0
drh. Nur Purba P @piyopikavet

a naive person,an ordinary vet who learn to love wildlife..

http://t.co/qoYXKWURWx
drh. Nur Purba P @piyopikavet
Kalo liat kucing/anjing/kelinci yg kulitnya digaruk2 mulu, modelnya berkerak, kering, kasar bonus luka2 gitu...nah ini mahluk penyebab huru-hara tersebut.. Sebut saja dia scabies a.k.a Sarcoptes scabiei, tungau yg hobi bikin terowongan di bawah kulit dan gatel banget. pic.twitter.com/kEGuH8yiiZ
drh. Nur Purba P @piyopikavet
Sebangsa kutu tapi mikroskopik dan bisa nular ke manusia sampe bikin kulit eksim. Jaman kuliah dulu praktikumnya pake kelinci, gampang banget kena ni tungau. Pernah saking parahnya kena ni tungau, idung si kelinci berkerak tebal gitu.trus pas dikopek, seidung-idungnya amblas
Always amazed.. 😁 @t_nophdimana
@piyopikavet @Ayoe_Miauw Jadi inget... tiap hari selasa anak2 pondok turun ke kota pada berobat scabies smua..
drh. Nur Purba P @piyopikavet
@Aoktrns @ndreamon Bisa jadi.kemarin cuman liat kaki+bristle aja si.tp lesinya emang lebih ke sarcoptes si.
Hermawan Wakiman @WawanWakiman
@piyopikavet @belindch Ini menular ke manusia yah dok? Ponakan saya kayanya ketularan kucing2 peliharaan di rumah.
drh. Nur Purba P @piyopikavet
@WawanWakiman @belindch Iya bisa nular ke manusia. tetap jaga kebersihan kalo abis megang hewan piaraan + kalo hewannya sakit segera diobati di dokter hewan terdekat πŸ‘Œ
Dynares @purpleskuy
@piyopikavet Yaallah serem banget... Sekarang jadi takut deh uwel2 kucing πŸ˜₯ bakteri bakal ada dimana2. kalo ga bersih yaaa kemungkinan "mereka" ada itu besar. Lebih hati2 lagi ah huhu
drh. Nur Purba P @piyopikavet
@purpleskuy Was-was boleh, parno jangan.tetap jaga kebersihan abis main sama kucing πŸ‘Œ
Palomina Caesarea N. @pamiipams
@piyopikavet Halo dok , percis kaya gini gak ya ? Kulitnya kayanya digaruk mulu, dijilatin, terus kayanya gatel gitu. Ini kucing nyasar di rumah saya, mau dibawa ke petshop blm sempet krn gk ada keranjang. Tp gk ada luka-lukanya 😭 kutu ya ? Sediih pic.twitter.com/wV32UfqUN8
Expand pic
drh. Nur Purba P @piyopikavet
@pamiipams Nah untuk lebih pastinya bisa dibawa ke dokter hewan terdekat segera ya πŸ‘ŒπŸ‘Œ Karena mendiagnosa penyakit apapun emang harus diperiksa langsung+rentetan prosedur lainnya.
Palomina Caesarea N. @pamiipams
@piyopikavet Makasih dook, hehe bingung bawanya aja sih krn gk ada container yg cocok. Tapi info terakhir kucingnya dibuang dl krn muntah dan banyak kutu kta bapakku 😭😭 sediiih, tp aku jd tau klo yg kaya gini tu ya kucing sakit..
drh. Nur Purba P @piyopikavet
Pada akhirnya, hewan2 yg terindikasi sakit apapun ya harus diperiksa sama dokter hewan supaya bisa didiagnosa dengan tepat + diberi perawatan yg tepat dan maksimal juga πŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ‘Œ Ga perlu harus sakit dulu jg. Secara berkala perlu kok sesekali hewan dibawa ke dokter
drh. Nur Purba P @piyopikavet
@pamiipams Kalo mau gampang+murah biasanya si pake keranjang piknik aja.. Yah kasian kucingnya dibuang 😒
Ogut @kentangchitato
@piyopikavet @ndreamon Kalau kelinci udah terinfeksi sama scabies bagusnya dikasih obat apa ya bg?
drh. Nur Purba P @piyopikavet
@kentangchitato @ndreamon Bagusnya dibawa ke dokter hewan terdekat aja buat pilihan obat yg cocok ya πŸ‘Œ
Andreas Kurniawan @ndreamon
@piyopikavet @kentangchitato Sharing, dulu kelinci saya juga scabies. Dan memang baiknya dibawa ke dokter hewan aja. Semoga segera bisa membaik ya. Mungkin perlu beberapa kali kunjungan agar ga kambuh lagi.
drh. Nur Purba P @piyopikavet
@ndreamon @kentangchitato Betul. butuh beberapa kali kontrol ke dokter hewan emang.
Artiningrum Nastiti @artiningrum
@piyopikavet Yg butuh perjuangan kl liat kucing stray dan scabies...perlu pdkt yg konsisten spy bisa ketangkep utk diobatin πŸ˜… Kl piaraan sendiri effortnya ga seberapa utk ngobatin 😁

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.