Disayang Rini, Dicopot Erick: Sekilas Profil dan Sederet Skandal Ari Askhara, Dirut Garuda yang Dipecat Erick Thohir karena Penyelundupan Moge Harley Davidson

Menteri BUMN, Erick Thohir, menyatakan memberhentikan Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA), I Gusti Ngurah Askhara atau Ari Askhara, karena terbukti menyelundupkan Harley Davidson secara ilegal l
I Gusti Ngurah Askhara social Dirut Garuda viral harley Profil skandal Ari Askhara
3

Menteri BUMN, Erick Thohir, menyatakan memberhentikan Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA), I Gusti Ngurah Askhara atau Ari Askhara, karena terbukti menyelundupkan Harley Davidson secara ilegal lewat pesawat baru Airbus A330-900 Neo milik Garuda.

#KelanaRasa @arieparikesit
BERITA PECAH Dirut @IndonesiaGaruda Ari Askhara DIPECAT - Ari terbukti menyelundupkan "komponen" motor Harley-Davidson - Ari perintahkan SAS pegawainya u mencarikan barang tsb - Pembelian April 2019 - Dibawa ke Indonesia dgn A330-900 Neo baru dgn luggage tag atas nama SAS twitter.com/CNNIndonesia/s… pic.twitter.com/4AeLqH8iiu
Expand pic
Expand pic
Expand pic
kumparan @kumparan
Menteri BUMN @erickthohir mencopot Direktur Garuda Indonesia Ari Askhara. Keputusan tersebut berdasarkan hasil pemeriksaan komite etik dan laporan Dewan Komisaris Garuda Indonesia terkait kasus penyelundupan suku cadang motor Harley Davidson. #TopNews bit.ly/2Lke9qn pic.twitter.com/zi6GExe9WM
Expand pic
Murai Rimbo @MuraiRimbo
TIDAK NUNGGU LAMA | Mentri BUMN, Erick Tohir pecat Dirut PT. GIA Ari Askhara, pelaku penyelundup 15 Box Onderdil Second dan 2 Unit Sepeda Brompton. pic.twitter.com/m61blCuDYG
anisa @syafanisa
This ari askhara beef is 😂
anisa @syafanisa
I knew/met him when i was working in anz. Orangnya emang agak ‘hmm gimana gitu’ tapi gak nyangka kalo sebegitunya tu orang. Welp.

Profil Dirut Garuda Ari Askhara

Rekam Jejak Ari Askhara

Menengok rekam jejaknya di perusahaan pelat merah, umur Ari di Garuda Indonesia belum genap 1,5 tahun. Ia baru dilantik sebagai Direktur Utama Garuda Indonesia pada September 2018 menggantikan bos pendulunya, Pahala Mansyuri.

Ari ditunjuk langsung oleh Menteri BUMN kala itu, Rini Soemarno. Nama Ari tak asing di BUMN. Sebelum menjabat di maskapai pelat merah, Ari sempat menjabat sebagai Direktur Keuangan PT Pelindo III Persero pada Mei 2014.

Tujuh bulan kemudian, ia digeser ke Garuda Indonesia sebagai direktur keuangan. Pada 2016, ia kembali hijrah ke pelat merah yang mengurusi sektor infrastruktur, yakni PT Wijaya Karya Persero. Kala itu ia didapuk menjabat sebagai Direktur Human Capital dan Pengembangan Sistem Wijaya Karya.

Pria yang lahir di Jakarta, 13 Oktober 1971, ini dulunya mengenyam pendidikan di dua universitas negeri. Ia memperoleh gelar sarjana satu atau S-1 sebagai sarjana ekonomi di Universitas Gadjah Mada. Ari melanjutkan sekolah master di jurusan Administrasi Bisnis International Finance Universitas Indonesia.

Selama menjabat sebagai Direktur Garuda Indonesia, entitas yang dipimpin Ari pernah dirundung sejumlah masalah. Pada triwulan pertama tahun ini, Garuda Indonesia tersangkut masalah laporan keuangan. Garuda membedaki laporannya dan insiden itu dimasalahkan oleh kedua komisarisnya, Chairal Tanjung dan Dony Oskaria. Keduanya menyatakan ogah menandatangani laporan keuangan 2018 yang disampaikan kepada publik pada 5 April lalu lantaran terkesan dibedaki.

Dalam laporan itu, perseroan Garuda mengaku meraih laba sekitar US$ 5 juta pada 2018 setelah tahun sebelumnya merugi hingga US$ 213 juta. Perseroan kala itu mengakui piutang sebagai pendapatan. Piutang ini terkait pengadaan layanan hiburan di dalam pesawat dan konektivitas Wi-Fi yang melibatkan PT Mahaka Aero Teknologi.

URL Tempo 1015 Tersungkur di Garuda, Berikut Profil Ari Askhara Menengok rekam jejaknya di perusahaan pelat merah, umur Ari Askhara di Garuda Indonesia belum genap 1,5 tahun.
Strategi + Bisnis @Strategi_Bisnis

Kumpulan thread super keren tentang kiat bisnis, financial freedom dan personal development ada pada tab LIKES akun ini. Silakan cek.

strategimanajemen.net/about-me
Strategi + Bisnis @Strategi_Bisnis
Dirut Garuda Ari Askhara ini bbrapa saat lalu telah bikin kesalahan fatal dlm bikin laporan keuangan yg dipoles. Yg ini kesalahan yg memalukan. Bikin malu almamaternya juga (UGM). Penggantinya harus yg benar2 kapabel dan profesional. Garuda lagi buruk kinerja bisnisnya. pic.twitter.com/In3XekIPVe
Expand pic
Strategi + Bisnis @Strategi_Bisnis
Sejak awal pemilihan Ari Askhara sng dirut ini jg kurang pas. Dia orang keuangan yg agak minim sial operasional bisnis. Dua kali Garuda blunder pilih CEO. Sebelum ari jga kurang bagus yakni pahala mansuri (orang keuangan juga).
Strategi + Bisnis @Strategi_Bisnis
Garuda ini kondisi keuangannya lagi berat. Pelayanan jg makin memburuk. Sekarang banyak yg komplain menu makan yg buruk. Kualitas pelayanan menurun. Kalau jajaran direksi tidak kapabel, Garuda bisa kolaps kayak Merpati.
Strategi + Bisnis @Strategi_Bisnis
Problem utama Garuda : utangnya gilak. Sekitar Rp 40 triliun. Bayar bunganya aja bisa habis Rp 4 trilium per tahun. Otomatis nggak ada laba. Laba habis buat bayar bunga utang. Bahkan sdh dlm kondisi gali lubang tutup lubang. Bikin utang baru buat bayar utang lama.
Heri 🥔🥔🥔 @herisetiawow1
@Strategi_Bisnis Dulu ada eks Dirut Garuda Emirsyah Satar terlibat kasus korupsi, sekarang Dirut Garuda Ari Askhara terkait penyelundupan Motor Harley dan manipulasi laporan keuangan wkwk Next penggantinya Susi/Jonan? 😄
Scarlett @moscato_choco
@kumparan Oh ini direktur yang gosipnya ganti rute direct Jakarta - Amsterdam jadi muter ke Denpasar dan Medan karena kepentingan pribadi juga bukan? Well, so ironic isn't it?! Jatuh "cuma" karena Harley padahal banyak "dosa" lain yang lebih besar 😅
Scarlett @moscato_choco
@kumparan Memperjelas: waktu itu pernah baca tweet dari orang punya temen pilot Garuda, dijelaskan kalo perubahan rute itu krn perintah direktur Garuda yg asalnya dari Bali. Kecuali ada direktur lain yang dari Bali juga, gue assume ini orangnya. Soal kebenaran gosip itu, I don't know 🤷🏻‍♀️
alexander murfi @alexander_murfi
Ari Askhara, Anak Emas Rini Sumarno Yang Akhirnya Dipecat Erick Thohir Anak emas atau sapi perah rini sumarno??? gelora.co/2019/12/ari-as…
URL news 141 Deretan Skandal Bos Garuda Indonesia yang Dipecat Hari Ini Bos Garuda memesan Harley sejak 2018 lalu dan transaksi dibantu oleh direksi lainnya.

Deretan Skandal Bos Garuda Indonesia yang Dipecat Hari Ini

Masalah penyelundupan motor Harley oleh Ari Askhara sejatinya bukan kasus pertama yang membuat citra perusahaan tercoreng. Sebelumnya, beberapa bos Garuda Indonesia juga pernah menurunkan citra perusahaan.

Kasus Manipulasi Laporan Keuangan

Kasus ini muncul saat perusahaan dinahkodai oleh Ari Askhara. Semua bermula dari penolakan dua komisaris Garuda Indonesia, Chairal Tanjung dan Dony Oskaria, dalam pengesahan laporan keuangan perusahaan periode 2018.

Keduanya menolak karena tak setuju bila transaksi kerja sama penyediaan layanan konektivitas dalam penerbangan dengan PT Mahata Aero Teknologi yang merupakan piutang masuk ke pos pendapatan dan sudah dibukukan oleh perusahaan. Alhasil, perusahaan negara itu berhasil membalikkan kerugian pada 2017 menjadi laba bersih US$809 ribu pada 2018.

Dari kasus itu, Kemenkeu dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melakukan penyelidikan terhadap laporan keuangan tersebut. Hasilnya, laporan dianggap tidak sah karena tidak sesuai dengan standar pelaporan dan akuntansi.

Kemenkeu pun memberikan sanksi kepada perusahaan agar melakukan pembetulan laporan keuangan. Sementara OJK memberi denda senilai Rp100 juta kepada masing-masing komisaris dan direksi secara kolektif.

Kawin Cerai Garuda dengan Sriwijaya

Hubungan dua maskapai Garuda Indonesia dan Sriwijaya Air seperti halnya ABG, penuh drama putus-nyambung. Hubungan dua maskapai mulanya mesra, hal itu ditandai dengan kerja sama operasi (KSO) pada 9 November 2018. Pada KSO itu, Garuda melalui anak usahanya Citilink mengambil alih operasional Sriwijaya dan NAM Air.

Komisaris Utama Garuda Indonesia Agus Santoso saat itu menjelaskan, salah satu alasan Garuda Indonesia mengambil alih operasional Sriwijaya karena Sriwijaya punya masalah keuangan.

Namun hubungan keduanya mulai retak ketika hampir setahun berjalan. Sriwijaya Air melakukan 'bersih-bersih' orang Garuda dalam jajaran direksinya. Pada 9 September 2019, Dewan Komisaris Sriwijaya memutuskan untuk memberhentikan 3 direksi termasuk Direktur Utama perusahaan. Ketiga orang tersebut adalah direksi yang diambil dari pejabat di Garuda Indonesia.

Kemudian hubungan kedua maskapai ini semakin memanas ketika GMF AeroAsia yang merupakan anak usaha Garuda Indonesia memutuskan hubungan kerja samanya dengan Sriwijaya Air. GMF AeroAsia sudah memutuskan pelayanannya terhadap Sriwijaya Air sejak 25 September 2019, lantaran maskapai Sriwijaya telah menunggak pembayaran hingga Rp 800 miliar.

Tidak hanya itu, pada tanggal yang sama, Citilink melayangkan gugatan kepada maskapai Sriwijaya Air di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Citilink menggugat Sriwijaya atas dugaan wanprestasi dalam perjanjian bisnis antara kedua maskapai ini.

Namun setelah itu hubungan sempat kembali membaik setelah komitmen kerja sama masih disepakati berlanjut.

Seolah baru kemarin rujuk, hubungan dua maskapai kembali memanas. Direktur Pemeliharaan & Layanan Garuda Indonesia, Iwan Joeniarto mengeluarkan pesan terkait hubungan kerja sama manajemen antara Sriwijaya Air dengan Garuda Indonesia melalui anak usahanya PT Citilink Indonesia.

Dalam pesan tersebut, dijelaskan bahwa karena keadaan dan beberapa hal yang belum diselesaikan oleh kedua pihak maka Sriwijaya Air melanjutkan bisnis sendiri. Hubungan antara Garuda Indonesia Group dan Sriwijaya Group akan dilanjutkan pada basis bisnis ke bisnis.

"Dengan demikian, Sriwijaya tidak akan lagi menjadi anggota Garuda Indonesia Group," bunyi pesan itu seperti dikutip detikcom, Kamis (7/11/2019).

Kabar ini bikin heboh. Jadwal penerbangan Sriwijaya Air juga jadi berantakan. Banyak penerbangannya delay bahkan berpotensi dibatalkan lantaran pesawatnya tidak lagi dilayani oleh Gapura Angkasa.

Kehebohan yang terjadi membuat Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan turun tangan. Dia menggelar rapat dadakan dengan memanggil seluruh pihak terkait.

Neng Ayang @AyangCakep
Sebelumnya, Ari Askhara juga terlibat dalam skandal laporan keuangan 2018 dengan modus mengelembungkan pendapatan atas kerja sama dengan PT Mahata Aero Teknologi (MAT) bernilai US$ 239,94 juta Deretan Skandal Bos Garuda Indonesia yang Dipecat Hari Ini cnbcindonesia.com/news/201912051…
Load Remaining (1)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.