0

Seringkali jika berbicara tentang skin care, pria dikesampingkan dari topik karena dianggap tidak memahami perawatan kulit. Jarak antara pria dan skin care pun semakin jauh karena adanya stigma bahwa pria yang menggunakan skin care dengan rutin bukanlah pria sejati. Padahal skin care bukan sekadar membuat wajah mulus dan cerah, tapiu juga menjaga kesehatan kulit agar terhindar dari berbagai masalah dan penyakit.

Selain stigma tentang citra diri, menggunakan beberapa produk untuk wajah mungkin bisa dianggap ribet bagi sebagian pria. Padahal kulit tidak akan optimal kondisinya jika hanya menyentuh sabun muka setiap hari. Nah, bagi Anda yang tertarik untuk memperkenalkan skin care pada pasangan maupun orang terdekat, yuk simak aturan perawatan wajah pria, berikut ini!

Tahap membersihkan wajah

Pembersih wajah menjadi salah satu komponen utama dalam rangkaian perawatan kulit dasar. Terutama mengingat lapisan kulit pria yang cenderung lebih berminyak dibanding wanita, namun menggunakan cleanseryang memberikan efek bersih kesat justru merusak skin barrier. Pembersih seperti itu akan mengikis lapisan pelembap alami kulit sehingga bisa menyebabkan kulit mengalami dehidrasi. Karena itu diperlukan face wash atau cleanser yang memiliki fungsi melembapkan sekaligus salicylic acidatau witch hazeluntuk mengontrol produksi minyak berlebih.

Dapatkan Produk Perawatan Wajah Pria Melalui Marketplace di Bawah ini

Klik Lazada
Klik Tokopedia
Klik Bukalapak
Klik Shopee
Klik JDid

Hidrasi kulit melalui toner

Jika Anda memiliki permasalahan dengan jerawat, maka toner bisa menjadi salah satu solusi kulit yang bebas dari jerawat. Pilihlah toner dengan kandungan AHA/BHA untuk membersihkan pori-pori Anda dari berbagai penyebab jerawat. Terutama dengan aktivitas pria yang dapat menjadi faktor utama pertumbuhan jerawat dan kulit yang berminyak. Dengan produksi minyak yang berlebihan kulit akan lebih mudah kusam. Bukan cuma wanita yang dapat terganggu dengan permasalahan kulit seperti jerawat, kulit berminyak, dan kulit kusam.

Eksfoliasi sel-sel kulit mati

Kebanyakan pria yang saya kenal tidak paham pentingnya eksfoliasi pada lapisan kulit. Mungkin pria yang Anda kenal juga seperti itu? Padahal banyak sekali kegiatan pria yang memicu penumpukan kotoran, keringat, polusi, dan sel-sel kulit mati pada wajah. Eksfoliasi secara rutin sangat penting dilakukan, namun untuk mencegah iritasi pada permukaan kulit ada baiknya jika Anda atau pria yang dikenal menggunakan chemical exfoliator yang umumnya mengandung AHA.

Dapatkan Produk Perawatan Wajah Pria Melalui Marketplace di Bawah ini

Klik Lazada
Klik Tokopedia
Klik Bukalapak
Klik Shopee
Klik JDid

Menjaga kelembapan kulit

Kulit yang terasa lengket setelah menggunakan moisturizerbisa jadi salah satu alasan mengapa pelembap dianggap sebagai tahapan perawatan wajah yang justru menambah minyak pada wajah. Akan tetapi tanpa pelembap kulit justru akan kekurangan hidrasi dan berakhir dengan meningkatnya produksi kelenjar minyak untuk mencegah kulit dehidrasi. Untuk mengatasi ini sudah banyak formula pelembap dengan kandungan hidrasi tinggi namun bertekstur ringan. Beberapa bahkan merancang pelembap dengan tekstur gel atau lotion yang lebih mudah menyerap di kulit tanpa menyisakan residu minyak di permukaanya.

Perlindungan terhadap kulit

Terlepas dari gender, semua orang sudah seharusnya rutin menggunakan sunscreen. Sinar UV yang memapar kulit setiap hari bukan saja dapat menyebabkan kanker kulit tapi juga menjadi salah satu penyebab utama kerusakan kulit dan munculnya tanda-tanda penuaan. Sementara itu sunscreen adalah produk yang paling ampuh untuk menangkal dampak buruk sinar UV dan kebanyakan pria tidak memahami betul fungsi proteksi dari tabir surya. Dibanding menggunakan moisturizer yang mengandung SPF, akan lebih baik jika Anda mencari sunscreen dengan kandungan yang melembapkan.

Dapatkan Produk Perawatan Wajah Pria Melalui Marketplace di Bawah ini

Klik Lazada
Klik Tokopedia
Klik Bukalapak
Klik Shopee
Klik JDid

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.