3
Heru Baelah @BaelahHeru

pantang mandi pagi 💍👨‍👩‍👦

Heru Baelah @BaelahHeru
Based on true story Horor story "PAGADUNGAN" sebuah desa yang hilang Foto by google #threadhorror #bacahoror #ceritaht #infomemetwit #ceritahoror pic.twitter.com/B06dni935r
Expand pic
Heru Baelah @BaelahHeru
Saya akan bercerita tentang sebuah desa yang hilang "Pagadungan" orang-orang menyebutnya Desa ini terletak di selatan desa Cigadung, Banjarharjo, Brebes Jateng. Atau di sebelah barat kecamatan Banjarharjo, Konon desa ini hilang pada masa penjajahan Belanda
Heru Baelah @BaelahHeru
Cerita sya akan berbeda dengan cerita di blog blog pada umumnya, walaupun yang dibahas sama yaitu Pagadungan. Di beberapa blog resmi diceritakan bahwa Pagadungan hilang karena disembunyikan oleh sesepuh desa yang konon sangat sakti
Heru Baelah @BaelahHeru
Pada masa itu, Belanda sedang menyerang tiga kota yaitu Pekalongan, Tegal dan Brebes, semua warga lari untuk menyelamatkan diri, ada yang ke hutan, sungai dan gunung. Tapi tidak dengan penduduk desa Pagadungan, mereka tetap berada di dalam desa
Heru Baelah @BaelahHeru
Sementara sesepuh desa menaburkan abu yang sudah dibacakan mantra dan ditabur mengelilingi desa, Tujuannya agar Belanda tidak melihat desa tersebut, dan desa itu menjadi kasat mata, Setelah menaburkan abu dan "tepung gelang" bertemu antara titik awal dan akhir
Heru Baelah @BaelahHeru
Desa itu lenyap seketika, sementara sesepuh itu karena sakti beliau ikut bertempur melawan Belanda sungguh sayang, beliau gugur di medan perang, dan beliau tidak dapat kembali kedesa untuk membukakan tabir ghaib yang ia pasang, alhasil desa itu hilang beserta penduduk dan isinya
Heru Baelah @BaelahHeru
Itu versi blog dan situs pencerita lainya, sumbernya dari kakek buyut atau orang tua yang tahu akan kisah Pagadungan secara turun temurun Tapi cerita mereka berbeda dengan saya, mari kita simak
Heru Baelah @BaelahHeru
Sore itu, setelah pulang dari kebun ayah duduk di ruang tengah untuk meminum kopi yang sudah disiapkan ibu (tanpa sianida tentunya) Sembari ditemani rokok kretek Menara, ayah menyeruput kopi dengan nikmatnya Saya mendekatinya, kemudian minta untuk dipangku
Heru Baelah @BaelahHeru
Umur sya masih kecil waktu itu,baru kelas 3 SD, tapi saya senang melayangkan benerapa pertanyaan tentang hal yang barbau mistis Ayah sya pun tak bosan menceritakan semua yang beliau tahu, dari cerita "sepur panganten" yang konon akan terjadi entah kpan
Heru Baelah @BaelahHeru
"Bumi cawene", "sejarah runtuhnya jembatan Bantar panjang" dan "Pagadungan" sebuah desa yang hilang dan membuat sya penasaran knpa bisa sampe hilang
Heru Baelah @BaelahHeru
"pak cenah aya dayeuh nu leungit, bener henteu tuh??" (pak ktanya ada desa yang hilang bener gk sih??) "ayaa, bener" (ada, benar) "dingdi pak??" (dimna pak??) "kulon banjar, wetanen Cigadung" (Sebelah baray bajar, timur desa Cigadung) lanjut bapak sambil menyeruput kopinya
Heru Baelah @BaelahHeru
Dulu ada "budak angon" yang tinggal dengan ayah dan ibunya di desa Pagadungan sebelum hilang, Namanya budak angon ya kesehariannya "ngangon munding" (memgembala kerbau) pada saat sedang asik mengembala ia menemukan "mangandeuh leweung" (benalu hutan)
Heru Baelah @BaelahHeru
Karena bentuknya berbeda dengan yang biasanya ia pun memetik dan membawanya, Pikirnya, sangat jarang ada benalu tumbuh di pohon bambu, terlebih itu pohon bambu pethung (bambu hijau berukuran besar)
Heru Baelah @BaelahHeru
Setelah memetiknya ia membawa pulang kerumah, terlebih hari sudah mulai senja. Sudah waktunya kerbau-kerbau miliknya masuk kandang Sesampainya dirumah ia tidak langsung makan seperti biasanya
Heru Baelah @BaelahHeru
Ia asyik mengamati benalu hutan itu, daunnya berukuran lebih lebar dan bunganya merah merekah, tdak tampak seperti benalu pada umumnya Sembari mengalungkannya dileher, ia menciuminya
Heru Baelah @BaelahHeru
Sementara ayahnya baru pulang dari kebun, ia melihat kerbau-kerbau sudah masuk kandang. ia tampak senang, karena anaknya yang masih berumur 10 tahun sudah bisa diandalkan dalam hal mengembala "pinteeur yeuh budak, teu kudu dipapatahan geus nyaho gawean"
Heru Baelah @BaelahHeru
(Pinter nih anak, gk usah perintah dah tahu pekerjaannya) gumamnya Ia pun langsung masuk rumah dan mencari anaknya "jangg ujangg, ntos dahar acan?? Dahar heula. Yuh barenga bapak" (jang ujang, dah mkan blum, ayo bareng bapak)
Heru Baelah @BaelahHeru
Namun panggilannya tidak ada yang menjawab, si bapak pun mondar mandir mencari anaknya "janggh, dimna maneh??" (jangg, dimna kmu??) "abdi pan dihareupeun bpak, moal enya teu katingal??" (sya kan didepan bpak, masa gk kelihatan??) jawab ujang yg keheranan
Heru Baelah @BaelahHeru
"hareupeun mana??? Teu aya ah" (didepan mana???, gk ada ko) "maneh mawa naon, lesotkeun heula" (kmu bawa apa, lepasin dulu) ujang pun melepaskan benalu hutan yang ia kalungkan dilehernya, seketika itu baru bapaknya dapat melihatnya
Heru Baelah @BaelahHeru
"heuuuh budak ulinan dang kitu, mantak pirewaseun kolot, dahar heula kaditu!!" (heuuhh dasar bocah, malah mainan kya gitu, bikin orang tua khawatir aja, mkan dulu sana!!)
Heru Baelah @BaelahHeru
"muhun atuh pak,hampura" (iya pak, maaf) setelah meletakan benalu hutan di meja ujang pergi ke dapur untuk makan dengan bpak dan ibunya "jang, eta mangandeuh ulah dibabawa nya, piceun kaditu, diduruk mun perlu"
Heru Baelah @BaelahHeru
"jang, benalunya jngan dibawa trus, buang sana, kalo perlu bakar saja" perintah bpaknya Selesai mkan ujang mengambil benalu itu dan membakarnya, tapi karena benalu itu masih basah sulit sekali untuk dibakar
Heru Baelah @BaelahHeru
Setelah mengambil beberapa daun kering dan kayu bakar, ujang menyalakan api ia membakarnya di belakang rumah "ngkee ngke ke, tadi urang mawa mangandeuh ieu bpak teu tiasa ningalikeun urang" (ntar dlu ntar dlu, tadi sy bawa benalu ini bpak tidak bisa melihat sya )
Heru Baelah @BaelahHeru
"wehh aluss, bisa ngaleungit berarti urang" (eeh bagus, sy bisa menghilang) ujar ujang yang baru sadar benalu itu mempunyai keistimewaan Tapi sayang api sudah berhasil melahapnya, tinggal separoh benalu yang belum terbakar, ujang mengambilnya
Load Remaining (7)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.