9
Novan Ardian @novanardian
Hai, gua mau sharing tentang pengalaman bangun rumah dari 0 (tanah kosong) beberapa waktu lalu, sekitaran 2tahun lalu sih. karna kebetulan banyak yang tanya tanya jadi ada baiknya gua share sekalian. ini penampakan jadinya. pic.twitter.com/iF18L6Svai
Expand pic
Novan Ardian @novanardian
ini dia penampakan tanah kosongnya. setelah berbulan2 cari cluster yang deket rumah bokap akhirnya dengan tiba-tiba yg punya tanah persis depan rumah bokap ngejual tanahnya. aseli Allah kasih rezeki dari arah yang ga ketebak pic.twitter.com/2Q6rSQGqSk
Expand pic
Novan Ardian @novanardian
nah dari sini perjalanan dimulai. abis kebeli tanah ini akhirnya gua dan istri cari cari arsitek yang cocok dengan design rumah yang kita pengen. singkat cerita kemudian kita deal dengan arsitek asal bandung, Dform
Novan Ardian @novanardian
proses tektokannya lumayan makan waktu juga dari mulai ngajuain referensi, arsitek dateng kelokasi buat liat bentuk dan kontur tanah, terus kita dikasih design awal, revisi dan sampai akhirnya final design. kurleb 6bulanan lah
Novan Ardian @novanardian
setelah itu dilanjutkan dengan pencarian tukang. karena kebetulan gua berencana jadi mandor dalam pembangunan, jadi waktu itu diputuskan untuk pakai tukang langganan aja dibanding pake kontraktor
Novan Ardian @novanardian
sebetulnya agak beresiko karna ini pertama kalinya gua ngerjain bangunan rumah tanpa ada basic sama sekali. mulai dari bahan bangunan sampai urutan2 dalam membangun. positifnya, lumayan mangkas budget
Novan Ardian @novanardian
akhirnya pas bulan july 2017 dimulai peletakan batu pertama dan langsung mulai pengukuran dan pasang papan boplang, kayu yg nantinya dipake buat iket-iket benang sebagai patokan pembagian ruangan dan penentuan ceker ayam pic.twitter.com/F3r6CTcT2u
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Novan Ardian @novanardian
oiya sebelum lanjut, gua pake 10 orang pekerja. 5tukang dan 5kenek. tukang ini yg senior kerjaanya diskusi gambar sama mandor (saat itu gua), bikin boplang, nge-aci, nge-plester, nentuin mana dl yang dikerjain, ngukur2 biar sesuai gambar kerja
Novan Ardian @novanardian
kalo kenek lebih ke "ngelayanin" tukang. ngaduk semen, bawain semen pake ember, megangin tangga, mondar mandir ngambilin keperluan tukang
Novan Ardian @novanardian
nah abis pasang2 papan boplang dan ukur2 dilanjut sama galian buat pondasi. disini kombinasi pengalaman tukang dan itungan dari arsitek diperlukan. maklum indonesia tukangnya masih menganut sistem biasanya
Novan Ardian @novanardian
"biasanya segini cukup pak", "biasanya sih saya pake ini itu". kebiasaan ini dibatasi sama instruksi dr arsitek digambar kerja.
Novan Ardian @novanardian
pondasi ceker ayam gua pake besi 16mm, hati hati ada yg jual besi banci. banci ini misalnya yg jual bilang 16mm ternyata ukuranya cuma 14,xx mm atau 15mm gitu. intinya ga sni
Novan Ardian @novanardian
untuk semen gua pake tigaroda. gpplah ya nyebut merek. kalo pasir sama kerikil standar ditoko bangunan. pasir ada yg item ada yg putih. yg putih lebih bagus, katanya. untuk hubungin antar ceker ke ceker (pondasi sloof, kalo gasalah namanya) pake batu kali pic.twitter.com/65UFFM274t
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Novan Ardian @novanardian
nah diatas batu kali nanti dipasangin besi kayak gambar sebelumnya yg akan dicor nantinya, ini nanti yg akan dipasangin bata buat tembok.
Novan Ardian @novanardian
untuk tembok gua pake full bata merah, katanya sih lebih kuat. untuk harga juga sebenernya 11/12 sama hebel kok. cuma pemasanganya lebih lambat karna ukuranya lebih kecil dari hebel
Novan Ardian @novanardian
nah setelah pondasi dan tiang ceker ayam selesai, langsung nge-dak bagian untuk lt2. nge-dak ini juga sebutan orang aja sih gua gatau yg bakunya apa bahasanya pic.twitter.com/tXiHzNZ6nX
Expand pic
Expand pic
Novan Ardian @novanardian
untuk alas daknya gua pake bondex (ini juga tulisan benernya gatau gimana, tapi tukang bangunan ngerti kok 😁). kenapa pake bondex ini supaya ga perlu dilepas lagi nanti kalo daknya udah kering. dan sebagai perkuatan tahanan beban juga
Novan Ardian @novanardian
selama proses ngedak (bahan yg dipake juga sama pasir,kerikil,semen) bawahnya diganjel pake kayu atau bambu sampai cor2an daknya kering. bambu lebih murah sih. ngelepasnya juga ga langsung, disisain beberapa sampe cor2an dak bener bener kering
Novan Ardian @novanardian
cukup ruwernya kalo diliat dari atas. tapi percayalah ga seruwet idup kok kalo pas pengerjaanya pic.twitter.com/nXpqYxIc4Y
Expand pic
Novan Ardian @novanardian
Tadaa, tiba sudah jadi ditembok dan di aci. kalo tiang2 dan daknya sudah terpasang masuklah pengerjaan bata2 itu. bata2 ini tinggal menyesuaikan sekat2 ruangan aja. kuncinya di sloof tadi, kalo masangnya miring otomatis temboknya akan miring juga pic.twitter.com/P1b7yR3T2E
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Novan Ardian @novanardian
stelah bata terpasang biasanya ditunggu kering lemnya. lemnya ini dari semen juga ya. setelah kering batanya biasanya di siram2 dul sebelum diplester. oiya sebelum dipasang bata juga harus disiram2 biar lebih nyatu sama lemnya. gamau kan rumahnya rubuh kayak cerita tiga anak babi
Novan Ardian @novanardian
pengeringan plesteran ini juga unik, makan waktu kurang lebih 3-5hari. tapi tiap hari disiram, aneh ya mau kering tapi disiram terus. biar lebih nempel dan keras katanya. buat yg belum tau, plesteran ini pake campuran semen sama pasir aja. nanti temboknya jadi kasar gitu
Novan Ardian @novanardian
abis plesteran kering baru deh di aci, nah kalo aci ini murni pake semen aja. proses pengeringnya pun sama kayak plesteran cuma makan waktu lebih lama, sekitar 10-14 hari. supaya air sisa dalam tembok ngembun keluar semua dan bener2 kering sebelum dicat
Novan Ardian @novanardian
tujuanya biar nanti pas dicat airnya nya ga kejebak dalem tembok yg bikin cat bercak2 kuning (kuning ini karna gua pake cat putih). pkoknya kayak rembes gitu. kayak keringetan diketek gitulah keliatanya baseeuh
Novan Ardian @novanardian
ini tampilan acianya. abis ini gua mau lanjutin yg ketinggalan, pemasangan perkabelan biar ga keliatan pipa2nya sama pipa air dll. sebat dl yes pic.twitter.com/v3B2010c4W
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Load Remaining (22)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.