3
miti @mitamara
Baru mendapat kabar duka dari teman seangkatan. Selamat jalan Je.. Emang tingkat akhir di itb merupakan tahun paling ga sehat baik secara fisik maupun mental. Harapannya tiap prodi dapat memperbaiki sistem dlm proses TA ini sih + memberikan perhatian khusus terhadap mahasiswanya twitter.com/Jechriswa/stat…
Jehuda Christ Wahyu @Jechriswa
Anemia of chronic disease, skripsi, dan wisuda ITB . SEBUAH UTAS
Jehuda Christ Wahyu @Jechriswa
Cerita nya dimulai dari gue ngerjain skripsi sampe mau mati, 7 hari berturut2 malem ga tidur, siang nya tidur. Sampe ujung ujung nya sidang (13 sept) gue dinyatakan lulus. Puji Tuhan.
Jehuda Christ Wahyu @Jechriswa
Trus kebahagiaan gue berkurang karna ketika makan setelah sidang, kok rasa makanan nya ga enak. Yauda terus gue ga apa apain. Sambil urus yudisium, nafsu makan gue terus berkurang. Gue makan sehari sekali kali.
Jehuda Christ Wahyu @Jechriswa
Suatu hari temen gue bilang ke gue, "je tangan lu panas banget buset". Lah iya, tangan gue panas. Gue pikir, oh ini gue kurang ngerokok, yauda gue roko aja.
Jehuda Christ Wahyu @Jechriswa
Ternyata ga menyelesaikan masalah, sampe tanggal yudisium (2 minggu dari sidang, 27 sept) gue gabisa makan samsek, gue panik, dan gue memutuskan tgl 28 sept gue balik ke cikarang.
Jehuda Christ Wahyu @Jechriswa
Pas jalan pulang gue sadar gue lemes banget, banget banget, dan demam tinggi lagi. Yauda mendarat di cikarang, langsung ke RS terkemuka disana, cek darah, dugaan 1: tipes.
Jehuda Christ Wahyu @Jechriswa
Tapi ternyata tipes gue negatif. Dilihat darah gue rendah semua, dan ada infeksi kronis. Gue cuma dikasih antibiotik sama obat penurun panas.
Jehuda Christ Wahyu @Jechriswa
Hari hari gue lewatin di rumah dengan demam tinggi, sampe 4 kemudian gue ke RS lagi ngecek, yauda kemarin ke dokter umum skrg ke dokter spesialis penyakit dalan, ngecek urin juga, siapa tau ginjal kenapa kenapa. Ternyata bersih. (Dugaan 2: penyakit ginjal)
Jehuda Christ Wahyu @Jechriswa
Dokter bingung gua kenapa. Lah gua apa lagi. Dugaan dokter ke 3: radang parh paru/ TBC. Ternyata 4 hari kemudian gue di ronsen, paru2 gue bersih (wow) cek darah, trombosit ga turun berarti bukan DBD (dugaan 4). Darah hemoglobin rendah, smua muanya rendah kecuali trombosit.
Jehuda Christ Wahyu @Jechriswa
Selang beberapa hari kemudian, cek darah lagi, dugaan 5: kelenjar thyroid kenapa kenapa, ternyata engga, sehat kelenjar getah bening gua. Di fase ini 2 minggu dari tanggal 28 sept, gue ternyata udh ga demam. Seneng banget gua pikir gua bisa beraktifitas lagi.
Jehuda Christ Wahyu @Jechriswa
Gue ngelewatin wisnite, gara gara gadapet izin ke bdg sama ortu. Besoknya gue tes darah lagi, dan ternyata masih rendah semua. Tapi gue udh ga demam. Dan gue gasadar gue anemia. pic.twitter.com/sGhGnnJ235
Expand pic
Jehuda Christ Wahyu @Jechriswa
Merasa udh sehat, karna dirumah gapernah gerak, dan jalan, gue caw ke bdg. Ambil toga. Kurang tau bahaya anemia, gue kecapean gara gara foto. Itu pun gua udh kaga foto di intel. Yaudah lu bayangin aja lulusan itb ga pernah foto pke toga di plawid. pic.twitter.com/UTyGUkbHwu
Expand pic
Jehuda Christ Wahyu @Jechriswa
Gue langsung balik ke cikarang (dijemput) gara gara gue lemes banget ga bisa ngapa2in. Besok nya gue ke RS lain, minta second opinion. Gue disuruh tranafusi, tapi gue gamau. Gue disuruh rawat inap. Makin gamau, soalnya dokternya gatau gue sakit apa.
Jehuda Christ Wahyu @Jechriswa
Dibilang: Iya kamu anemia, tapi zat besi mu banyak berarti kamu ada sesuatu infeksi kronis, tapi gak tau apa. . Akhirnya gue di rekomen ke RS yg lebih besar di bekasi kota, ketemu ahli darah.
Jehuda Christ Wahyu @Jechriswa
Tes darah di rs. Kedua menunjukan hemoglobin gue 9.9, cowo normal tuh harusnya 14. Disini gue memutuskan gue gaikut wisuda. pic.twitter.com/LuvUaLI7uc
Expand pic
Jehuda Christ Wahyu @Jechriswa
Orang tua gue awalnya ga setuju sama keputusan gue. Kita caw ke bdg, aku ngotot istirahat aja di hotel. Ternyata keputusan ku tepat, karna jalan di tanjakan hotel aja aku ga kuat samsek. Ini tanjakan hotelnya. pic.twitter.com/LU0NPrgymi
Expand pic
Jehuda Christ Wahyu @Jechriswa
Melewatkan wisuda gue balik ke cikarang minggu nya. Senin seperti biasa cek darah lagi di rumah sakit pertama. Gue di rekam jantung dan cek darah lagi. Baru ketauan anemia gue sampe sel darah merah berubah bentuk jadi kurus dn pucat. Dugaan 5:hearts problems. pic.twitter.com/8AbWcnoEle
Expand pic
Expand pic
Jehuda Christ Wahyu @Jechriswa
Hasil rekam jantung menunjukan jantung gue normal, tapi nadi gue deg deg an. Gabisa membuang semua kemungkinan ada masalah jantung. Tapi untung nya darah gueudh jauh lebih baik, meski masih anemia juga.
Jehuda Christ Wahyu @Jechriswa
Sekarang gue udh semakin baikan. Inti dari semua ini: KALO MAU NGERJAIN TA1 DAN TA2 PLIS PLIS PLIS JAGA KESEHATAN JUGA. Sedih hatiku hancur berkeping keping gaikut rangkaian wisuda himpunan samsek.
Jehuda Christ Wahyu @Jechriswa
Daan aku berhenti merokok. Stay healthy guys. Ya. Aku merokok, bagi yg belum tau wkwkw, tapi udah ngga lagi.
Jehuda Christ Wahyu @Jechriswa
Jaga kesehatan semuanya! Aku menyesal kenapa bisa sakit, ya emang gatau sih sakit apa. Silahkan yg mau meneliti 7x hasil lab darah ku aku terbuka banget wkakwka
miti @mitamara
Untuk teman-teman dan adik-adikku yg sedang berjuang mengerjakan TA, tolong bangett aware akan batas diri masing-masing. Dijaga kesehatannya, pola makan, serta pola tidurnya yaa...😢 twitter.com/Jechriswa/stat…
Jehuda Christ Wahyu @Jechriswa
Dear all my friends, I just want you all to know that, I've been diagnosed with a beta Thalassemia. Artinya gue gaboleh kecapean banget. Untung nya tidak ganas, hanya minor. Jarang banget ada org yg kediagnosa thalassemia waktu umur segini. But oh well here I am.
Load Remaining (14)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.