0
muchlis a rofik @muchlis_ar

smrc | metro-tv (2001-2006) | antv (2006-2013) | michigan journalism fellow (2002-2003) | filsafat iain ciputat | gontor 86 | kicauan di sini personal

https://t.co/UJAgVa1gUr
muchlis a rofik @muchlis_ar
saya baca pelan2 beritamu min. isinya, menteri berPESAN agar mesjid jangan jadi tempat penyebaran ideologi takfiri, kelompok yg suka mengkafirkan mrk yg tidak sepaham. kamu paham maksudnya kan? saya gak nemu kutipan menteri melarang kata kafir. idtoday.co/2019/10/mahfud…
URL IDtoday.co 17107 Mahfud MD Larang Pengkafiran Terucap dalam Masjid Sudah Dibantah Oleh Beliau IDTODAY.CO - Menko Polhukam Mahfud MD memberikan peringatan tegas agar seluruh masjid di wilayah kantor pemerintah hanya mensyiarkan isi ...

“Pesan saya ke masjid, agar dikelola secara baik sebagai pembawa pesan agama. Apa pesan agama paling pokok? Membangun kedamaian di hati, membangun persaudaraan sesama umat manusia,” ujar Mahfud di Jakarta, Jumat 25 Oktober 2019.

Eks Ketua Mahkamah Konstitusi ini juga mengingatkan, masjid tidak boleh menyampaikan hal-hal yang dapat mengadu domba masyarakat. Masjid juga tidak boleh menjadi rumah bagi kelompok takfiri, yakni kelompok yang menganggap semua pihak berseberangan dengan pemahamannya sebagai musuh atau kafir.

Menurutnya, Indonesia sebagai negara Pancasila harus menjamin kehidupan keberagaman secara penuh. Masjid harus menangkap bibit-bibit permusuhan yang disebabkan karena masalah sepele, seperti perbedaan pandangan.

Mahfud menuturkan, umat Islam semestinya bangga karena hampir seluruh kantor pemerintahan dilengkapi bangunan masjid. Dia menceritakan pada 1980-an, orang-orang menganggap bangunan masjid di kantor pemerintah sebagai hal yang tak biasa.

“Hampir setiap kantor pemerintah ini punya masjid. Jadi orang Islam itu harus berbangga karena di tahun 80-an, kantor pemerintah itu kalau punya masjid dianggap aneh. Dulu kegiatan keagamaan di kantor-kantor dianggap mengganggu, dianggap kurang sejalan dengan kehidupan modern,” ujar Mahfud.

Tak hanya masjid, Mahfud juga menyampaikan bahwa ia sama sekali tak melarang jika ada kantor pemerintah yang membangun gereja atau pura, dan rumah ibadah lainnya. Baginya itu wajar, karena pemerintah sewajibnya menyediakan sarana dan prasarana ibadah untuk membangun persaudaraan.

Ali bustomi @rafka_alfaraby
@muchlis_ar Media kok skg banyak yg ngawur kalo nulis... Perasaan dulu kalo nulis hati2 banget, takut banget kalo dikomplain..
Dedi @d2ns
@muchlis_ar Andai org diksh nama kafir apakah otomatis dia kafir om hehehe.... Zaman skrg org susah berpikir panjang dan jernih apalagi Krn ikut2an panutannya
Calon Direktur @Ramah_Bahagia
@muchlis_ar Menkopolhukam harusnya laporkan media itu ke polisi, jangan mau kalah dg Wamenag yg lapor 32 akun nedsos ke polisi
hayaq @hayanaqu
@jjsengui @muchlis_ar Contoh berita dari media seperti @idtodaydotco mutu berita gimana, ya?🙄
agamkupie @AgamKupie
@Ramah_Bahagia @muchlis_ar ngapain lapor2, prof @mohmahfudmd kan pengendali kegiatan penegakan hukum, tinggal perintahkan kaporli dan menkominfo utk menindak media tukang fitnah
muchlis a rofik @muchlis_ar
awal2 jaga desk polkam di majalah berita akhir 90 an, saya pernah dikomplen ama mas @komarhidayat_id. "Lis, itu wartawanmu mbok kamu brief dulu kalo mau wwcr. wawasan keagamaannya payah itu." padahal, prosedur penugasan di newsroom dah pake lembar penugasan, kek proposal. 😜
muchlis a rofik @muchlis_ar
pesan jangan mudah mengkafirkan yg tidak sepaham, lalu dikasih judul "menteri larang kata kafir diucap di masjid," itu ada unsur rendahnya pemahaman isu keagamaan tadi. tentu ditambah niat menggoreng, bikin sensasi. dan provokasi.
💙 baby alien 💌🌿⚙️ @playground78910
@muchlis_ar @LeoBudiSuryanto Min, @idtodaydotco Lo giting..? Belajar jurnalis lagi giiih.. Penafsiran mu tentang kata kafir blunder seBlunder-blunder nya. Sebagai media jadikan pemberitaan yang proporsional, bukan malah menggiring opini publik dengan menggoreng berita hasutan. Paham, yaa...!
Mahfud MD @mohmahfudmd

Guru Besar FH-UII Yogya, Ketua Mahkamah Konstitusi (08-13) Presidium KAHMI (12-17), Ketum Asosiasi Dosen HATN-HAN, Ketum PP IKA-UII, Ketua Majelis Pakar PERADI.

https://t.co/SVaM9XN9nr
Mahfud MD @mohmahfudmd
Mahfud MD: Radikalisme Tak Pandang Golongan Apapun - metrotvnews.com --> Kaum muslimin Indonesia tdk radikal. Kalau kaum muslimin radikal thd ideologi dan konstitusi tentu NKRI sdh runtuh. Yg radikal hny sekelompok orng, yg bs dari agama apa sj metrotvnews.com/play/NxGCO87O-…
Aira Afni Amalia @AiraAfniAmalia
@mohmahfudmd Ya ampyun.. 🤦‍♀🤦‍♀🤦‍♀ masih RADIKAL & RADIKUL GORENGANNYA. Ya mbo COMBRO ISI ONCOM kan lebih enak dan nikmat.. 🤗🤗 Kapan ya para pejabat NGEH bahwa yg urgent dibutuhkan rakyat adalah kekuatan ekonomi dan keadilan hukum. metrotvnews.com/play/NxGCO87O-…
Uwais Al Qarni @UwaisAl33713167
@AiraAfniAmalia @mohmahfudmd YANG RADIKAL itu yang koar2 "SAYA PANCASILA" suka bubarin pengajian, bubariN musda FPI . emang NKRI punya komplotan nenek moyang lo bong ??? ahahahaha
Ustadz Maaher At-Thuwailibi Official @ustadzmaaher_
@mohmahfudmd Prof Mahfud.. Pejabat yg maling uang rakyat & suap menyuap; itu RADIKAL. Merusak masjid & melempar kotoran didlmnya; itu RADIKAL. Bakar bendera Tauhid, itu RADIKAL. Bubarkan pengajian; itu semua RADIKAL. Tokoh berkedok agama yg HOBI NONTON BOKEP, itu moral yg SUPER RADIKAL!
PUTRI CEBONG @WR_4AG226
@tjhinfar21 @mohmahfudmd Yg kek gini bukan ustadz, tapi provokator bertopeng ustadz... Hanya kebencian dan provokasi yg dia bawa 😫
FERDINAND HUTAHAEAN @FerdinandHaean2
@mohmahfudmd Prof Mahfud, tumpas mereka ksum radikal dengan aksi konkret. Sudah semakin membahayakan kedamaian bangsa.
Edy Bayo Regar @bayo_edy
@mohmahfudmd Anda pintar membuat statement sesuai posisi dan pesanan
Load Remaining (22)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.