0

Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki pancaran sinar matahari selama 365 hari dalam setahun. Namun, bukan berarti tanah air tercinta ini tidak memiliki pergantian musim. Ada dua musim yang dialami Indonesia, yakni kemarau dan penghujan, serta musim pancaroba yang menjadi transisi di antara keduanya. Pada musim pancaroba, cuaca yang tak menentu bukan hanya mengancam kesehatan fisik saja, tetapi juga kesehatan kulit. Pasalnya, cuaca memiliki pengaruh yang cukup besar pada kondisi kulit. Untuk menghindari masalah kulit yang tidak diinginkan, ada baiknya Anda

Melakukan 5 langkah perawatan kulit di musim pancaroba berikut.
Gunakan hydrating cleanser

Proses membersihkan muka yang optimal dapat mengangkat segala kotoran, polusi, dan sel-sel mati yang menumpuk di permukaan kulit. Akan tetapi di kala pergantian musim ini, Anda membutuhkan produk yang lebih dari sekadar pembersih wajah.

Ada beberapa cleanser yang mengandung bahan-bahan yang tergolong cukup kasar untuk permukaan kulit dan dapat mengikis kelembapan alami kulit. Oleh karena itu, penting untuk mencari cleanser dengan kemampuan membersihkan yang baik sekaligus mengandung bahan aktif, seperti hyaluronic acid, yang bisa mengunci kelembapan kulit.

Pilih serum dengan kandungan anti-oksidan

Seperti yang sudah Anda ketahui, anti-oksidan merupakan molekul yang mampu menangkal dampak buruk dari radikal bebas. Anti-oksidan bisa hadir dalam beberapa bentuk mulai dari vitamin, coenzym, hingga ekstrak tumbuhan. Nah, untuk merasakan manfaat maksimal dari anti-oksidan, Anda bisa memilih produk berjenis serum. Berkat partikel nano, serum mampu menembus lapisan epidermis dan menghantarkan bahan aktif yang dibutuhkan kulit

Ada tiga jenis anti-oksidan dalam bentuk vitamin yang cocok digunakan pada musim pancaroba, yaknivitamin C,vitamin A, dan vitamin B3 atauniacinamide. Vitamin C merupakan bahan aktif yang krusial bagi metabolisme kolagen di lapisan kulit. Penggunaannya pun sangat baik jika dilakukan di pagi hari karena dapat meningkatkan kemanjuran sunscreen.

Sementara itu, vitamin A sangat baik jika digunakan pada malam hari karena dapat mengatasi kerusakan yang diakibatkan paparan sinar UV, memperbaiki jaringan kulit agar lebih kuat, serta menambah pertahanan lapisannya. Terakhir, ada niacinamide yang dapat mencegah kulit kehilangan hidrasi secara berlebihan sekaligus meningkatkan ketahananskin barrier.

Dapatkan Produk Perawatan Kulit Melalui Marketplace di Bawah ini

Klik Lazada
Klik Tokopedia
Klik Bukalapak
Klik Shopee
Klik JDid

Siap sedia face mist

Di tengah musim yang sedang berganti, cuaca bisa jadi sangat tak menentu dan berpotensi mengganggu kadar hidrasi pada lapisan kulit. Karena itu, tak ada salahnya untuk menyiapkanface mistdi dalam tas atau di meja kantor, agar bisa dipakai kapan pun dibutuhkan.

Produk yang satu ini cukup unggul karena tetap bisa digunakan, bahkan saat Anda memakai makeup sekalipun. Tak hanya memberi kelembapan yang dibutuhkan kulit, face mist juga dapat mencegah makeup luntur atau pudar. Untuk hasil yang maksimal, semprotkan face mist ke area wajah dan leher tiap kali Anda merasa membutuhkan kesegaran dan kelembapan ekstra untuk kulit.

Dapatkan Produk Perawatan Kulit Melalui Marketplace di Bawah ini

Klik Lazada
Klik Tokopedia
Klik Bukalapak
Klik Shopee
Klik JDid

Memakai face oil

Bukan cuma serum, face oil pun bisa menjadi alternatif perawatan kulit saat musim pancaroba. Apabila kulit masih terasa kering dan tertarik setelah dibersihkan, Anda bisa menambahkan 1-2 tetes face oil ke dalam pelembap untuk hidrasi ekstra pada kulit.

Kandungan ekstrak tumbuhan di dalam face oil juga bisa menjadi nutrisi tambahan agar skin barrier Anda lebih kuat. Beberapa face oil sepertirosehip oil, apricot kernel oil, dan macadamia oil sangat cocok digunakan pada cuaca yang kurang menentu seperti saat ini.

Rutin eksfoliasi

Tidak ada kulit glowing yang bisa dicapai tanpa proses eksfoliasi, baik itu menggunakan physical exfoliator maupun chemical exfoliator. Eksfoliasi merupakan proses peluruhan sel kulit mati, tumpukan kotoran, hingga minyak yang terperangkap dalam pori-pori. Jika Anda masih ragu, coba gunakan PHA sebagai eksfoliator karena tergolong cukup lembut, bahkan untuk kulit sensitif sekalipun. Eksfoliasi juga dapat mengurangi tumpukan residu makeup dan produk perawatan kulit yang Anda gunakan setiap harinya.

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.