Gerd Zeise cocok menjadi direktur pembinaan usia muda PSSI pernah membawa myanmar muda lolos Piala dunia U20 tanpa menjadi host piala dunia U20.

Sosok yang tepat untuk menduduki direktur pembinaan usia muda PSSI.
0

Sepak terjang Gerd Zeise di myanmar muda jangan dianggap remeh, sosok pelatih yang pernah membawa Timnas muda myanmar lolos piala dunia u20 sangat cocok menjadi direktur pembinaan usia muda PSSI.

Sosok pelatih berkebangsaan jerman berusia 67 tahun ini masih menganggur, pengalaman Gerd Zeise dalam memoles Timnas usia muda sangat diacungi jempol.

Timnas muda myanmar mampu melenggang dipiala dunia u20 merupakan hasil didikan dari sang pelatih berkebangsaan jerman ini.

Menurut situs transfermark sang pelatih belum terikat kontrak dengan klub apapun.

Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) memperpanjang kontrak direktur teknik mereka, Juergen Gede. Perpanjangan kontrak diberikan dengan durasi 2 tahun.

Tenaga kepelatihan berusia 62 tahun itu pertama kali dikontrak VFF pada 2016. Pria Jerman itu selama bekerja di VFF sudah meraih banyak hal.

Paling kentara adalah ikut andil dalam lolosnya timnas U-20 Vietnam ke Piala Dunia U-20 2017, kemudian timnas U-23 Vietnam menjadi finalis di Piala Asia U-23 2018.

Kenapa hal ini tidak dilakukan oleh PSSI dalam melakukan pembinaan pemain muda, Youth development program. Yang tlah sukses dilakukan jerman dalam melahirkan para pemain muda berbakat. Dan diakui di sepakbola Internasional.

Tidak ada waktu bagi pelatih timnas untuk membentuk karakter permainan dan skill dari pada pemain yang akan dipanggil timnas.

Untuk membentuk pemain timnas yang siap pakai adalah tugas direktur pembinaan dan pengembangan usia muda, youth development director.

Tugas dari direktur pembinaan usia muda adalah membentuk pemain muda yang siap pakai baik secara attitude, skill, taktik dan strategi yang mempunyai kualitas diatas rata-rata.

Dia membawai usia muda U8,U10,U15, sehingga dia sebagai filter atau penyaring pemain yang mempunyai kualitas.

Dia akan berkeliling dari semua kompetisi muda untuk mencari talenta muda terbaik di kompetisi dalam negeri.

Mencari yang mana pemain yang mampu dikembangkan untuk prospek jangka panjang dan yang mana yang tidak.

Talenta itu bisa dilihat dari usia dini, tapi talenta itu akan hilang apabila tidak mampu dikembangkan.

Dan itu banyak terjadi disepakbola usia muda di Indonesia, banyak talenta muda yang hilang karena tidak mampu bersaing.

Comment

No comments yet. Write yours!