0
Hyperballad @Alkupra

♎ tweets are personal thoughts and doesn't represent any company/organization ☮️

Fairy Magdalene @Alkupra
"Akulah Vivian (Laki-laki Menjadi Perempuan)". Sutradara: M. Endraatmadja (1977). Film kisah hidup Vivian Rubiyanti, wanita transgender pertama yang dilegalkan statusnya oleh Pengadilan Indonesia. pic.twitter.com/oLzQleciJ9
Expand pic
Expand pic
Fairy Magdalene @Alkupra
Tahun 1973, Iwan Robyanto melakukan operasi kelamin di Singapura dan mengganti namanya menjadi Vivian. Kembali ke Indonesia, Vivian mengajukan permohonan perubahan status jenis kelaminnya dari laki-laki menjadi Perempuan ke Pengadilan Negeri Jakarta Barat. pic.twitter.com/8Agt84RQPV
Expand pic
Fairy Magdalene @Alkupra
Yang mendampingi Vivian di Pengadilan adalah Adnan Buyung Nasution dari LBH Jakarta yang mendapat hujatan dari sejumlah organisasi Islam. Ia dituduh murtad dan melawan kodrat Tuhan. Polemik pun terjadi di masyarakat namun pengadilan akhirnya mengabulkan permohonan Vivian. pic.twitter.com/XpYsxjxRoZ
Expand pic
Expand pic
Fairy Magdalene @Alkupra
Vivian resmi sebagai seorang perempuan melalui Penetapan Pengadilan Negeri Jakarta Barat No. 546/Pdt.P/1973. Setelah kasus Vivian ini, beberapa Pengadilan di Indonesia juga mengabulkan permohonan perubahan jenis kelamin, termasuk Dorce Gamalama di PN Surabaya Oktober 1998. pic.twitter.com/1xiFlKvK7Q
Expand pic

Iwan bukan yang pertama di Indonesia menjalani operasi menjadi perempuan. Dia jadi pemberitaan karena ingin melegalkan status barunya itu.

INI hari yang membahagiakan bagi Vivian. Bergaun pengantin warna putih, dia terlihat begitu anggun ketika turun dari sebuah Mercy 300 SEL. Dengan luwes dia melangkah memasuki ruangan resepsi di sebuah restoran mewah di Jakarta, menggandeng tangan Felix Rumayar. Dia merasa jadi ratu semalam setelah sebelumnya menikah di sebuah gereja Katolik di Petamburan dan mencatatkan pernikahan di kantor Catatan Sipil, awal November 1975.

Sejumlah orang penting hadir, antara lain pengacara kondang Adnan Buyung Nasution dan Gubernur Jakarta Ali Sadikin. Kuncoro, sejawatnya di Viva Kosmetik, memberi sambutan dengan kisah pertemuan kedua mempelai, lalu mengakhirinya dengan teriakan: “Viva Vivian, Viva Felix!”.

Vivian terlahir sebagai lelaki dengan nama Khan Kok Hian, anak kedua dari tiga bersaudara dari pasangan Khan Kiam Lee dan Auw Roontji Nio, pada 1 Januari 1944. Setelah melepaskan kewarganegaraan negara asalnya, Republik Rakyat Tiongkok, dia mengganti nama menjadi Iwan Robbyanto Iskandar. Sehari-hari dia bekerja di salon miliknya, Robby Remaja, di Kebayoran Baru. Meski tanpa papan nama dan pendingin ruangan, pengunjungnya selalu penuh. Pelanggannya termasuk istri-istri pejabat. Sejumlah muridnya, semisal Rudy Hadisuwarno, kelak mendirikan dan memiliki salon-salon ternama.

Setelah sekitar tiga bulan bersidang, pengadilan mengabsahkan Iwan sebagai perempuan dengan nama Vivian Rubianti Iskandar melalui keputusan tanggal 11 November 1973. Menurut ketua majelis hakim Fatimah Achjar, permohonan Iwan perlu diputuskan karena menyangkut ketegasan statusnya di muka hukum. “Untuk mengurus pernikahan, warisan, atau perjanjian kerja, termasuk urusan pidana, hukum hanya mengenal seseorang itu laki-laki atau perempuan,” ujar Fatimah, seperti dikutip Tempo.

Tak lama setelah menjadi perempuan, Vivian menutup salon kecantikannya, bekerja sebagai sales girl di Viva Kosmetik, lalu menikah. Perkawinannya gagal. Vivian kemudian memilih tinggal di Australia.

Berangkat dari kasus Vivian, pemerintah menggelar Seminar Operasi Pergantian Kelamin di Jakarta, 27-29 Maret 1978. Dalam seminar ini, operasi pergantian kelamin dibahas dari berbagai sudut pandang: medis, hukum, dan agama. Hasil seminar merekomendasikan: “Jika ingin melakukan operasi ganti kelamin di dalam negeri, ditunjuk enam rumahsakit pemerintah di Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Ujungpandang, dan Medan,” tulis Kemala

URL Historia - Majalah Sejarah Populer Pertama di Indonesia 3 Viva Vivian! Iwan bukan yang pertama di Indonesia menjalani operasi menjadi perempuan. Dia jadi pemberitaan karena ingin melegalkan status barunya itu.
Fairy Magdalene @Alkupra
@dylsexiay Wow, Madame Vivian ternyata gurunya Rudy Hadisuwarno ya 👍
epg.guide @egpguide
@Alkupra @shandya Buya Hamka, ulama besar pendiri dan ketua MUI, penulis tafsir Al-Azhar; bersaksi untuk Vivian.
dhani_rahman @dhani_dorayaki
@hannatiaraa @egpguide @Alkupra @shandya Ad yg bilang dorce juga sempet nanya sama gus dur sebelum operasi, dan beliau bilang intinya: "Lakukan apa yg membuat mu nyaman"
Tirto Waluyo @AnakePresiden
@Alkupra ta pikir trans gender pertama yg dpt pengakuan hukum di indo Dorce,ternyata salah.

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.