Chirpstory will close the service later this year. At the end of September, you will not be able to post stories or comments.

"Ngrebus Telur Itu Banyak Mazhabnya" Sebuah Teori Cara Merebus dan Mengupas Telur yang Mungkin Berguna di Kehidupan Sehari-hari Kita

sebuah teori tentang telur 🍳 by @TalkinAndy
3
Andy Fajar Handika @TalkinAndy

Food/Tech Enthusiast. Founded Kulina, now spreading the joy of cooking from Cookpad. Not a Chef. Tweets are personal.

medium.com/@TalkinAndy/

Andy Fajar Handika @TalkinAndy

Kemarin lihat ada yang ngrebus telor di dapur pake api gede padahal udah mendidih. Tak kasih tau biar ngecilin apinya malah aku kayaknya dikira mansplaining :/ Padahal air kalo udah mendidih mau segede apa apinya ya suhunya ga akan naik lebih dari 100°C~

24/10/2019 11:35:16 WIB
Andy Fajar Handika @TalkinAndy

"I'm in a hurry, I need to get back to work soon.." (translation: aku kesusu mas..) Ya kali apinya gede trus telornya lebih cepet mateng.. yoraisoooo Kalo mau cepet ya diceplok aja :/ *sebel sendiri

24/10/2019 11:47:18 WIB
Andy Fajar Handika @TalkinAndy

Ok. Ngrebus telor itu banyak mazhabnya. Buat yang nanya -- ini yang saya anut; 1) Pastikan suhu telor mendekati suhu ruang. Kalo dari kulkas cemplungin aja ke mangkok/baskom/bak mandi isi aer. Bisa sekalian buat ngecek -- telor busuk bakal ngapung, telor bagus tenggelam.

24/10/2019 11:58:37 WIB
Andy Fajar Handika @TalkinAndy

2) Sementara itu, rebus air di panci. Pastikan air cukup untuk menenggelamkan telor. Nah, disini api gede gapapa biar air cepat mendidih. 3) Cemplungin telor pake jepit atau alat apapun yang ada -- soalnya kalo dijatohin pake tangan bisa telornya retak. Panas euy.

24/10/2019 12:04:45 WIB
Andy Fajar Handika @TalkinAndy

4) Kecilkan api. Ngga ada gunanya api gede, suhu air ya bakal segitu aja. Mentok 100°C kalo di deket pantai, di gunung ya paling ~97°C. Ga usah ditutup pancinya. 5) Mau semateng apa? Kalau aku suka di 8 menit. *Oiya -- ini dihitung dari no 3) pas nyemplungin telor. pic.twitter.com/tcTluSC6ov

24/10/2019 12:10:02 WIB
Expand pic
Andy Fajar Handika @TalkinAndy

Berikutnya: cara mengupas telor paling cepet 1) Baskom yang tadi diisi air dingin (es kalo ada) trus telor mateng panas cemplungin kesitu. Tunggu bentar sampai dingin. 2) Pake botol bekas selai, isi air mateng trus masukin telornya kesitu

24/10/2019 12:20:32 WIB
Andy Fajar Handika @TalkinAndy

3) Kocok-kocok gentle~ Sampai kulit telor retak sempurna 4) Nah tinggal dikelupas saja kulitnya tanpa kepanasan tanpa repot 5) Sajikan~~

24/10/2019 12:20:32 WIB
Andy Fajar Handika @TalkinAndy

Btw proses mengkondisikan ke suhu ruang dalam merebus telor ini penting -- kalo ngga estimasi waktu bakal geser. Butuh waktu tambahan buat telor dingin dari kulkas pas ngrebusnya. Jadi buat akurasi ya sebaiknya mulai dari telor suhu ruang ya~

24/10/2019 12:56:32 WIB
Andy Fajar Handika @TalkinAndy

Trus itu kalo udah x menit (sesuai tingkat kematengan) langsung keluarin telornya dari aer (dan sebaiknya langsung cemplungin air dingin). Kalo didiemin di air panas ya proses masak masih berlangsung walaupun api udah dimatiin.

24/10/2019 13:49:06 WIB
Herman Saksono @hermansaksono

@TalkinAndy Eh gimana ya caranya bikin balado telur tapi telurnya tetep kuning dan ga jadi grey eggs

24/10/2019 12:03:11 WIB
Imel's @Sean_Alma

@hermansaksono @xesixt @TalkinAndy Aku pengen kasih tau tapi ntar dikira womansplaining

24/10/2019 12:11:42 WIB
wung ape tu man? wung puyo @JVLEHA

@TalkinAndy Aku: 1. Sediakan mug keramik/kaca 2. Isi dengan air 3. Ambil telur, retakkan sedikit kulitnya 4. Masukkan telur ke microwave 5. Set ke 3-4 menit 6. Soft boiled eggs, hard white, runny yolk

24/10/2019 14:08:53 WIB
wijaya saputra @OngWeiii

@TalkinAndy mas, kalo merebus telur itu lebih baik lngsng cemplungi sebelum airnya belum mendidih atau pas airnya sdh mendidih sempurna (100°C) ?

24/10/2019 11:42:26 WIB
ronald kamto @ultranald

@OngWeiii @TalkinAndy Demi konsistensi dan hasil yg bs diukur, sebaiknya mulai dari air mendidih. Setengah matang di 4 menit, matang di 8-9 menit.

24/10/2019 11:54:31 WIB
MBAS @muhamadbayuaji3

@TalkinAndy @lanchestermodel Thread yang sangat berguna. Terutama poin, telor harus berada di suhu ruangan sebelum direbus.

24/10/2019 15:21:18 WIB

Comment

No comments yet. Write yours!