Chirpstory will close the service later this year. At the end of September, you will not be able to post stories or comments.

Sumpah Nggak Kepikiran Bikin Beginian Sebelumnya: Panduan Menghadapi Pesta Pernikahan Batak untuk UNdangan Non-Batak

baca aja udah pusing...
0
ybs | 马可斯 @ybsmee

PANDUAN MENGHADIRI PESTA PERNIKAHAN BATAK UNTUK UNDANGAN NON-BATAK === SEBUAH UTAS === pic.twitter.com/LpSuGBm7R3

23/11/2019 23:03:33 WIB
Expand pic
ybs | 马可斯 @ybsmee

TL;DR: Cari plang "Undangan Nasional"

23/11/2019 23:04:54 WIB
ybs | 马可斯 @ybsmee

Panduan ini hanya berlaku untuk pesta adat batak yg dilangsungkan di wilayah JABODETABEK. Wilayah lain mungkin ada sedikit perbedaan.

23/11/2019 23:07:14 WIB
ybs | 马可斯 @ybsmee

1. Datang tepat waktu. Makan bersama biasanya dilakukan serentak, sekitar pukul 12.30-13.00. Kalau telat jangan harap dapat makan 🤭

23/11/2019 23:09:47 WIB
ybs | 马可斯 @ybsmee

2. Kalau kamu suka yg haram, silakan duduk di meja yg ada tulisan "Ale Ale" atau meja/bangku baris paling belakang. Jika suka yg halal, langsung ke bagian "Undangan Nasional"

23/11/2019 23:12:17 WIB
ybs | 马可斯 @ybsmee

3. Undangan Nasional disajikan prasmanan, biasanya hanya bertahan 2-3 jam. Soalnya yg undangan adat abis makan ke situ juga. Ludes deh.

23/11/2019 23:15:16 WIB
ybs | 马可斯 @ybsmee

4. Kapan bisa salaman / foto dengan pengantin? Saat mulai makan, pengantin biasanya akan menyapa para tamu undangan nasional. Gunakan kesempatan ini untuk bersalaman dan berfoto dengan latar belakang orang lagi makan, dinding yg catnya mengelupas, atau jendela tanpa gordeng.

23/11/2019 23:18:35 WIB
ybs | 马可斯 @ybsmee

5. Selanjutnya adalah saat "manumpaki", di mana para undangan "paranak" (pengantin pria) naik ke panggung untuk menyampaikan "tumpak" (amplop berisi uang)

23/11/2019 23:23:23 WIB
ybs | 马可斯 @ybsmee

6. Silakan mengikuti jalur hijau untuk berbaris. Saat manumpaki jangan berharap bisa foto ya, soalnya antriannya panjang. Nanti saja selesai prosesi ini.

23/11/2019 23:25:19 WIB
ybs | 马可斯 @ybsmee

7. Selesai manumpaki, raja parhata parboru akan sahut-menyahut dengan raja parhata paranak. Di sini bisa colongan salaman dan foto. Mohon tidak melalui jalur merah karena mereka sedang bercakap-cakap. Jika lewat pasti diusir, dianggap tidak sopan.

23/11/2019 23:29:32 WIB
ybs | 马可斯 @ybsmee

8. Pesta pernikahan adat batak biasanya lama, paling cepat selesai pukul 17.00. Jadi sebenernya undangan bisa datang antara pkl. 12.00 - 17.00. Tapi ya itu tadi, jangan harap ada makanan lagi. Apalagi setelah pkl. 15.00.

23/11/2019 23:32:26 WIB
ybs | 马可斯 @ybsmee

9. Selama pengantin belum diulosi, prosesnya masih mengikuti jalur hijau dan sifatnya colongan. Jadi mohon bersabar untuk menunggu waktu yg tepat.

23/11/2019 23:36:43 WIB
ybs | 马可斯 @ybsmee

10. Saat pengantin sedang diulosi, apakah masih bisa menyampaikan selamat? Bisa. Ikuti saja rombongan yg sedang mangulosi di posisi paling belakang. Jangan lupa ikut goyang (manortor) saat musik mulai berdendang.

23/11/2019 23:45:28 WIB
ybs | 马可斯 @ybsmee

11. Jika datangnya rombongan, bisa minta izin juga untuk minta waktu menyampaikan selamat. Caranya berikut ini:

23/11/2019 23:48:12 WIB
ybs | 马可斯 @ybsmee

12. Bilang ke raja parhata: "Horas amang! Kami dari (nama rombongan/kelompok), teman mempelai (pria/wanita) ingin menyampaikan rasa sukacita kami kepada kedua mempelai. Mohon dikasih waktu sebentar. Mauliate."

23/11/2019 23:51:04 WIB
ybs | 马可斯 @ybsmee

13. Jika diizinkan, raja parhata akan memberikan waktu dan mic. Silakan sampaikan maksud, tujuan, perasaan, dan harapan kepada pengantin dan orang tuanya. Jangan lupa ngomong "musik!" sebagai penutup dan mulai bergoyang maju ke arah pengantin.

23/11/2019 23:53:30 WIB
ybs | 马可斯 @ybsmee

14. Jika tidak diizinkan, jangan berkecil hati dan lakukan langkah no. 10.

23/11/2019 23:54:41 WIB
ybs | 马可斯 @ybsmee

15. Mudah-mudahan panduan ini membantu dan jangan kapok datang ke pesta pernikahan adat batak yaa. Horas!

24/11/2019 00:00:28 WIB
☘️ @amrrrrat

@ybsmee 2* dtg ke pesta batak dan 2 kali juga pun keabisan makanan pdhl itungannya masi ga telat 😭. pernah lewatin jalur meran pas mo salaman malah diomelin yamaap mana kita tauu wkwk

24/11/2019 03:00:00 WIB
Ncep @Uncep

@ybsmee Hahahah hahahaha tapi banyak perbedaan kalau sama Batak Advent, makanan semua barengan beserta hula-hula lainnya.

24/11/2019 05:45:14 WIB
Aku PEREMPUAN bernama @DidiCahya

@ybsmee Pernah datang sekali, ambil jalur nasional, makan, pulang. Bingung juga mau ngapain, kok gak salaman2... 😬😬😬 Maafkeun aku yang baru tahu ini, belum tempe....🙏🏼🙏🏻🙏🏻

24/11/2019 06:44:16 WIB
Arief Syaiful @AriefSyaiful

@ybsmee Banyak kali aturannya, Lus. Ndak bisa dipangkas birokrasinya?

24/11/2019 06:56:38 WIB
Indri Sumule @insuindri

@ybsmee sekali ke nikahan sodara yg nikah sama org batak. kapok sudah. Makanya mereka malas cere, undangan aja kapok apalagi pengantin

24/11/2019 07:23:04 WIB
Herizal Alwi @AlwiKe1

@ybsmee Gue hela Makan di lantai atas Aman dan halal

24/11/2019 08:47:07 WIB
Load Remaining (9)

Comment

No comments yet. Write yours!