4
Riz @rizkynac
Pengalaman CPNS 2017/2018 + tips CPNS + latihan soal CPNS - A THREAD - pic.twitter.com/I9sGB60BFl
Expand pic
Expand pic
Riz @rizkynac
Kalo kata orang2 yg bikin thread diawal “maaf ya threadnya berantakan” ya karna kesempurnaan hanya milik Allah semata, oke sip Tapi kalo saya bilangnya bismillah semoga membantu 🥰
Riz @rizkynac
Sebelumnya kujelasin tahapan seleksi CPNS sampe jadi PNS dulu: Seleksi admin >> SKD >> SKB >> Wawancara >> Pengumuman >> Verifikasi Berkas >> Masuk kerja >> Aktualisasi (dulu namanya Prajab) >> di sumpahin >> jadi deh PNS
Riz @rizkynac
Dulu aku daftar tahun 2017 di salah satu lembaga pemerintahan yg pusatnya ada di Jakarta. Pake ijazah D3 karna ijazah D4 belum keluar. Loh, terus ijazah D4 ga kepake dong? Iya, krn mikirnya blom tentu taun depan ada CPNS lagi, jadi ya lamar aja 😅
Riz @rizkynac
Asalku Mlg, bayangin aja bolak balik Malang - Jakarta buat tes huhu. Tes SKD ke Jkt, pulang Mlg buat wisuda D4, tes SKB ke Jkt lg, nginep di rumah kakak di Gunung Sindur, tesnya ada di Jaksel sama Jaktim, KRLan sampe jd tempe penyet 😭 musim ujan juga uwuw sekali lah masa2 itu 😭
Riz @rizkynac
Nah sebelum kalian daftar CPNS apa yg pertama kali dilakuin? Milih instansi yg kalian pengen lamar. Di tahun 2019 ini Kementrian/Lembaga/Pemda (kusingkat KLD) bakal buka lowongan. Jadi, download semua pengumuman lowongan CPNS. Atau paling ga yg menyebutkan lulusan prodi/jurusanmu
Riz @rizkynac
Dulu tuh tahun 2017 yg dibuka banyak bgt buat K/L aja, pemda belum ada, apalagi Pemda Malang belum buka. Jd aku PNSnya di K/L, bukan Pemda. Bedanya apa? Kalo aku ga punya baju seragam keki :( wkwkkw cari sendirilah beda PNS di Pemda sama K/L 😂 Seragam keki 😂 -> Src: google pic.twitter.com/KJgRJBxn5c
Expand pic
Riz @rizkynac
Abis download sorting lah mana-mana aja yg sesuai sama basic pendidikan kalian. Iya pendidikan, krn itu yg utama. Misal, aku anak D3 TI, akreditasi kampus dan prodi B. Cari lah yg sesuai itu. Cuma ada lowongan S1, yaudah langsung coret, krn ga bakal ketrima, yakin sumpah.
Riz @rizkynac
Oh iya untuk lulusan D4, cari yg menyebutkan S1/D4. Jangan yg S1 aja. Krn beberapa instansi TIDAK MENYETARAKAN S1 dan D4 😭
Riz @rizkynac
Yg penting diingat Cuma 1 LOWONGAN di 1 INSTANSI aja yg bisa kalian lamar, bukan kayak ngelamar kampus yg bisa ada cadangan2 gitu yak, jadi menentukan pilihan instansi musti hati2 . Contoh aku dulu gini, aku list mana aja yg sesuai sama prodiku dan penempatan mana. Bismillahin 😂 pic.twitter.com/xKyUmBRpNG
Expand pic
Riz @rizkynac
Oya, cek misal ada syarat khusus kyk bersedia tidak menikah dlm brp tahun, bersedia tidak berhenti selama brp tahun, formasi yg dibutuhin berapa, bersedia diapain aja 😐 pokok baca lah pengumuman itu dan digaris bawahi poin pentingnya. Make sure ga nyesel nanti kalo udh ketrima
Riz @rizkynac
Udah? Milihnya udah? Blom cuy, ngira2 peluang dulu. Cari deh instansi yg paling tinggi peminatnya. Otomatis persaingannya makin ketat. Kalo bisa bicarain sama ortu, minta doa dan sarannya supaya berkah sampe akhir. Mama makasih doain aku terus 🥺
Riz @rizkynac
Tadi itu baru tips milih instansi aja ya, sekarang baru kita masuk ke tahap seleksi pertama yaitu seleksi admin. Kalian nanti daftar CPNS melalui situs sscn.bkn.go.id, selain itu pasti penipuan. Skr situsnya blom dibuka. Seleksi ini yg terpenting itu adalah TELITI.
Riz @rizkynac
Teliti apanya? Teliti dalam mencocokan spesifikasi (kok kayak gadget) kalian sama yg dibutuhin sama KLD tsb. Misal yg paling sering gagal di seleksi admin ini, ada yg ngelamar cumlaude, tp akreditasinya B, kan yg dibutuhin A. Ada lagi yg ngelamar S1, pake ijazah D3, yaudah bye.
Riz @rizkynac
Trus siapin berkas yg dibutuhin, scan dan dinamain sesuai format, klo ga ada namain yg rapi lah pokoknya. Waktu upload, ATI-ATI. Inget kalian ga bisa ngulang upload kalo salah. Jadi, ga menerima toleransi kesalahan sekecil apapun. Ini termasuk dr tes loh. Tes ketelitian kalian.
Riz @rizkynac
Dah nih anggep lolos admin yak. LanJut SKD (Seleksi Kompetensi Dasar). Seleksi ini kyk ujian online. Terdiri dari 3 kategori TKP (Tes Karakteristik Pribadi, TIU (Tes Intelegensi Umum), TWK (Tes Wawasan Kebangsaan). Dr 2018, masing2 ini ada PGnya. Galolos 1 kategori, gagal SKD. pic.twitter.com/ew88ukZUl1
Expand pic
Riz @rizkynac
Tips: belajar dan berdoa, target jgn lolos PG aja, tp jadi peringkat 1 dr semua seleksi. Karna bnyk yg ga lolos tahap selanjutnya karna kalah peringkat padahal udah lolos PG. Sad ga sih 😭 Dulu aku ngerjain pola TKP-TIU-TWK. Dr yg paling mudah ke yg susah. Jgn sampe ada yg bolong
Riz @rizkynac
Usahain TKP baca cepet, biar TIU ada waktu buat yg soal itung2an. Cari di yutub buat cara itung cepet di soal CPNS. Banyakin vocab Bindo juga buat sinonim anonim. TWK hapalan sejarah Indonesia, UUD, keadaan Indo saat ini yah wawasan seberapa kenal lah kamu sama negaramu sendiri.
Riz @rizkynac
Ini ku drop Latihan Soal CPNS dr bosku dan dr mbak @reraa_17. Semoga membantunkalian belajar ❤️ drive.google.com/folderview?id=… drive.google.com/drive/folders/…
Riz @rizkynac
Dulu formasiku 7 orang. Yang lolos ke tahap SKB cuma 3x jumlah formasi. Jadi yg lolos saat itu 21 orang aja dr sekian ratusan orang yg ngelamar. Di tes SKD aku rangking 5 dr 21 orang. Alhamdulillah ya meski rangking diujung tanduk. Inget bgt waktu itu selesai sampe jam 9 malem 😭
Riz @rizkynac
Lanjut, take your time waktu ngerjain SKD. Semua ada timernya sendiri-sendiri. Jangan terpengaruh sama yg udah selesai duluan. Yok lanjut bahas SKB
Riz @rizkynac
Tesnya sama ujian online, ada juga yg pake kertas (jamanku dulu buat yg lulusan akuntan, itung2an gitu dikertas). Bedanya soalnya tuh sesuai sama bidang kalian. Misal aku anak TI ya soalnya seputar database, networking, programming dll. Tipsnya buka lagi materi kuliah dulu 😂
Riz @rizkynac
SKB aku rangking 2 MasyaAllah 😭 jd kenapa aku tau, tiap kalian tes itu langsung diumumin kalian lolos atau engga + nilainya. Di layar tancep gitu wkwk, ga ding, di layar TV guede. Trus nanti instansi yg ngumumin kalian rangking brp berdasarkan jabatan masing2/formasi masing2
Riz @rizkynac
Terakhir wawancara, ini sumpah deg-degan, pokok be yourself lah. Ceritain pengalan kerja kalian, atau yg fresh graduate ceritain prestasi kalian. Seingetku poin yg ditanyain pasti ga jauh2 dr ini 1. Kenapa jd PNS 2. Kenapa milih instansi ini 3. Kamu tau apa tentang instansi ini
Load Remaining (3)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.