4
Nada Haroen @nadaharoen
Pentingnya menyadari cashflow. A thread. Waktu pertama bisa cari uang jaman kuliah, ngga pernah kepikiran buat nabung lama. Buat jalan-jalan, beli hape sendiri. Cashflow itu apa tentu tidak pernah dipikiran. Namanya anak kos besok masih bisa makan enak juga alhamdulilah.
Nada Haroen @nadaharoen
Untungnya si abang @andrerizqonm jiwa catat mencatat cashflow sudah terbangun dari jaman kuliah. Udah jadi macam habit. Pas kami nikah ya tinggal lanjutin aja.
Nada Haroen @nadaharoen
Nah, awalnya ya udah catet aja lah. Ngga pernah kami apa-apain dengan serius. Sampe akhirnya jiwa “data analysis” ku tergelitik. Ga yang fancy, pivot table biasa aja di excel.
Nada Haroen @nadaharoen
Ini cukup banget untuk menyadari dan tentunya karena pakai data, argumennya jadi objektif dan jelas. Bagaimana gaya hidup kami sesungguhnya. Pengeluaran paling banyak untuk apa. Apakah ada yang bisa kami ubah. Apa yang memang penting dan harus tetap ada.
Nada Haroen @nadaharoen
Ini juga jadi dasar, kalau mau beli sesuatu jangka panjang, akan menambah berapa cashflow kami. Masih sehat ngga. Masih aman ngga.
Nada Haroen @nadaharoen
Atau misal sekadar mau nongkrong di cafe lucu sekitaran rumah sini dengan dalih capek nih kerja, kami bisa evaluasi lagi. Seberapa banyak sih yang kami habiskan dan apakah ada substitusi yang lebih ramah. Macam, bikin kopi sendiri di rumah sambil nonton netflix.
Nada Haroen @nadaharoen
Kalau misal ga tercatat gini, nafsu belanja bisa ga terkendali. Ngga bisa menahan diri dari mana yang butuh mana yang sekadar ingin. Bisa menahan diri dari pembenaran, “cuma sebulan sekali kok”. Menahan diri dari, “this is to reward myself”
Nada Haroen @nadaharoen
Uang itu ternyata bisa bercerita banyak tentang perubahan gaya hidup yang pelan dan tak terasa. Yang kalau tidak diobrolkan dengan pasangan bisa jadi bibit prahara rumah tangga. Ngotot mau gaya hidup tinggi tapi bikin sengsara. Atau ngirit sengirit ngiritnya tanpa sempat bahagia
Nada Haroen @nadaharoen
Sesederhana dulu jaman kuliah makan di resto A itu untuk selebrasi tahunan, sekarang udah jadi opsi akhir minggu. Bukankah sebuah perubahan yang drastis sebenarnya?
Nada Haroen @nadaharoen
Tapi karena bicara dengan data, ya sama-sama ga boleh baper. Akhirnya memperbaiki diri dan tahu mana yang perlu diperbaiki. Ini nih pentingnya terbuka secara finansial pada pasangan.
Nada Haroen @nadaharoen
Karena menikah itu sebenarnya partner berbagi hidup. Tak cuma manisnya, tapi juga asemnya. Tak cuma ngabisin uang, tapi juga mengelolanya. Buat yang masih single, ini bisa dijadikan sebuah kriteria untuk calon pasangan. Bisa terbuka ngga?
Nada Haroen @nadaharoen
Intinya, kalau mau mulai menyehatkan keuangan. Mulailah dari kamu tahu uangmu mengalir kemana saja :)
Hani Ramadhan @haniXVI
@nadaharoen Sepakaats. Aku mesti nyateti pengeluaranku bendino. Ngereview opo sing kakehan. jajan misale
Nada Haroen @nadaharoen
@haniXVI Lanjutkan han, aku mbiyen menyesal tidak begitu. Hahahaha
Hani Ramadhan @haniXVI
@nadaharoen Tapi aku manual nggawe google spreadsheet.kkk
cya @kaciangpanjang
lagi nugas personal finance dan disuruh buat cash flow dari seminggu terakhir. sedikit kaget uang jajan dia seminggu segitu 🙃🙃🙃🙃 fix idaman mak w banget ini mah pic.twitter.com/91PHuMBEJA
Expand pic

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.