1
Reiko-san @Aliciaadella__
Pengalamanku sebagai pengidap "bipolar disorder" A thread..
Reiko-san @Aliciaadella__
Hallo, aku tu bisa dibilang anak yang paling deket sama papahku.. Apa2 sama papahku dan gak terlalu deket sama mamah.. Karena memang papah kerjanya jauh dulu papah bawa bis ke entikong daerah perbatasan malaysia, jd pulang cuma sesekali..
Reiko-san @Aliciaadella__
Itu aku msh kecil banget dan blm sekolah, lalu pas aku masuk sekolah papah berhenti kerja, trs jd pengangguran lah ya, tiap hari dirumah, papah ku itu orgnya galak banget, dulu pergi main ga bilang aja dipukul, ga pergi ngaji dipukul,-
Reiko-san @Aliciaadella__
Terus papahku orgnya tu suka gemes gt sama anak kecil, tp gemes nya itu suka yang kayak sampe gigit gitu, nah papah ku dulu suka gt lg bercanda sm aku trs gemes lalu aku digigit sampe aku nangis kadang.. Nah kalo aku nangis, aku suka dipukul lagi
Reiko-san @Aliciaadella__
Lalu karna papahku ga kerja, mamah bingung kan cari uang kmn, jd sering berantem sama papah, ditambah papahku suka main tangan, apa-apa pukul, terus papah ku juga suka main cewe, jadilah masa kecilku aku suka jd pelampiasan marahnya papahku.
Reiko-san @Aliciaadella__
Nah berlanjut tuh sampe smp, aku jadi sering ketakutan sendiri, lg seneng2 tiba2 aku suka nangis sejadi2nya padahal aku ga tau apa yang aku sedihin. Kadang kebalikannya, aku dr sedih bisa langsung euforia banget banget. Sampe ketawa girang bgt pdhl ga tau apa yang aku ketawa in
Reiko-san @Aliciaadella__
Kadang2 aku mikir aku gila apa gmn ya?.. Abis itu udah tu, karna papah suka mukul2 trs dirumah aku suka disalah2 in, trs mamah papah suka berantem, disekolah aku juga dibully karna dulu aku jelek banget, aku pernah tuh coba bundir. Aku bikin minuman dr handbody, rinso, minyak,-
Reiko-san @Aliciaadella__
-kayu putih, sofel, obat nyamuk yang lingker tau kan yang dibakar itu loh nah aku tumbuk trs aku larutin, nah pas diminum eh ternyata ga mati dong, malah tenggorokan ku panas banget-_-. Nah udh tuh karna aku sering tertekan sm keadaan ditambah lg lah aku kenal sama dunia narkoba
Reiko-san @Aliciaadella__
(Kalian bs cek pinned aku ya pengalaman kh narkoba). Jd kalo aku lg sedih aku bawa nyabu buat ngilangin stress, lg seneng aku bawa dugem nelen inex, dll lah pokoknya, berlanjut lah sampe aku direhab diLido tahun 2017 kemaren
Reiko-san @Aliciaadella__
Ternyata efek pemakaian narkoba tuh ngaruh banget ke psikologi kita. Dulu kan tiap aku sedih atau seneng aku pake narkoba kan, nah direhab kan aku ga bisa pake, jd aku makin sering mood swing gt. Sampe aku gabisa tidur, dalam seminggu tidur ku cuma 2 atau 3 hari.
Reiko-san @Aliciaadella__
Aku tiba2 sedih, tiba2 seneng, aku suka cemas, suka keringet dingin, kalo ngomong suka cepet dan blibet gitu, suka tiba2 panik, jantung berdebar2, sampe aku ngerasa ga nyaman banget. Jujur aku waktu itu blm tau apa2 ttg bipolar.. Jd aku cerita lah ke konselor yang menangani aku,-
Reiko-san @Aliciaadella__
-diLido. Jd direhab tuh memang ada psikolog sm psikiater nya. Jd dibawa lah aku ke psikiater nya namanya dokter elvina.. Setelah beberapa kali konsul dan melihat perkembangan psikologiku, aku didiagnosa "bipolar disorder" nah aku kan ga tau apa2 itu penyakit apa ya kan jd aku
Reiko-san @Aliciaadella__
Disuruh minum obat psikiater, ternyata itu bahaya banget buat psikologis kita. Soalnya kalo lg ngerasa sedih bener2 sedih terpuruk gt bisa sampe ada fikiran bundir loh kaya yang dulu pernah aku lakuin.
Reiko-san @Aliciaadella__
Dan ternyata setelah konsul, dr el bilang kalo trauma dimasa lalu, kekerasan masa kecil, pemerkosaan, bully itu bisa menyebabkan seseorang terkena bipolar loh. Aku flashback oh mungkin aku gini karna waktu kecil aku suka dipukul, dibully, sering disalahkan, dll
Reiko-san @Aliciaadella__
Sebenrnya aku masih takut, malu untuk mengakui kalo aku bipolar, karna anggapan org sekitarku. Pernah aku tanya info psikiater didaerahku pontianak ke temenku, malah aku dibilang ga waras alias gila­čÖé
Reiko-san @Aliciaadella__
Dan awal aku konsultasi ke dr el pun aku msh takut untuk membuka diriku, ya gmn ya kita disuruh buka luka lama yang udah kita pendem dalam2 kan ga enak banget ya. Tp ternyata setelah kita menceritakan semua keganjelan dihati kita malah aku ngerasa lega banget. Aku lebih bisa,-
Reiko-san @Aliciaadella__
-memaafkan diriku sendiri, memaafkan papahku, orang sekitarku juga. Intinya bisa berdamai dgn diri sendiri aja itu udah satu langkah yang bagus.
Reiko-san @Aliciaadella__
Nah aku mau nambahin sebenernya mood swing itu bukan berarti org itu bipolar ya, banyak orang yang self diagnosis kalo mereka itu bipolar dll.. Itu bahaya bgt menurutku, karna salah diagnosa bisa salah penanganan dan salah pemberian obat. Kalian tau kan bahaya obat psikiater itu
Reiko-san @Aliciaadella__
Gimana? Jd jangan self diagnosis ya! Kalo kalian mood swing atau depresi sampai mengganggu aktivitas kalian aku sarankan kalian pergi ke ahlinya.. Jgn dipendam sendiri. Kasih tau org terdekat kalian.
Reiko-san @Aliciaadella__
Jd penanganan aku, aku sering konsultasi+terapi obat. Tp skrg aku udah berhenti minun obatnya karna mahal banget, dulu aku dilido semua nya gratis, sampe keluar rehab pun dibekalin buat bbrp bulan.. Tp ya aku blg td karna mahal jd aku ga lanjutin
Reiko-san @Aliciaadella__
Sbnrnya ini bahaya banget ya, jgn ikut2 aku gais. dr dokter aku harusnya berhenti minum minimal 2 tahun, tp aku ga sampr 2 tahun, karna ya itu obatku jg susah carinya bahkan aku sempet tanya dibogor yang nyediain cuma rs marzuki mahdi waktu itu.
Reiko-san @Aliciaadella__
Jujur setelah terapi ke psikiater aku jd lega dan jarang banget mood swing. Di psikiater juga kita diajarin penanganan kalo kita udh mulai ngerasa gejala2 spt cemas, mood swing, dll. Selain psikiater, dukungan org tua, dan org terdekat juga penting bgt ya!a
Load Remaining (5)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.