0

Sepertinya memang sudah sepantasnya jika kelapa dinobatkan sebagai tumbuhan serba bisa. Pasalnya, hampir semua bagian dari pohon kelapa dapat memberikan manfaat bagi manusia. Utamanya ekstrak kelapa dalam bentuk minyak yang lebih populer dengan sebutan coconut oil. Tentu Anda sudah familiar dengan penggunaan coconut oil sebagai bagian dari skin care. Namun, tak hanya itu lho, ladies! Coconut oil juga memiliki banyak manfaat untuk perawatan rambut Anda. Penasaran? Simak artikel ini selengkapnya untuk tahu manfaat coconut oil untuk rambut, ya!

Menyuburkan dan memperkuat rambut

Salah satu manfaat utama coconut oil untuk rambut adalah perlindungan yang ditawarkan. Melalui aktivitas harian di mana rambut terpapar sinar UV dan polusi, tak heran jika Anda kerap menemukan helaian rambut di lantai atau di sisir. Hal ini disebabkan oleh hilangnya protein pada rambut. Helaian rambut yang kekurangan protein akan lebih mudah patah dan rontok. Menurut sebuah studi, coconut oil sangat kaya akan lauric acidyang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan hormon dan sel sehingga dapat memperkuat ketahanan rambut dari akarnya. Selain itu, struktur coconut oil dapat terserap lebih baik dibanding beberapa oil lainnya.

Membantu mengenyahkan ketombe

Sel-sel kulit mati dapat dengan mudah menumpuk di kulit kepala. Dalam kondisi lembap dan berminyak, seluruh penumpukan material di lapisan kulit terluarnya adalah lingkungan yang suportif untuk pertumbuhan jamur yang dapat menyebabkan ketombe. Sementara itu coconut oil memiliki kandungan anti-mikroba yang berguna untuk mengatasi permasalahan kulit kepala seperti ketombe.

Dapatkan Produk Perawatan Rambut Melalui Marketplace di Bawah ini

Klik Lazada
Klik Tokopedia
Klik Bukalapak
Klik Shopee
Klik JDid

Berikan kelembapan maksimal

Penggunaan alat styling rambut yang terlalu sering dapat menyebabkan helaiannya lebih frizzy dan kering. Selain itu, pada saat keramas lapisan lipid yang melapisi helaian rambut juga dapat terkikis dengan mudah. Akibatnya, rambut pun terasa kasar dan kehilangan kilau alaminya. Untuk mengatasi hal ini rambut butuh kelembapan dan coconut oil adalah bahan yang paling tepat untuk itu. Menurut sebuah riset, kandungan vitamin E yang sangat banyak pada coconut oil mampu melapisi helai rambut Anda dan menjaga kelembapannya.

Proteksi dari paparan sinar UV

Siapa bilang rambut tak butuh proteksi dari sinar UV? Sebagai bagian tubuh pertama yang terpapar oleh pancaran radiasi matahari, rambut dapat mudah rusak saat tidak dilindungi. Anda bisa menggunakan coconut oil untuk menghindari kerusakan akibat sinar UV ini. Berdasarkan sebuah riset yang dilakukan Pharmacognosy Research, kandungan SPF 8 di dalam coconut oil membuatnya tidak mudah menguap. Aplikasikan coconut oil di kulit kepala dan rambut untuk mengurangi risiko kerusakan akibat sinar UV. Selain itu, Anda tetap bisa menjaga kandungan protein di rambut sehingga tidak mudah hilang saat beraktivitas di luar ruangan.

Dapatkan Produk Perawatan Rambut Melalui Marketplace di Bawah ini

Klik Lazada
Klik Tokopedia
Klik Bukalapak
Klik Shopee
Klik JDid

Berikan warna rambut alami yang berkilau

Tentu Anda pernah melihat wanita dengan rambut kecoklatan yang bukan disebabkan oleh pewarna rambut. Nah, tahukah Anda bahwa rambut bisa dengan mudah kehilangan warna dan kilau alaminya akibat faktor perusak eksternal? Jika ini juga jadi masalah Anda, maka menggunakan coconut oil yang dicampur dengan bubuk kopi dapat mengatasi hal tersebut. Partikel coconut oil yang ringan dapat menembus lapisan kulit sehingga mengembalikan warna gelap rambut alami. Semakin lama Anda menggunakan campuran keduanya maka akan semakin kuat warna gelap yang dihasilkan.

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.