0

Olahraga berefek baik bagi kesehatan. Energi meningkat, kesehatan tulang dan otot jadi lebih baik, bahkan meningkatkan kekuatan otak. Ternyata olahraga tak melulu urusan fisik, banyak orang aktif bergerak untuk memperbaiki suasana hati.

Secara umum negara-negara nordik seperti Finlandia, Denmark, Norwegia, Islandia dan Swedia konsisten menempati 10 besar indeks kebahagiaan.

Kombinasi antara produk domestik bruto (PDB) per kapita yang tinggi, ekpektasi tentang kehidupan yang sehat, kebebasan, hingga persepsi korupsi menjadi indikator utama bagi lembaga tersebut untuk menempatkan negara-negara tersebut dalam ranking teratas

BoE: Jika Inggris Juara Piala Dunia Akan Mendorong Ekonomi

Dua tahun sejak Inggris memutuskan cerai dari Uni Eropa alias Brexit, ekonomi negara itu melambat. Mata uang poundsterling turun tajam, mendorong inflasi naik. Seiring hengkangnya beberapa perusahaan Eropa, pertumbuhan upah menjadi stagnan. Bahkan beberapa pekerja Inggris menganggap gaji mereka menjadi berkurang.

Hal ini membuat orang Inggris menahan belanja, sehingga merusak indeks kepercayaan konsumen dan penjualan ritel. Ketika penjualan turun, maka pertumbuhan ekonomi menjadi gagap.

Kepala Ekonom Bank of England (bank sentral Inggris) Andy Haldane mengatakan, jika Inggris memenangkan Piala Dunia 2018 di Rusia maka bisa mendorong pertumbuhan ekonomi di kuartal II dan kuartal III tahun ini. Selain dorongan atas rencana BoE menaikkan suku bunga pada Juli depan, prestasi Inggris di turnamen sepakbola sejagat empat tahunan itu bakal meningkatkan belanja masyarakat, yang akhirnya menggairahkan ekonomi.

"Tanpa bermaksud mengadu nasib, keberhasilan Inggris di lapangan sepakbola akan menambah tingkat kepercayaan konsumen yang akhirnya mendukung ekonomi Inggris," ujar Haldane di hadapan Academy of Social Sciences di London.

Argumen Haldane sederhana, ketika Inggris bermain bagus di Piala Dunia, pendukung Inggris merasa lebih bahagia dan cenderung membelanjakan barang-barang bahkan untuk barang yang tidak penting. Apalagi warga Inggris merupakan 85% dari populasi Inggris Raya, sisanya warga Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara. Dan meningkatnya belanja berdampak penting pada positifnya ekonomi.

Atlet olah raga yang bahagia akan mampu menciptakan prestasi dibanding atlet yang memiliki sesuatu yang ada dipikirannya, karena mereka tidak fokus dalam pertandingan, karena tidak fokus akan membuyarkan tujuan atau GOAL.

Comment

Login and hide ads.