0
Am @melayanglah_kau
Namanya Pak Harsoyo, pedagang kliping di Solo. [ a thread ] pic.twitter.com/iyaF3CF3aM
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Am @melayanglah_kau
Barang yang ia jual boleh saja kurang dilirik oleh anak milenial. Namun beliau teguh dalam prinsip sembari menantang pesatnya roda zaman. Berjualan di Purwosari, mulai jam 17.00-21.00. Bisnis kliping telah ditekuni sejak 1984.
Am @melayanglah_kau
Mantan pegawai Perum Perhutani & mahasiswa jurnalistik ini mengguntingi sendiri koran yang ada di tangannya, untuk kemudian ditempelkan dalam kertas berjilid. Hebatnya di usia yang telah mencapai 70 tahun, beliau mengklasifikasi sendiri artikel-artikel yang ia miliki.
Am @melayanglah_kau
Ada kategori seni, budaya, sejarah, politik, olahraga, & aneka tema lainnya. Banyak artikel (tema sejarah misalnya) yang saya ketahui tidak terumbar luas di internet namun lumayan lengkap di sini.
Am @melayanglah_kau
Artikel yang ada di gerobak beliau berjumlah ribuan. Ada yang dikipling, ada pula yang hanya diguntingi dan dijual per potongan. Bapak yang pernah diundang ke Metro TV dalam suatu acara talk show ini memiliki tingkat wawasan yang sangat mencengangkan.
Am @melayanglah_kau
Pengetahuan akademis yang beliau miliki terbilang tidak lazim untuk pria seusianya yang rawan dilanda kepikunan. Dalam obrolan semalam, saya tanyai berbagai pertanyaan.
Am @melayanglah_kau
Mulai dari urutan planet di tata surya, nama-nama ibukota negara di Afrika, jenis lapisan yang menyelubungi Bumi, kronologi Revolusi Prancis, Perang Dingin, insiden penembakan misterius, hingga seputar ilmu arkeologi.
Am @melayanglah_kau
Semua dijawab dengan mulus alias jelas💯. Dagangannya tidak selalu laku. Meski begitu selalu ada yang datang berkunjung ke gerobaknya untuk keperluan tugas sekolah atau kuliah.
Am @melayanglah_kau
Bapak yang istrinya telah tiada & putranya banyak yang merantau ini menuturkan berbagai cerita yang layak dijadikan inspirasi & motivasi.
Am @melayanglah_kau
Di akhir perjumpaan, beliau bertutur, "Kenapa ya Mas, sekarang zaman semakin maju tetapi kok kemampuan berpikir anak muda tidak maju pesat. Banyak anak-anak di lingkungan saya yang termanjakan oleh teknologi & keblinger."
Am @melayanglah_kau
Profesi beliau yang sangat langka ini mungkin sebentar lagi akan resmi punah. Namun jasa beliau dalam upaya mencerdaskan para pembelinya dengan aneka pengetahuan tidak akan dilupakan oleh mereka. . from @christsetyawan
Am @melayanglah_kau
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Expand pic
s3 sariawan @blessmechuuuuuu
@melayanglah_kau Sering banget liat bapak ini lagi jualan di depan Indosat yang kalo malem jadi pasar senggol, sempet mau lihat lihat dagangan si bapak tapi maju mundur
Mahasiswi 🐢 @UviaVia
@melayanglah_kau Duh apa tidak ada yang bisa bantu bapaknya untuk punya akun jualan di sosmed :") kan bisa laku keras untuk pencinta naskah otentik

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.