Euboea, yang kaya akan sapi. Salah satu julukan Hera adalah Boôpis, yang diterjemahkan sebagai "bermata sapi".
Nobiiiiiii @Chynnob_
Buah delima, simbol dewi besar pada masa kuno, tetap menjadi simbol untuk Hera: banyak dari persembahan delima dan opium yang ditemukan di Samos terbuat dari gading, yang bertahan lebih lama daripada yang dari kayu, meskipun yang berbahan kayu lebih umum.
Nobiiiiiii @Chynnob_
Seperti dewi-dewi lainnya, Hera juga mengenakan mahkota dan kerudung.
Nobiiiiiii @Chynnob_
---------------Hera dan Zeus--------------- Suatu ketika pada saat Cronos memerintah dunia, Rhea istrinya, sangat bersedih manakala melahirkan putrinya yang bernama Hera. Ia takut putri mungil itu akan dilenyapkan juga oleh sang titan Cronos, seperti halnya saudara-saudaranya-
Nobiiiiiii @Chynnob_
-sebelumnya, jika tidak disembunyikan. Zeus yang telah membebaskan anak-anaknya dari perut Cronos, membuat dewa kejam itu lebih paranoid lagi terhadap keturunannya sendiri.
Nobiiiiiii @Chynnob_
Setelah dimuntahkan Cronos, Hera muda disembunyikan oleh ibunya, Rhea, di negeri para Hesperida, yang aman jauh dari kejahatan Cronos.
Nobiiiiiii @Chynnob_
Negeri yang berada jauh di ufuk Barat, tempat dewa matahari, Helios, mengistirahatkan kuda-kudanya setelah seharian penuh melakukan perjalanan melintasi langit. Dalam kekalutan itu, ia teringat akan saudara-saudaranya para Dewi Musim (Dewi Waktu) yang hidup di bawah awan gemawan-
Nobiiiiiii @Chynnob_
-senja yang elok di negeri Hesperida. Maka ketika waktu senja datang, melesatlah ia ke barat menuju negeri matahari terbenam, yang indah. Hera akhirnya dirawat oleh para dewi musim. Para dewi ini amat menyayangi Hera.
Nobiiiiiii @Chynnob_
Dibimbingnya dewi muda itu untuk mengetahui segala hal mengenai jagat raya dan isinya. Ia tumbuh menjadi dewi jelita, pintar tetapi tetap rendah hati. Di negeri itu juga hidup seekor burung besar yang ekornya mirip bintang di langit, yang selalu mengikuti kemana pun Hera pergi.
Nobiiiiiii @Chynnob_
Hera yang kagum akan keberanian Zeus, akhirnya jatuh cinta kepada dewa muda itu dan bersedia ikut dengannya ke tempat kelahirannya di Yunani. Tak berapa lama kemudian, perang melawan Titan dimulai.
Nobiiiiiii @Chynnob_
Di saat-saat yang sulit itu, Hera selalu berdiri di samping Zeus dan juga turut bertempur bersamanya. Lewat perjuangan yang sangat berat selama sepuluh tahun, akhirnya dewa-dewa Olympus berhasil mengalahkan para Titan.
Nobiiiiiii @Chynnob_
Zeus pun menggantikan Cronos dan bertahta di Olympus, menjadi raja para dewa dan manusia. Tidak lama kemudian dilangsungkanlah upacara pernikahan Hera, yang setia, mendampingi perjuangan Zeus dalam perang melawan Cronos, dan Zeus. Suatu pesta pernikahan yg amat megah di Olympus.
Nobiiiiiii @Chynnob_
Dewa-dewi bergembira. Iris menghiasi langit dengan pelangi yang indah. Sebatang pohon apel berbuah emas tiba-tiba tumbuh di istana, hadiah dari dewi bumi. Dewi-dewi waktu menghadiahi musim semi yang cerah dan indah.
Nobiiiiiii @Chynnob_
Para Musae dan Grasia bernyanyi, Apolo bermain harpa, Hermes meniup serulingya dan para kerubi bersayap meniup buluh perindu. Zeus dan Hera, duduk di atas singgasana emas dan Hera kemudian memerintah langit, pergantian musim dan menjadi pelindung pernikahan.
Nobiiiiiii @Chynnob_
Ia selalu hadir pada setiap pesta pernikahan untuk memberikan nasihat kepada sang istri agar selalu patuh dan setia terhadap suami agar tercipta keluarga yang bahagia. Oleh karena itu, Hera tak akan pernah memaafkan istri-istri yang melanggar sumpah pernikahan.
Load Remaining (79)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.