(Pernah Teken Pemecatan Prabowo) Sekilas Sosok dan Profil Menteri Agama Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi Diminta Urus Radikalisme

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menunjuk Jenderal (Purn) Fachrul Razi menjadi Menteri Agama (Menag) di Kabinet Indonesia Maju. Jokowi meminta Fachrul berfokus mengurusi radikalisme di Indonesia.
sosok Fachrul Razi menteriagama NEWS luhut radikalisme Profil prabowo
0
BADAN SIBER DAN SANDI NEGARA @BSSN_RI
Fachrul Razi sebagai Menteri Agama. Beliau urusan yang terkait dengan radikalisme, ekonomi umat dan industri halal. #KabinetIndonesiaMaju
Mas Piyu ORI @mas__piyuuu
Menteri Agama Fachrul Razi Seorang Jenderal Relawan Jokowi, Fokus Urusan "Radikalisme" bit.ly/33STBMs pic.twitter.com/tXTg7B388b
Expand pic
@mjsyah2025baru @mjsyah2025baru
Selamat Fachrul Razi sebagai menteri Agama. Sebagai ASN dari Departemen Agama, kami berharap bapak melakukan evaluasi atas kinerja pada tugas pejabat dan secepatnya melakukan penyegaran jika diperlukan. Sangat tepat pilihan pak Jokowi untuk bapak supaya integritas ASN terjaga
Hafidh Muhammad @hfidhmuhammad
Jenderal (purn) Fachrul Razi sebagai menteri agama exites me the most. Seorang mantan jenderal yg sekarang mengurus urusan surgawi, pos strategis yg biasa menjadi spesialisasi NU dan kalangan pesantren.
Jari Sakti ๐Ÿคž @yohan_apriandi
@mas__piyuuu emang dia faham agama? kok sya ragu & ggk percaya.. jngan kait2kan radikalisme dngan trutama agama islam..
Dedi Haryadi @deddyhariadi
@na_dirs pa Prof Gus @na_dirs mengenal dgn baik kah Bp @Kemenag_RI yg sekarang Bp Fachrul Razi ๐Ÿ™ Terima kasih ๐Ÿ™ id.m.wikipedia.org/wiki/Fachrul_Rโ€ฆ pic.twitter.com/JXDjLyOtwU
Expand pic
D'qan Apadun @rizqan_jadid
@setkabgoid Menteri Agama Jenderal Bintang 4. Semoga gak ada lagi korupsi di Tubuh Kementerian yg memiliki jumlah PNS/ASN terbanyak. Do'a dari kami. Salam Rakyat ... Selamat Bertugas Jenderal Fachrul Razi Somoga Amanah

Facrhul Razi lahir di Banda Aceh, Provinsi Aceh pada 26 Juli 1947. Dia merupakan lulusan Akademi Militer pada 1970. Dia dikenal sebagai sosok yang berpengalaman dalam bidang Infanteri.

Karier militer politisi Partai Hanura itu terbilang cukup baik. Dia pernah ditunjuk sebagai Komandan Brigade Infanteri Lintas Udara 17 Kujang 1 Kostrad.

Setelah itu dia diangkat menjadi Wakil Asisten Operasi Kepala Satuan Angkatan Darat, dilanjutkan Kepala Staf Daerah Militer VII/Wirabuana, hingga Gubernur Akademi Militer.

Setelah menjadi Gubernur Akmil pada 1996 โ€“ 1997, dia dipindahtugaskan menjadi Asisten Operasi Kasum ABRI hingga 1998. Fachrul Razi juga sempat menjabat sebagai Kepala Staf Umum ABRI (1998 โ€“ 1999).

Pria yang pensiun dari kedinasan pada tahun 2000 ini sempat berada di pemerintahan sebagai Sekretaris Jenderal Departemen Pertahanan pada 1999. Tak lama berselang, dia ditunjuk sebagai Wakil Panglima TNI selama satu tahun mulai 1999 โ€“ 2000 di bawah Presiden Abdul Rahman Wahid.

Namun oleh Abdul Rahmad Wahid juga dia diberhentikan karena pemerintah saat itu menghilangkan jabatan Wakil Panglima TNI.

Fachrul Razi tercatat menjabat sebagai Presiden Komisaris PT Central Proteina Prima (CP Prima) dan Komisaris Utama di PT Antam Tbk. sejak 2015. Selain itu, dia diketahui bekerja pada perusahaan milik Luhut Binsar Pandjaitan sebagai komisaris di PT Toba Sejahtera Group.

Dia disebut sebagai salah satu dari puluhan jenderal yang menjadi tim sukses Jokowi pada pemilihan Presiden 2019 โ€“ 2024

URL MiliterMeter.com 96 Profil Jenderal Fachrul Razi Yang Jadi Menteri Agama Salah satu kejutan di susunan kabinet Presiden Jokowi adalah munculnya nama Jenderal Fachrul Razi yang ditunjuk jadi Menteri Agama. Sosok non agamawan jadi menteri agama? Berikut ini profil pak Menโ€ฆ

Mantan Wakil Panglima TNI, Fachrul Razi tak masalah ia berada dalam satu gerbong kabinet dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Ketua Tim Bravo-5 itu tak merasa kehidupannya terganggu dengan merapatnya Prabowo mendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo. Fachrul diketahui pernah menjadi Wakil Ketua Dewan Kehormatan Perwira (DKP).

Ia merupakan sosok yang meneken surat rekomendasi pemecatan Prabowo sebagai Pangkostrad saat itu.

"Saya dengan Pak Prabowo biasa-biasa saja. Kalau ketemu pelukan, makan sama-sama, nggak ada yang aneh. Memang masalah kedinasan, pribadi tak terganggu," kata Fachrul usai bertemu Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (22/10/2019).

Fachrul memang selama ini kerap menyindir sikap Prabowo yang dua kali menjadi pesaing Jokowi, yakni pada Pilpres 2014 dan Pilpres 2019 kemarin. Namun, kata Fachrul ia dan Prabowo pasti memahami bila sudah ada panggilan negara mereka akan bersama-sama menjalaninya.

"Katakanlah ada yang tidak pas, tapi bukan berarti hubungan menjadi jelek. Apalagi kita sama-sama dewasa. Pengabdian yang sama membangun negara lebih baik," ucapnya. Prabowo, kemarin Senin (21/10/2019) diminta Jokowi untuk mengurusi bidang pertahanan.

Menurut Fachrul, sosok Prabowo sangat tepat diberikan posisi itu. "Kan dia bidangnya. Tentara, pertahanan, pas saja," ujar Fachrul. Fachrul mengaku kehadirannya saat ini murni profesional. Ia mengaku sudah lama tak aktif di Partai Hanura, partai yang didirikan mantan Panglima ABRI Wiranto.

"Saya belasan tahun tidak di Hanura. Kalau bukan wakil partai, mungkin saya profesional," pungkasnya.

URL tirto.id 479 Teken Pemecatan Prabowo, Fachrul Razi Tak Masalah Kini Kerja Bareng - Tirto.ID Fachrul diketahui pernah menjadi Wakil Ketua Dewan Kehormatan Perwira (DKP).
Lavechia_Signoraโ„ข๏ธ @juventini_3rwin
Racikan Pak Jokowi memang Menarik..2 Tokoh Sejarah masa lalu berada dlm kabinet (kalau dilantik) Jendral Fachrul Razi & Jendral Prabowo.. Jend Fachrul Razi pernah merekomendasikan Pemecatan Prabowo...Ini sangat luar biasa racikan pak Jokowi..๐Ÿ‘๐Ÿ‘ pic.twitter.com/bcOyoMbpIp
Stla Ersad @stla_Ersad
Surat Rekomendasi pemecatan Prabowo d tandatangani Ketua Dewan Kehormatan Perwira , Jendral Subagyo Hadi Siswoyo Dan 6 anggota berpangkat Letnan Jendral,, 1 D jamin Chaniago 2 Fachrul Razi 3 Yusuf Kartanegara 4 Agum Gumelar 5 Arie Kumaat 6 Susilo Bambang Yudhoyono. pic.twitter.com/jIAX1K5UXG
Expand pic
Ida Ayu Grhamtika S @ajengdayu
Fachrul Razi dulu yang ttd pemecatan Prabowo ๐Ÿ˜Œ๐Ÿ˜Œ๐Ÿ˜Œ sekarang sama-sama di kabinet.
Winner J Bakara @umaleao
Prabowo jadi Menhan. Fachrul Razi jadi Menag. Fachrul Razi termasuk yang memecat Prabowo. Rekonsiliasi total?
Tyo Dj @tyo_djo
@umaleao Tugas fachrul razi untuk ngasih ceramah agama ke prabowo. ๐Ÿ˜…
#RakyatAkalSehat=Desthen @Anak_Perantau_
@juventini_3rwin Itulah dinamika Politik...Agenda Persatuan Indonesia versi pqk jokowi luar biasa.
LEXYANTO DATUAN @lexydatuan
Fachrul Razi yang merupakan komisaris PT. Toba Sejahtera ditunjuk jadi menteri agama ๐Ÿคช๐Ÿคช cc @Dandhy_Laksono pic.twitter.com/wjGFbwBFaO
Expand pic
KONTRAS @KontraS
Luhut Pandjaitan yang merupakan pendiri dan pemilik saham Toba Bara Sejahtera yang bergerak di bidang tambang dan energy, migas, kelapa sawit, dan pembangkit tenaga listrik.
KONTRAS @KontraS
Ada juga Fachrul Razi yang merupakan Komisaris PT Toba Sejahtera dan PT ANTAM dan Suaidy Marasabessy yang memegang jabatan Komisaris PT Kutai Energi di Kutai Kartanegara, serta Sintong Panjaitan yang memegang jabatan Komisaris PT Adimitra Baratama Nusantara.
KONTRAS @KontraS
PT Kutai Energi dan PT Adimitra Baratama Nusantara merupakan anak perusahaan Toba Bara Sejahtera milik Luhut Binsar Pandjaitan.

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.