Sederet Pembelaan KPK Menjawab Keraguan Netizen Atas Rumor Rekayasa Kesehatan Mata Novel Pasca Penyiraman Air Keras

jadi yang benar yang bagaimana?
novelbaswedan politics kesehatan rumor kpk
0
KPK @KPK_RI
KPK menyimak beredarnya informasi-informasi keliru dan bahkan cenderung sebagai penyebaran informasi bohong tentang kondisi mata pegawai KPK Novel.
KPK @KPK_RI
Agar masyarakat mendapat informasi yg benar, maka KPK perlu menyampaikan kondisi terkini kesehatan mata Novel pasca penyiraman air keras.
KPK @KPK_RI
Novel mulai drawat di Singapura National Eye Centre pada 12 April'17.Sebelumnya,setelah penyerangan Novel dilarikan ke RS Mitra Keluarga namun langsung dipindahkan ke Jakarta Eye Center krn kemungkinan trjadi luka di kornea mata akibat kimia asam sulfat yg trkandung pd air keras.
KPK @KPK_RI
Melalui serangkaian perawatan,tim dokter berhasil membersihkan luka bakar di wajah & membersihkan residu air keras di saluran pernapasan krn terdapat luka bakar di rongga hidung.Proses penyembuhan area luar ini cenderung lebih cepat karena kemampuan regenerasi kulit yg lebih baik
KPK @KPK_RI
Kondisi seluruh selaput pelindung kornea mata Novel saat itu terbakar sehingga opsi yang dilakukan oleh dokter pada saat itu adalah menunggu proses pertumbuhan selaput mata.
KPK @KPK_RI
Namun pada faktanya pertumbuhan selaput mata kiri mengalami gangguan pertumbuhan sehingga dilakukan operasi Osteo-odonto-keratoprosthesis (OOKP).
KPK @KPK_RI
Pada mata kiri, yang dilakukan operasi OOKP, terjadi pendarahan dibalik lensa sejak 4 bulan yang lalu. Hal ini mengakibatkan pandangan menjadi gelap dan tidak bisa melihat sama sekali.
KPK @KPK_RI
Bila kondisi baik, mata kiri menjadi tumpuan penglihatan karena dapat digunakan untuk membaca dengan bantuan lensa kacamata (plus) 4, namun dengan sudut pandang penglihatan yang sempit.
KPK @KPK_RI
Selain itu, saat ini kondisi mata sebelah kanan Novel pun tidak bisa melihat jelas dan tetap menggunakan hard lens utk membantu melihat dgn lebih baik.
KPK @KPK_RI
Pada pertengahan tahun ini, tim TGPF Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) kasus Novel mengungkapkan hasil investigasi tim yang telah berjalan selama 6 bulan.
KPK @KPK_RI
Salah satunya menyebutkan bahwa zat kimia yang digunakan untuk menyiram wajah Novel ialah asam sulfat (H2S04), zat berkadar larut dan tidak pekat sehingga tidak mengakibatkan luka berat permanen pada wajah Novel. (sumber grafis : Kompas.com) pic.twitter.com/mKzqPs8QZE
Expand pic
KPK @KPK_RI
Hingga saat ini, Novel masih terus menerus melakukan pengobatan untuk penyembuhan mata kiri baik di Jakarta maupun Singapura.
KPK @KPK_RI
Hari ini (5/11) sudah lebih dari 2 tahun sejak penyerangan Novel. Sayangnya posisi Novel yang menjadi korban justru terus menerus diserang dengan berbagai tuduhan dan informasi bohong.
KPK @KPK_RI
Kepolisian masih terus mengusut kasus ini dan KPK berharap agar pelakunya segera terungkap. instagram.com/p/BfamJVuHA_5/…
Expand pic
Aloysius Hartanto @Aloysius_73
@KPK_RI Tidak pekat??? Kena kulit bisa langsung mengakibatkan luka bakar!!! Kok mukanya masih sama ya tanpa bekas sedikitpun??? pic.twitter.com/uTQlchrv5N
Expand pic

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.