0
KeeA πŸ‘ @softpeacxh
Kimchi Rumahan dengan Modifikasi Untuk Lidah Indo β—Œβ‘…βƒβ—β™‘β‹†β™‘ A Thread β™‘β‹†β™‘β—β‘…β—Œ pic.twitter.com/cic48zW6RD
Expand pic
KeeA πŸ‘ @softpeacxh
Perlu aku ingetin, rasa kimchi mau gimana aja tetep asem ya karna dia hasil dari fermentasi. Disini aku modifikasi untung mengurangi rasa asem yg berlebihan diganti sama rasa gurih. dan kimchi ini memang cocok kita makan waktu selesai bikin, jadi rasa asamnya ga berlebihan
KeeA πŸ‘ @softpeacxh
Bahan2 yang di perlukan cukup banyak juga. Pertama bahan sayurnya: -sawi putih ukuran sedang-besar -wortel (aku cuma pake 2, karna aku ga suka) -lobak -daun bawang -daun prei (yang besar) -Garam Karna aku mau bikin kimchi timun, jadi aku juga pake timun pic.twitter.com/qW7MwvlYeM
Expand pic
KeeA πŸ‘ @softpeacxh
Bahan sausnya - Glutinous rice flour(karna habis, aku pakenya tepung beras biasa) -Air -Bawang putih -Bawang bombay -Jahe -Bubuk Cabe -Kecap ikan -Kecap Asin -Saori -Kecap -Minyak wijen -Cuka -Gula -Penyedap (jika mau) - Udang rebon pic.twitter.com/aMS4ZNGL13
Expand pic
Expand pic
KeeA πŸ‘ @softpeacxh
1. Kita belah sawi putihnya kayak gini. Tips dari aku, kalian potong pake pisau bagian bawahnya aja, terus kalian tarik pake tangan, jadi hasilbya lebih bagus wkwk. Ini aku pakenya sawi ukuran sedang dan biasanya aku bagi jadi 4 pic.twitter.com/uKJZEFZfGO
Expand pic
Expand pic
KeeA πŸ‘ @softpeacxh
2. Setelah di cuci bersih, kalian balurin garam di seluruh bagiannya. Oh iya secukupnya aja ya, jangan berlebihan. Kalian gamau kimchi kalian jadi rasa air laut kan? Wkwk. Setelah itu taruh di wadah, tutup sama kain basah kayak digambar dan tindih pake panci yang berat pic.twitter.com/IjOf4wGedb
Expand pic
Expand pic
KeeA πŸ‘ @softpeacxh
3. Sambil kita nunggu sawinya layu, kita bikin sausnya. Pertama, tuang sekitar 3-4sdm tepung beras di panci, tuang air sekitar satu gelas dan aduk sampai rata. Kalau sudah, baru kalian nyalain kompornya, masak adonan tadi diatas api kecil sambil terus di aduk pic.twitter.com/toK2jpq18C
Expand pic
KeeA πŸ‘ @softpeacxh
4. Kalau sudah mengeras, kalian matiin api. Tipsnya, kalau biasanya pake tepung beras, adonannya bakal keras banget dan bisa kalian tambahin air sambil terus di aduk sampe jadi agak encer kayak di gambar. Pindah di wadah lain, biar cepet dingin pic.twitter.com/vjkUSDzfcK
Expand pic
Expand pic
KeeA πŸ‘ @softpeacxh
5. Sambil nunggu buburnya dingin, kalian potong wortel, lobak dan daun bawangnya bentuk korek api. Kurang lebih seperti di gambar. Untung daun preinya kalian potong tipis2 serong. Jadilah seperti di foto. Jangan lupa di cuci bersih dulu semua sayurnya pic.twitter.com/Kfw2iyjCSS
Expand pic
KeeA πŸ‘ @softpeacxh
6. Nah ini dia tahap membuat bumbunya. Siapin satu buah bawang bombay, 8 siung bawah putih, dan satu ruas jahe. Tambahin air sedikit, blender sampe halus. Lalu tuang diatas bubur tadi. Dan juga jangan lupa udang rebonnya di sangrai dulu, ati ati gosong ya pic.twitter.com/CvsuWuhize
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Expand pic
KeeA πŸ‘ @softpeacxh
7. Tambahkan 5-6 sdm bubuk cabe 3-4 sdm kecap asin 3sdm saori 1sdm minyak wijen 1sdm minyak ikan 2sdm kecap 1sdm cuka 4-6sdm gula(usahakan saosnya agak manis karna nanti sawinya udh asin) terakhir, penyedap billa perlu. terus kalian rasain dan bisa di tambah sesuai selera pic.twitter.com/L8eYo6UoSn
Expand pic
Expand pic
KeeA πŸ‘ @softpeacxh
8. Kalau sudah menemukan saos yang pas, kalian masukkan udang rebon yg udah di sangrai tadi dan aduk rata. Kalau sudah, masukkan sayuran yang udah dipotong potong tadi, aduk deh pic.twitter.com/HZCjqAtd8V
Expand pic
Expand pic
Expand pic
KeeA πŸ‘ @softpeacxh
Kimchi pun siap di makan. Ini kalian makan lgsg juga enak kok. namanya fresh kimchi. tapi aku biasanya lebih suka di makan setelah 1-2 hari di kulkas karna lebih layu. Dan ini aku bikin kimchi daun bawang dan timun. Asli yang timun seger banget pic.twitter.com/Olwir6fzaP
Expand pic
Expand pic
KeeA πŸ‘ @softpeacxh
Oh iya, usahain simpan kimchi di tempat kedap udara ya kayak taperwer. Terus simpan di kulkas biar lebih awet. Semakin kama kalian simpan di kulkas, semakin asem juga rasanya. Tapi tergantung kalian lebih suka asem atau engga pic.twitter.com/j2L1M8424r
Expand pic
KeeA πŸ‘ @softpeacxh
Kimchi ini enak banget di makan bareng ramyun atau pake nasi anget anget. Oh iya, ukuran bubuk cabe nya bisa di sesuaikan ya. Kalau kalian suka pedes bisa ditambahin lagi bubuk cabenya. Bikin kimchi kudu sabar emang, semangat ya! Selamat mencoba!

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.