0

Beredar video latihan militer berseragam mirip TNI di tengah pemukiman warga desa beredar di media sosial

#JogjaDaruratAgraria @JDAgraria
LATIHAN PERANG DI PEMUKIMAN WARGA!! ㅤ Siang tadi (19/11/2019) tepatnya jam 12.00 WIB saat warga sedang beristirahat, tiba-tiba masuklah sekelompok Tentara ke pemukiman warga, dengan dalih latihan perang. ㅤ Dari video yang direkam warga terdengar jelas bunyi senapan bertubi-tubi pic.twitter.com/fUHDLfdI5J
#JogjaDaruratAgraria @JDAgraria
Sumber: Warga Daerah Konflik Tanah di Pasuruan Timur ㅤ Lokasi Latihan di Desa Wates dan Pasinan, Kec. Lekok (90% luasan wilayah diklaim oleh aparat tsbt), Kab. Pasuruan #pasuruan #pasuruandaruratagraria #daulatrakyat
@bennybenno @anewbennybenno
@JDAgraria Latihan fisik ? di area permukiman warga? Padahal hari ini, kita kemungkinan dihadapkan dengan ancaman perang asimetris, kita musti lebih waspada.
Saya siapa? @Yosinugroho3
@JDAgraria TNI kuat bersama Rakyat. Rakyat yang mana?
Sepeda @4sqa
@JDAgraria @RaymondYogi cuma negara +62 yg ngejadiin tempat tinggal warganya sebagai objek latihan perang. Orang gilaaaa lo semua saraappppp. Gak tau rasanya trauma denger suara senjata kali yaaaaa herannnn emoasi liat video ini 👿👿👿👿
Human @septianipujir16
@JDAgraria @AbangAmmar10 Sumpah beneran mo nnya. Emang indonesia gk punya lapang buat latihan? Sampe masuk ke pemukiman warga!. Terus itu lapangan penerbangan pondok cabe knpa gk dipake buat latian aj ketimbang cuma buat naro bangke pesawat tni au. Luas bngt loh itu, dari pda hrus ngebahayain masyarakat!
Muhammad Bustommy @Bustommy77
@JDAgraria Itu sudah biasa terjadi, aku tau sndiri kalau sering latihan di daerah kecamatan lekok. Pasti ada himbauan terkait latian, insya Allah sudah sesuai prosedur. Jadi jangan seolah olah mengadu domba TNI dan Rakyat yaa. Sama-sama menjaga..
Wawan hermawan @hermawn_wawan
@JDAgraria Di desa2 di alas tlogo emang sering kayak gini. Udah banyak korban
resa @hamoeba_
@Wawan_yoman @arinadinahanifa @JDAgraria Setauku nih ya,klo latian gt tentara yg suruh jalan jauh bgt gt. Ada soalnya waktu itu yg pos dr daerah an pantai goa cemara. Padahal kagak ada markas tuh sekitar situ. Mana jauh bgt dr kota
satrio piningit @band_83
@JDAgraria Itu hal yg biasa latihan di pemukiman karena latihan militer dilaksanakan sesuai dg tema dan kemungkinan yg dihadapi, jadi jangan asal posting croscek dahulu ke sumbernya..
Ani Hasibuan @tondimuh9
@JDAgraria @elisa_jkt Sy rasa itu bagian dari training kesiagaan militer. Mereka memang harus selalu dirawat sense of crise n emergencynya. Salah satunya dg cara spt ini. Sebaiknya ditelaah dulu sebelum diposting dg nada negatif. Terima kasih
Kasan Kurdi @KasanKurdi
@JDAgraria Biasa wae bung, jenenge latihan perang kota. nang sleman biyen yo pernah ngono kui, bahkan mlebu pasar Balangan dan cah cah cilik malah do nonton. Bar kui do golek selongsong peluru.
Ara Beringin @araberingin
@JDAgraria Min, ga usah suudzon. itu memang latihan kok bukan intimindasi

Warga Desa Wates, Kecamatan Lekok, kabupaten Pasuruan, Selasa (19/11) siang, dikagetkan oleh bunyi rentetan tembakan. Suara tersebut berasal dari senjata sejumlah sosok berseragam militer yang berlatih perang di sekitar pemukiman warga.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Divisi Tanah dan Lingkungan YLBHI-LBH Surabaya, Moh Soleh. Berdasarkan laporan warga yang diterima pihaknya, suara tembakan tersebut terjadi sekitar pukul 12.00-14.00 WIB.

"Informasi kita dapatkan sekitar pukul 12.00-14.00 WIB, kita dikirimi video itu oleh warga, yang kemudian terlihat ada latihan militer di tengah pemukiman warga," kata Soleh, Rabu (20/11)

Mendapatkan laporan itu, Soleh pun langsung mendatangi lokasi. Kemudian diketahui bahwa latihan militer tersebut tak disertai dengan laporan terhadap Kepala Desa Wates dan para warga setempat.

"Setelah kita datangi ke lokasi, memang menurut warga, itu tidak ada pemberitahuan sebelumnya bahwa akan ada latihan di tengah pemukiman warga. Warga sempat kaget juga karena di siang hari waktu mereka istirahat, anak-anak madrasah juga lagi bersekolah dan kaget," kata dia.

Kendati tak ada korban jiwa dan kerusakan rumah warga, LBH Surabaya mengecam aksi latihan militer di tengah pemukiman itu. Menurut Soleh hal itu tentu menimbulkan trauma bagi warga setempat.

Soleh berencana melaporkan hal ini ke Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM). Ia menilai oknum tentara yang berlatih militer di wilayah pemukiman warga telah mengganggu hak atas rasa aman dan ketentraman.

"LBH Surabaya sangat mengecam tindakan latihan militer di tengah pemukiman warga, yang terjadi di desa Wates, Lekok, Kabupaten Pasuruan itu. Tentu itu melanggar pasal 28G UUD 1945, yang mengatur tentang hak atas rasa aman dan ketentraman" ujar Soleh.

Soleh menganggap pelaporan ini diperlukan sebab pada Juli 2019 lalu, seorang warga Desa Semedusari, Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan, terluka akibat peluru nyasar. Desa Semedusari sendiri terletak tak terlalu jauh dengan Desa Wates.

Kedua Desa tersebut, kata Soleh, merupakan dua dari sepuluh desa di Kecamatan Lekok dan Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan, yang bersengketa dengan Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) TNI AL.

"Kita akan mendorong Presiden Joko Widodo, untuk segera menyelesaikan konflik yang terjadi di 10 desa di Kabupaten Pasuruan tersebut, karena kalau kemudian konflik ini tidak segera diselesaikan tentu akan kemudian mengancam ribuan warga yang ada di sana," kata dia.

Pihak TNI dan Polri belum memberi tanggapan perihal latihan militer ini.

URL nasional 1046 LBH Surabaya Ungkap Latihan Militer di Permukiman Pasuruan LBH Surabaya menyebut latihan militer terjadi di dekat pemukiman warga di Pasuruan, Jatim, kemarin, tanpa pemberitahuan kepada kepala desa setempat.
Robbie @thenampale
Ini maksudnya agar warga dapat ikut 'menikmati sensasi' daerah konflik jg ya? Absurd LBH Surabaya Ungkap Latihan Militer di Permukiman Pasuruan cnn.id/449851
Nopicchio @nopicchio
@hafidzhendrawan Kl rumahku sih dekat dg tmpt latihan militer, hal begitu udah familiar. Udah hafal dg bunyi bom. Apalagi kl pas ada latihan gabungan dg negara lain, sehari depan rumah bs dilewati puluhan tank.

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.