"Kenapa ibu hamil disarankan tidur miring kiri"

Info tentang posisi tidur yang dianjurkan pada ibu hamil
CURE disease kehamilan hamil kesehatan melahirkan bumil
1
AromaterapiSehat @aromaterapiYL
Banyak banget yang nanya, paling bagus bagaimana sih posisi tidur ibu hamil? Jawabannya adalah : #tidurMiringKiri
AromaterapiSehat @aromaterapiYL
Kenapa #tidurMiringKiri? Supaya tidak menekan pembuluh darah besar di sisi kanan tubuh (lihat gambar) http://t.co/AI5yo1h9
AromaterapiSehat @aromaterapiYL
Gambar : tampak depan tubuh manusia. Ini kenapa bumil disarankan tidur miring kiri. Supaya tidak menekan pem http://t.co/akOKVpOc
Expand pic
AromaterapiSehat @aromaterapiYL
Gambar tampak depan tubuh manusia, pembuluh darahnya disebut Inferior Vena Cava (biru) http://t.co/J54ESUGS #tidurMiringKiri
AromaterapiSehat @aromaterapiYL
Nahhh… Inferior Vena Cava ini bertugas membawa darah dari bagian bawah tubuh ke serambi kanan jantung #tidurMiringKiri
AromaterapiSehat @aromaterapiYL
Menurut studi dari University of Auckland (http://t.co/VcXawizu) #tidurMiringKiri mengurangi resiko janin meninggal
AromaterapiSehat @aromaterapiYL
ACOG (American College of Obstetrics & Gynecology) tidak merekomendasikan bumil tidur terlentang lho #tidurMiringKiri
AromaterapiSehat @aromaterapiYL
Posisi tidur terlentang pada bumil (terutama trimester 3) bisa menjadi penyebab terjadinya "supine hypnotension syndrome" #tidurMiringKiri
AromaterapiSehat @aromaterapiYL
Ha?? Apaan tuh supine hypotension syndromme? Sejenis makanan atau taneman?? Ehehehe iya bahasanya kriting amat. #tidurMiringKiri
AromaterapiSehat @aromaterapiYL
Eee maksudnya supine hypotension syndrome. Dasar otak hypnobirthing mulu yg dipikirin
AromaterapiSehat @aromaterapiYL
Itu bahasa keren-nya kondisi bumil yg seringkali mengalami pusing2, mual bahkan pingsan akibat sering tidur terlentang. #tidurMiringKiri
AromaterapiSehat @aromaterapiYL
Supine hypnotension syndrome juga sering disebut sebagai vena cava syndrome… nah ini bahasanya lebih bersahabat khan? #tidurMiringKiri
AromaterapiSehat @aromaterapiYL
Vena Cava Syndrome disebabkan karena tekanan yg semakin besar pada pembuluh darah besar, akibat rahim&janin yang membesar. #tidurMiringKiri
AromaterapiSehat @aromaterapiYL
Akibat tekanan pada pembuluh darah ini, aliran darah ke jantung jadi terhambat sehingga mengalami penurunan tekanan darah. #tidurMiringKiri
AromaterapiSehat @aromaterapiYL
Vena Cava Syndrome ini dialami oleh kurang lebih 8% ibu-ibu hamil… jadi ngga usah terlalu parno juga ya. #tidurMiringKiri
AromaterapiSehat @aromaterapiYL
Bukan berarti juga bumil harus terus2an #tidurMiringKiri … ya elah pegel kali ntar malah sakit semua badan :)
AromaterapiSehat @aromaterapiYL
Tapi karena Vena Cava Syndrome lebih mungkin muncul pada bumil yg sering terlentang, jadi usahakan jangan terlentang ya. #tidurMiringKiri
AromaterapiSehat @aromaterapiYL
ACOG sendiri merekomendasikan cara tidur bumil, yaitu miring (kanan ataupun kiri) dengan kaki diganjal bantal kok.. #tidurMiringKiri
AromaterapiSehat @aromaterapiYL
Trik-nya kalau tidur miring kanan agar tidak menekan pembuluh darah ini, tidurnya AGAK miring kanan pinggul ganjal bantal. #tidurMiringKiri
AromaterapiSehat @aromaterapiYL
Penting buat memperlancar aliran darah selama hamil lho, supaya aliran ke plasenta juga bagus. #tidurMiringKiri
AromaterapiSehat @aromaterapiYL
Jadi caranya bukan hanya #tidurMiringKiri tapi bisa juga dengan rajin relaksasi, olahraga, berendem air hangat (bukan air panas yah!)
AromaterapiSehat @aromaterapiYL
Mau liat lagi dimana si pembuluh darah utama ini? Nih yg dilingkarin (gambar tampak depan tubuh manusia) http://t.co/J54ESUGS
AromaterapiSehat @aromaterapiYL
Demikian sekilas infomimin, kuliah Jumat.. skarang bapak2 silahkan ambil sendal swalow dan sarung... jangan lupa Jumatan buat yg muslim :D

Comment

Login and hide ads.
Login and hide ads.