Internship

Sesi 1 - Menuju Medan Profesi Dokter http://chirpstory.com/li/46883 Sesi 3 - Habis lulus dokter mau ke mana? PPDS atau S2? http://chirpstory.com/li/47403
1
Aji Caesar Wicaksono @cisarsky94
Lanjut ya, sekarang bahas Internship. Sesi 2 Medical Career Update 2013.
Aji Caesar Wicaksono @cisarsky94
Pembicaranya adalah dr. Lindung ( PPDS bedah umum) & dr. Zain.
Aji Caesar Wicaksono @cisarsky94
Kalo dulu pas zaman orang tua kita ada wajib PTT, sekarang ada internship. Walaupun isu nya tahun depan bakal dihapuskan.
Aji Caesar Wicaksono @cisarsky94
Sejak lulus sampe internship gmn sih perjalanannya? Yudisium - UKDI - Pelantikan Dokter - Pengajuan STR - SIP - Internship
Aji Caesar Wicaksono @cisarsky94
STR - Surat Tanda Registrasi, SIP - Surat Izin Praktek
Aji Caesar Wicaksono @cisarsky94
Berita baiknya internship itu bisa milih temen, tapi tempatnya undian. Atau milih tempat, temennya undian. Enak yg pertama kan?
Aji Caesar Wicaksono @cisarsky94
Sistem one man one vote atau group vote (tempatnya diundi). Tempatnya di mana? Lulusan UNAIR ya di Jawa Timur aja.
Aji Caesar Wicaksono @cisarsky94
Internship dapet gaji? Ngga, tapi dapet tunjangan hidup. Kata dr. Lindung di Caruban, Madiun dapet 1,25 jt.
Aji Caesar Wicaksono @cisarsky94
Tapi makan nya murah dan enak. Pecel Madiun cuma 2rb, diitung2 sehari makan 6rb. 6rb x 30 hari = 180rb. Masih ada sejuta buat yg lain2 :D
Aji Caesar Wicaksono @cisarsky94
Ntar stase pas internship ada 3 yaitu Poli, IRD, dan Puskesmas. Yang seru pas di IRD. Ceritanya ad bus Sumber K*ncono kepleset, ad 66 korban
Aji Caesar Wicaksono @cisarsky94
Yaa... Ada yg hidup ada yg meninggal ada yg keliatan tulangnya, dll deh.
Aji Caesar Wicaksono @cisarsky94
Terus selain kompetensi kita juga belajar menerapkan etika yg udah diajarin sama dosen2 kita. Jadi dari korban2 itu ada 4 mahasiswa bandung.
Aji Caesar Wicaksono @cisarsky94
3 dari 4 orang itu meninggal, ceritanya mereka lg liburan. Trus orang tua dari salah seorang mahasiswa yg meninggal itu nelpon.
Aji Caesar Wicaksono @cisarsky94
"dok, anak saya kondisinya sudah stabil? " ortunya berharap bgt anaknya selamat. Jika anda sebagai dokter, apa yg anda katakan kpd ortunya?
Aji Caesar Wicaksono @cisarsky94
"Supaya lebih jelas, silahkan ibu langsung datang aja." Mungkin jawaban paling politis deh :'(
Aji Caesar Wicaksono @cisarsky94
Tips buat persiapan sebelum internship. (1) Sebaiknya seminggu sblm brangkat, survey tempat dulu. Budaya, kultur, lokasi RS, dll.
Aji Caesar Wicaksono @cisarsky94
(2) Minimalkan kendala bahasa. Misalnya pasiennya org madura, ga bisa bahasa indonesia. Dokternya ga ngerti bahasa madura.
Aji Caesar Wicaksono @cisarsky94
Akhirnya perawat diminta jd translator o_O
Aji Caesar Wicaksono @cisarsky94
(3) tempat tinggal. Dinkes ga nyediain, jd mesti usaha sendiri, mau kos mau kontrak, atau mgkn ada keluarga di kota itu.
Aji Caesar Wicaksono @cisarsky94
Enaknya kalo temen kita yg sekelompok internship ada yg ibu nya kepala puskesmas di kota itu, bisa dibantu cari kos2an :)
Aji Caesar Wicaksono @cisarsky94
Hormati dokter host di RS tempat kita internship, walaupun ud sjajar sma2 dokter, kita di situ sebenernya cuma sbg dokter yg membantu mereka
Aji Caesar Wicaksono @cisarsky94
Mereka yg nge back up kita kalo ada apa2.
Aji Caesar Wicaksono @cisarsky94
Walaupun sudah dokter, tapi buka praktek sendiri sangat dihindari. Secara etika ud melanggar. Kan udah dapet SIP, kok ga boleh knp?
Aji Caesar Wicaksono @cisarsky94
Karena SIP yg kita dapet cuma surat izin buat praktek di RS dan puskesmas tempat kita internship. Jd ga boleh buka praktek sendiri.
Aji Caesar Wicaksono @cisarsky94
Padahal gaji dari jasa medik ga dapet, terus gmn mau cari uang? Selain dpt tunjangan hidup, kita jg bisa kok usaha2 sendiri.
Load Remaining (18)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.