3
ヽ(`⌒´)ノ @heijazz
Lagi seliweran pada bahas thread dari responden-yang-belum-terpercaya-dan-terbukti-benar tentang gaji gede di umur under 30 yang katanya malah bikin anxiety alias baper. Jadi ingat wa pesan dari seseorang waktu jaman SMA, yg merubah mindset wa seumur hidup.
ヽ(`⌒´)ノ @heijazz
Waktu itu ada semacam seminar kecil dari alumni SMA wa yang udah pada kerja, senior banget. Sebut aja Pembicara A dan Pembicara B. A bilang kalo mau sukses itu kalian (adek2 SMA) bisa masuk di kampus ini aja, enak kuliah gak bayar...
ヽ(`⌒´)ノ @heijazz
Cuma kuliah 3 tahun or 1 tahun bisa langsung kerja, cari kerja sekarang kan susah. Kalian fresh gred bisa langsung dapat angka yang oke, seinget wa 6-8 yuta. Terus uang jabatan dll nya banyak. 5 tahun gaji kalian bisa tembus 2 dijit. Pokoknya kalian akan enak lah, sukses.
ヽ(`⌒´)ノ @heijazz
Saat itu wa dan teman2 merasa kagum dan ingin segera lulus dan daftar kampus sana. Si A ini meyakinkan banget kalo wang adalah yang kita cari, dan di kampus ini yg terbaik kalo lau mau kuliah langsung dapet kerja.
ヽ(`⌒´)ノ @heijazz
Lalu, gantian si B yang ngomong. Dengan kalimat pembuka yg langsung bikin statement: "maaf ya sebelumnya, tapi saya kurang setuju tentang konsep sukses yg dipaparkan pembicara A"
ヽ(`⌒´)ノ @heijazz
... Menurut saya sukses itu bisa dimana aja, dan bukan tentang seberapa besar kita dapet duit (baca: wang). Yes duit penting, tapi itu bukan segalanya. Kalian ini bisa sukses dan bahagia dengan apa yg kalian miliki dan apa yg kalian capai, bisa dimana aja.
ヽ(`⌒´)ノ @heijazz
Oya pembicara B ini seorang konsultan arsitektur, dan kayaknya punya usaha sendiri. Lanjut pesannya: Bayangin kalo definisi sukses itu seperti yang si A bilang, bisa dikatakan guru2 kita di SMA ini semuanya gak sukses secara finansial.
ヽ(`⌒´)ノ @heijazz
Terus belio ini langsung nunjuk ke salah satu guru, coba buk sekarang gaji ibuk berapa? Dengan nada bercanda. Terus lanjut lagi, kalo saya tebak gaji guru itu paling hanya UMR, 1,5 yuta (UMR Jogja beroo) ya tambahan lain atau sertifikasi bisa 3 atau 4 kali lah.
ヽ(`⌒´)ノ @heijazz
...lebih rendah dari gaji fresh grad disana. Tapi bukan begitu menurut saya, sukses itu tentang kebahagiaan. Guru2 walaupun gajinya kecil tapi beliau2 ini bisa bahagia dan bangga luar biasa ketika menghasilkan anak-didiknya yang sukses jadi pengusaha, menteri, presiden
ヽ(`⌒´)ノ @heijazz
Seorang ibu rumah tangga walaupun ga punya gaji tetep bisa meraih sukses ketika anaknya jadi sholeh/sholehah, berbakti, mandiri, punya pekerjaan.
ヽ(`⌒´)ノ @heijazz
Jadi dimanapun, apapun pekerjaannya, mau tukang parkir, guru les, dosen, tukang kalian kejarlah kebahagiaan yang utama, dan jangan jadikan uang sebagai patokan kebahagiaan. Jangan pernah membandingkan apa yang kaliam miliki dengan yang orang lain punya. Syukuri semuanya.
ヽ(`⌒´)ノ @heijazz
Gitu. Terus semua anak-anak yg ikut waktu itu langsung terbelalak matanya, dan seolah2 bilang ini dia suksesku hmmm aku akan menjadi seperti ini hmmm.
ヽ(`⌒´)ノ @heijazz
Berseliwer juga quotes keren kemaren, yang relate bat sik. "Comparation is the thief of joy" - Theodore Roosevelt Lha bener sik, kalo lau ngeliat terus yang orang lain punya, dan ga pernah mensyukuri niQmat BeSaR dari Allah kepadamu YA BAKAL anxiety terus.
ヽ(`⌒´)ノ @heijazz
Wallahu 'alam. Jadi intinya ya gitu, tetep main twitter jangan baper. Hehe
Matahari A. @matahari4k
@heijazz terbukti benar kok, kui aku jaz sakjane.
ヽ(`⌒´)ノ @heijazz
@matahari4k Alhamdulillah turut bersyukur ana, masyaAllah. Traktiran leh nee
Jefri Maulana @AnakRental
@heijazz baru selese banget ni bacanya. berak emang tu pembicara A. pasti sekarang dia di pemerintahan.
ヽ(`⌒´)ノ @heijazz
@AnakRental Hahah wa ga sebut ya tapi 100% bener, gilek anak sma dikasih gambaran duit banyak ya pada mau, untuk si B ini punya better option
Shinta N.M @shintanomi
Kalau pengen pinter ya belajar, kalau pengen sukses ya usaha , kalau pengen kaya ya kerja! Jangan jadi pecundang yg iri liat orang lain berhasil lalu kemudian nyinyir 🤦🏻‍♀️ #recehbanget pic.twitter.com/Xf0xs3swrw

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.