0

Pelatih itu bisa silih berganti, tapi pakem gaya permainan tidak akan bisa diubah, pakem gaya permainan hanya mampu berubah sesuai dengan perkembangan zaman.

Kunci kesuksesan Vietnam sekarang adalah buah hasil sejak 2016 dimana vietnam yang selalu kalah dengan pesaingnya di asean thailand dan Indonesia dalam hal sepakbola membuat federasi dan Pemerintahnya bersatu membangun sepakbola negeri sosialis tersebut.

Tidak tanggung tanggung mereka mengontrak direktur teknik dan pelatih berkebangsaan asal korea selatan.

Hasilnya kita lihat peringkat vietnam sekarang berada di 94 rangking FIFA mengalahkan rekan seasean lainya.

Masih ingat di AFF 2016 saat Timnas Indonesia melawan Vietnam di leg kedua, pemerintahnya turut menonton pertandingan tersebut dimana vietnam gagal melanjutkan ke fase selanjutnya.

Kemajuan sepakbola vietnam sekarang adalah hasil rasa prustasi akibat sering menelan kekalahan.

Akhirnya berbenah baik federasi maupun pemerintah bersinergi.

Pria yang 'Loloskan' Vietnam ke Piala Dunia U-20 2017 Diperpanjang Kontraknya Sampai 2020

Juergen Gede memiliki tugas meningkatkan kualitas sepak bola di negara itu dan mengembangkan tim-tim muda.

Selama bertugas, Gede telah membantu negara ini mengamankan satu tempat pada Piala Dunia U-20 2017.

Vietnam benar-benar memperbaiki kualitas pemain mudanya, sehingga mereka lolos piala dunia u20 2017, beda sama Indonesia lolos piala dunia dikarenakan menjadi tuan rumah, mungkin karena sudah frustasi gak lolos terus.

Kesuksesan ini tentu saja tak lepas dari pada pengembangan usia muda yang dilakukan oleh direktur tekniknya, karena untuk pelatih timnas itu menerima sumber daya manusia yang sudah siap pakai, bukan melatih teknik dasar teknik sepakbola seperti yang dialami oleh para pelatih timnas Indonesia.

Kemudian federasi itu tidak mampu membangunnya sendiri infrastruktur pembinaan dikarenakan untuk membuat infrastruktur pembinaan bibit muda yang baik adalah tugas pemerintah.

Butuh biaya dan dana yang besar untuk memajukan sepakbola dan menciptakan pemain muda yang berkualitas.

Dibawah kemenpora dan di kelolah oleh federasi untuk dimanfaatkan untuk kepentingan bangsa dan negara. Karena Timnas Sepakbola itu membawa nama baik bangsa dan negara, kalau kalah terus bisa-bisa nama baik bangsa dan negara selalu disepelehkan terus karena selalu kalah.

Semestinya sebagai bangsa yang besar kita harus superior dalam olahraga, khususnya sepakbola.

Persaingan sepakbola dengan vietnam ,persaingan sepakbola dengan malaysia semestinya harus bisa dijadikan cambukan buat pembenahan sepakbola indonesia kedepan.

Mau pelatih sekelas maurinho atau pep guardiola dengan sdm seadanya juga gak bakalan mampu mengangkat sepakbola kita untuk berprestasi.

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.