3
Kamal Reza @andikamalreza
Apa itu kapitalisme & komunisme? Apa pula itu Marxisme? Apa yg cocok bagi Indonesia, apakah komunisme atau kapitalisme? Apakah komunis itu Atheis? Mengapa komunisme ditolak? Nih gua coba jelasin dgn sederhana. *PERBEDAAN MARXISME, KAPITALISME, KOMUNISME & SOSIALISME* A Thread- pic.twitter.com/lj1q4haPTu
Expand pic
Kamal Reza @andikamalreza
Lu & kita semua kan butuh duit nih, tapi cara untuk dapetin duit itu gimana enaknya. Maka dibuatlah suatu sistem ekonomi, yakni sistem yg mengatur aktivitas jual-beli antar sesama kita (perekonomian). Nah, ada orang bernama Adam Smith muncul dgn ide Kapitalismenya pada 1776. pic.twitter.com/MAsYBY2J3c
Expand pic
Kamal Reza @andikamalreza
Apa itu Kapitalisme? Sederhananya, orang/kelompok yg punya modal (baik duit/barang) berhak ngurus usahanya sendiri dgn sedikit sekali perhatian dari Pemerintah, sehingga mereka bisa bersaing satu sama lain. Kapitalisme muncul dgn hasil, yg punya modal berhak dapet untung lebih.
Kamal Reza @andikamalreza
Tapi konsep ini dinilai sama orang lain kalau "yg kaya semakin kaya, yg miskin semakin miskin". Lu bayangin, Pemerintah ga banyak urus usaha para pemodal yg punya duit ini. Pemodal kan mau dapet duit lebih, akhirnya mereka bersaing dong sama pemodal lain. Produksi ditingkatin. pic.twitter.com/8l8U9liGMH
Expand pic
Kamal Reza @andikamalreza
Lu kebayang kalau produksi ditingkatin? Pasti pekerjanya digenjot lagi dong tenaganya. Sedangkan saat itu (di beberapa negara Eropa), belum ada istilah upah minimum (UMR), apalagi batas jam kerja. Kebayang dong, lu jadi pekerja (buruh), kerja 16 jam/hari, apalagi dompet tipis? pic.twitter.com/kLO90nypHN
Expand pic
Kamal Reza @andikamalreza
Nah, ide kapitalisme ini akhirnya ditentang sama yang namanya Karl Marx melalui bukunya berjudul Das Kapital. Tuh buku ribet banget dibaca, bahasanya sulit cuy, PDFnya banyak kok beredar. Pemikiran Karl Marx akhirnya menelurkan pemikiran Marxisme. Nah dari Marxisme ini kuncinya: pic.twitter.com/jxAUdS4RTv
Expand pic
Kamal Reza @andikamalreza
Karl Marx menentang kapitalisme karena dianggap cuma membuat kaum buruh semakin dimiskinkan. Apalagi saat masa revolusi industri (1780-1850), masa di mana banyak hal berubah. Transportasi misal, kuda diganti mobil. Di pabrik, tenaga orang diganti mesin, banyak buruh dipecat. pic.twitter.com/j8PVQ5ar0v
Expand pic
Kamal Reza @andikamalreza
Marxisme bertujuan untuk membuat kita semua sama rata dalam hal mendapatkan untung. Keuntungan cuma dimilikin sama borjuis (orang yg punya modal), sedangkan kaum proletar (orang yg bekerja di bawah pemodal) semakin tersiksa. Marxisme sendiri melahirkan Sosialisme & Komunisme. pic.twitter.com/miUa0m6EHm
Expand pic
Kamal Reza @andikamalreza
Sosialisme sendiri beda sama komunisme, meski tujuannya sama yakni kita semua sejahtera sama rata. Sosialisme berpikir kalo kekuatan ekonomi & politik dimiliki oleh negara, termasuk perusahaan. Jadi, negara punya modal & atur perusahaan, kita tinggal bekerja sesuai kemapuan kita
Kamal Reza @andikamalreza
Sosialisme juga berpikir bahwa kita dibayar (dengan uang) sesuai dgn kemampuan & kontribusi kita. Nah bedanya sama komunisme, ga ada uang sama sekali dalam prakteknya. Jadi konsep negara, duit, perbedaan strata itu ga ada, kita semua sama. Kita pun ga boleh beli barang pribadi. pic.twitter.com/87MQiuTIQq
Expand pic
Kamal Reza @andikamalreza
Nah, jadi kapitalisme (disebut gerakan kanan) & sosialisme (disebut gerakan kiri) jelas berbeda, sedangkan komunisme adalah bentuk ekstrim daripada sosialisme, meski sama2 ada di gerakan kiri. Bisa dibilang, lu bisa aja sosialis, tapi ga setuju komunis. Intinya gitu sih. pic.twitter.com/5wfMoWyRpg
Expand pic
Kamal Reza @andikamalreza
Banyak orang bilang, Komunis anti Agama. Sebenernya itu salah besar. Marx pernah bilang bahwa "agama itu adalah candu", tapi kalimatnya ga dimulai dari situ. Awalnya: "Agama adalah keluh kesah dari mahluk tertindas, hati dari dunia tak berhati & jiwa dari keadaan tak berjiwa..." pic.twitter.com/S80aazsTgq
Expand pic
Kamal Reza @andikamalreza
"Marx bahasanya lebay kaya anak kopi senja." Mungkin jenggotnya ga setipis Fiersa Besari, tapi Marx mengatakan itu, karena opium di abad 19 adalah "obat yg baik" bagi para buruh. Buruh bisa lupa masalahnya di dunia kalau abis nyandu, makanya dulu opium/candu punya makna positif. pic.twitter.com/5eq8DcOve6
Expand pic
Kamal Reza @andikamalreza
Nah, begitu juga makna yg dimaksud Marx yg bahasanya kaya anak Indie ini. Bagi dia, agama bisa menjadi "obat" bagi jiwa2 yg tertindas. Orang bermasalah jadi lupa akan bebannya jika memiliki candu ke agama. Pada waktu itu, kata2 itu ia tujukan jg sebagai kritik ke orang2 Gereja.
Kamal Reza @andikamalreza
Jadi waktu itu, praktek beragama di Gereja abad 19 sangat korup. Pendeta bersekongkol dgn pemerintah untuk sama sama memiskinkan masyarakat. Ceramahnya selalu bilang "kalian miskin gapapa, yg penting masuk syurga", sedangkan mereka menjual surga di Gereja. Marx mengkritik itu. pic.twitter.com/aXClNaqkAX
Expand pic
Kamal Reza @andikamalreza
Nah, maka dari itu, jelas bahwa Komunis sendiri menghormati adanya agama, tapi mengkritisi praktek jual beli atas dasar agama. "Tapi Muslim Hui & Uyghur disiksa cuk!!!" Nah balik lagi, Komunisme menawarkan konsep pemimpin diktator, yakni pemimpin yg berkuasa sendirian.
Kamal Reza @andikamalreza
Kalo itu sih balik lagi ke pemimpinnya, dia rasis atau nggak. Tahun 1900an, Partai Bolsheviks di Rusia yg sangat kiri, justru didukung oleh komunitas Muslim Rusia. Lenin, salah satu tokoh Komunis Rusia, justru mendukung Muslim saat Kristen Orthodox & pemerintah menyerang mereka. pic.twitter.com/TUJxY7QHhM
Expand pic
Kamal Reza @andikamalreza
Sekarang kembali ke pertanyaan: Indonesia cocoknya ambil yg mana sih? Hmm menurut gua sih Pancasila yg dianut oleh Soekarno yg sangat nasionalis, agamis, & sosialis sudah sangat cocok diterapkan di Indonesia, meski pun belum diterapkan dgn baik ya kayaknya, iya ga sih? hahaha 😀 pic.twitter.com/PSKDqZDLCy
Expand pic
Kamal Reza @andikamalreza
Dan yg terakhir, kenapa sih komunisme ditolak di Indonesia? "Komunisme gua rasa punya itikad yg baik, tujuannya juga bagus kok diliat. Kenapa ga diterapkan aja sih di sini?" Hmm ini agak sulit pertanyaanya, karena bener2 jelimet kalo gua jelasin, tapi coba gua ringkas. Gini..
Kamal Reza @andikamalreza
Pertama, gue mau bilang karena ini juga ada permainan politik. Dah baca dong thread gue yg ini? Intinya, Indonesia punya aset besar bos di kawasan Asia. Saat perang dunia ke 2, Amerika & Uni Soviet (sekarang Rusia) tentu jadiin kita rebutan. Jelasnya ini. twitter.com/andikamalreza/…
Kamal Reza @andikamalreza
Kedua, agak ngeri2 sedap juga sih untuk nerapin sistem komunis di sini. Musso (salah satu pemimpin PKI dulu), pas tahun 1948 mimpin pemberontakan untuk ngebuat "Soviet baru" di Indonesia, yg pas itu Hatta kesel, karena ga mau ganggu perang Amerika & Rusia historia.id/politik/articl…
Kamal Reza @andikamalreza
Ketiga, gampang sih, komunisme itu kayak buah simalakama. Baek lu kalo dapet pemimpin yg pro rakyat & bakal belain kesejahteraan lu. Kalau pemimpinnya semena mena kayak Korut? Diktatornya naujubileh udah. Mau lu sujud2 depan patung presiden tiap minggu, terisolir dari dunia luar? pic.twitter.com/ZncbvIwtGH
Expand pic
Kamal Reza @andikamalreza
Ya akhirnya balik lagi sih. Dunia tuh berubah sesuai dengan kemampuan & kebutuhan kita. Meski pun kita sekarang menganut sistem ekonomi kapitalis, tapi sejauh ini Pemerintah cukup serius kok bantu kita dengan dinaikkannya UMR di beberapa daerah, btw Jogja tapi masih dikit yak? :( pic.twitter.com/NSciCk0K0e
Expand pic
Kamal Reza @andikamalreza
Kapitalisme & komunisme sama2 bagus. Asal dijalani oleh orang yg jujur & setia akan nilai yg dipegang. Amerika & negara barat lain yg menganut kapitalisme sekarang jadi negara yg cukup berkeadilan lah. China yg menganut komunisme, HP & produk lain bisa bikin sendiri loh hebat. pic.twitter.com/d0FbQdP6Mk
Expand pic
Kamal Reza @andikamalreza
Ini thread udah gua mudahin bahasanya. "KnApA Ga BaHas mARhAenIsmE?! Ga bAHaS PKI di PeMiLu?! ChInA JuGa SkRg Ga SpEnUHnYa kOmUnIS!" Cot netijen. Akun gua buat yg awam sama politik aja, biar lebih paham dgn mudah. Bikin thread aja sono kalo lu punya poin. Makasih udah baca :)
Load Remaining (13)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.