1
Gui Ernald @guiernald
KAMPUNG KAKEK Kisah ini bukan aku yang mengalami. Ini cerita seorang kawan yang kebetulan aku tahu lokasinya. Cerita ini aku rekonstruksi, supaya alurnya lebih runut. #bacahorror @bacahorror pic.twitter.com/0M1lGCh0q8
Expand pic
Gui Ernald @guiernald
@bacahorror Sebut kawanku Bayu. Bayu lahir dan besar di kota S. Perjumpaannya dengan desa terbilang sangat jarang. Paling sering ketika dia diajak ayahnya mengunjungi desa kelahiran ayahnya di daerah K setiap lebaran. Tapi tentu acara seperti itu paling-paling hanya sehari dua hari.
Gui Ernald @guiernald
@bacahorror Tapi ketika pergantian semester 1 ke 2 ketika dia kuliah, dia sempat mengalami sakit cukup parah terkait pernapasan. Mamanya tahu bahwa sakit itu diakibatkan karena Bayu yang sebenarnya diam-diam sudah merokok. Mama sering mencium bau rokok dan menemukan tembakau di baju-bajunya.
Gui Ernald @guiernald
@bacahorror Bayu tidak bisa mengelak. Ketika diroentgen terdapat beberapa flek di paru-parunya. Dia harus dirawat di RS selama 3 minggu. Sepulang dari RS dia diminta untuk berapa di ruangan yang lebih sejuk. Selama beberapa minggu tidak diperkenankan ke tempat yang terpapar asap jalan dll.
Gui Ernald @guiernald
@bacahorror Orang tua Bayu, karena mereka sebenarnya keluarga cukup mampu, merekasudah memasang AC di seluruh rumah. Tapi dasarnya Bayu, dia tidak bisa hanya duduk tenang di rumah. Adik perempuannya, yang sudah masuk SMA juga sering mengejek, 'jago kok jago bengek!' dia lama-lama kesal juga.
Gui Ernald @guiernald
@bacahorror Akhirnya ayah dan mamanya berpikir untuk membawa Bayu ke desa orang tua ayahnya. Kebetulan desa itu dikelilingi perkebunan kopi dan coklat serta hutan di sekitarny masih tergolong lebat. "Aku itu gak suka di sana lo, yah!" "Lah apa ya kamu lebih suka kalau tambah parah?"
Gui Ernald @guiernald
@bacahorror "Sinyal aja terbit terbenam semaunya sendiri." ujar Bayu, "kalau ada apa-apa urusan kampus gimana?" Mamanya menambahi ayahnya, "Bayu, sehat itu lebih penting, cuti dulu saja semester depan ini. Apa gunanya nanti jadi arsitek tapi sakit-sakitan?" "Iya, nak, sekalian jaga kakek."
Gui Ernald @guiernald
@bacahorror Bayu tambah meradang, "Itu kan alasan sebenarnya, biar kakek ada yang nemenin." Mama, "Ya gak lah! Biar kamu sehat kok! Ya apa sih arek iki, dikandhani kok angel!" Ayah, "Wong kamu di sana lo ya paling cuma 1 bulanan, gak akan ganggu kuliah. Lagian jaga kakek apa salahnya."
Gui Ernald @guiernald
@bacahorror "Aku itu tiap kali ke sana itu kayak perasaanku gak enak, Yah!" "Perasaanmu itu enak cuma kalau lagi main game online!" Sosor Sara, adiknya. "Cilik-cilik melok ae!" "Puasa main, Mas! Sekali-sekali hidup prihatin." "Coba kamu yang ke sana." "Lah lapo wong aku gak lara kok!"
Gui Ernald @guiernald
@bacahorror "Nanti kan di rumah ada Pak Lik Buadi sama Bu Lik Semi. Mereke mesthi seneng kalau kamu ke sana." Pak Buadi adalah adik dari ayah Bayu. Dia sudah menikah dengan Bu Semi 12 tahun tetapi belum juga dikaruniai anak. Karena itu ketika ada saudara yang datang ke sana membawa anak ...
Gui Ernald @guiernald
@bacahorror ... biasanya mereka akan sangat senang. "Di sana itu tugas kamu cuma satu, Bayu," tambah Mama, "tugas kamu itu jadi sehat. Kalau sudah sehat ya sudah balik lagi. Nanti biar mama sama Sara yang bantu ngurus urusan kampus wis." Merasa bahwa dia tidak akan menang, Bayu diam saja.
Gui Ernald @guiernald
@bacahorror Besoknya Bayu dan keluarganya berangkat ke desa P, tempat tinggal kakeknya. Desa tersebut memang cukup jauh dari kota. Untuk sampai kota K yang terdekat, mereka harus perjalanan mobil dua jam. Kota kecamatan terdekat P2, harus ditempuh dalam satu jam lebih.
Gui Ernald @guiernald
@bacahorror Anehnya, ketika mulai masuk kota P2 (perjalanan dari kota S ke desa P harus melewati P2), Bayu merasa tubuhnya semakin dingin. Keringat yang menetes-netes dari tubuhnya justru membuatnya semakin menggigil. Sara yang mengetahui itu pertama kali, "Ma, Yah! Mas Bayu kok pucat se!"
Gui Ernald @guiernald
@bacahorror Tapi yang terjadi, Bayu justru tersenyum-senyum sendiri. Dia menggaruk-garuk belakang lehernya. Lalu tiba-tiba tertawa-tawa. "Mas!" Sara menggerak-gerakkan badan kakaknya. Walaupun matanya membuka jelas Bayu tidak benar-benar sadar. "Mulih, Sar..." Sesudah mengatakan ...
Gui Ernald @guiernald
@bacahorror ... itu, Bayu tiba-tiba muntah-muntah sangat banyak. Seluruh mobil tengah penuh dengan muntahnya Bayu. Dia juga terbatuk-batuk. Beberapa titik darah memercik ke bajunya dan Baju Sarah. Melihat itu semua orang panik. Mobil dibelokkan ke RSUD terdekat. Bayu digandeng masuk.
Gui Ernald @guiernald
@bacahorror Setelah pemeriksaan diketahui bahwa darah tersebut berasal dari fleknya. Bayu disarankan untuk dirawat inap dulu beberapa hari sampai kondisinya kembali stabil. Ayahnya segera menelpon kantor, meminta ijin untuk beberapa hari. Siapa tahu Bayu akan lama di RS tersebut.
Gui Ernald @guiernald
@bacahorror Tapi yang aneh adalah sore harinya tubuh Bayu sudah nampak sangat sehat. Tidak nampak bahwa dia tadi sempat mengalami sakit yang demikian. Dokter dan perawat jaga juga kaget dengan keadaan Bayu. Tapi demi amannya, Bayu diminta untuk tetap istirahat dulu, paling tidak 3 hari.
Gui Ernald @guiernald
@bacahorror "Mas Bayu gak pingin ke P ya?" Bayu berjalan di selasar RS tersebut bersama Sara yang menggelindingkan tiang infusnya. "Gak lah gak apa-apa." "Aku ikut merasa bersalah kemarin ikut manas-manasin. Mas Bayu tadi bilang mulih (pulang). Kepingin pulang ta?" "Hah? Gak lah ...
Gui Ernald @guiernald
@bacahorror ... sapa juga pingin pulang? Aku pikir bener Mama sama ayah. Mending sehat aja dulu." "Lah tadi itu?" Justru Bayu yang kelihatan bingung dengan apa yang dikatakan Sara. "Ya wis, nanti tiap Minggu tak sambangi Mas." Sara tersenyum. Tiba-tiba seorang anak kecil berjinjit...
Gui Ernald @guiernald
@bacahorror ... berjalan di sebelah Bayu. Anak itu menoleh kepada Bayu, tersenyum sangat lebar. Lalu berlari ke kamarnya. "Siapa anak itu tadi Sar?" "Anak mana?" "Itu tadi, yang lari masuk kamar." Sara melihat pintu kamar yang tertutup. Mengangkat bahunya. "Memangnya ada berapa orang ...
Gui Ernald @guiernald
@bacahorror ... yang dirawat di kamarku, Sar?" "Dua orang tok to. Tadi cari yang paviliun lagi habis kamarnya, tinggal kamar kelas 1." "Yang sakit sebelahku sapa?" "Orang dari J, gangguan lambung apa gimana gitu katanya." Tiga hari kemudian, Bayu keluar dari RS, tapi Bayu tidak pernah...
Gui Ernald @guiernald
@bacahorror ... melihat anak kecil itu lagi. --- "Lihat kamu datang disambut jathilan (kuda lumping)." Kata mama bersemangat. "Mana ada! Itu orang punya gawe kali, Ma!" Jawab Bayu. "Eh, Yah!" Teriak Sara kepada ayah, "Cepetan ke kakeknya, aku pingin nonton ini, nanti keburu abis."
Gui Ernald @guiernald
@bacahorror "Halah tontonanmu!" Bayu mengumpat, "Jarene arek S, tapi jiwanya jiwa P." "Ye, apa salahnya? Ini itu melestarikan kebudayaan tahu." "Iya lagian apa bedanya jathilan sama acara-acara pengusiran hantu di TV-TV itu." Ayah menimpali, "Beda kemasan saja." "Sok kota kamu mas ...
Gui Ernald @guiernald
@bacahorror ... wong arek S ae lo! Jange nek tinggal nang Los Angeles ngunu lo sombong gak apa-apa." ejek Sara. Kakek kelihatan sangat senang ketika Bayu datang. Paklik dan Bulik juga sudah menunggu. "Sepurane (maaf) ya Paklik dan Bulik kemarin gak bisa sambang ke RS, simbah (kakek) ...
Gui Ernald @guiernald
@bacahorror ... juga pas ngedrop kemarin." ujar Paklik. "Loh kok Pak Lik tahu kalau aku masuk RS lagi." Paklik, "Di sini juga ada sinyal Yu, di bawah bambu-bambu di sana itu." "Tapi ya cuma di sana aja." Bulik menambahi, "Ya ampun, Sara tambah ayu, cah!" "Piye, bapak?" Ayah bertanya...
Load Remaining (190)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.