ngobrol #Pidana - TJ @_redisme_

Chirpified
0
Hana @annjoko

OK #sahabatRTL selamat malammmm....!!!!! TJ Red di sini... ngobrol dikit tentang #pidana yuks.... :)

26/02/2012 19:58:47 WIB
Hana @annjoko

beberapa orang mungkin belum tau dan menganggap KUHP dan KUHAP sama... well, 2 benda nyaris serupa itu tidak sama #pidana

26/02/2012 20:05:40 WIB
Hana @annjoko

KUHP (Ka U Ha Pe) = Kitab Undang2 Hukum Pidana. KUHAP (Ku Hap) = Kitab Undang2 Hukum Acara Pidana. #pidana

26/02/2012 20:07:25 WIB
Hana @annjoko

KUHP berisi tentang ketentuan-ketentuan hukum pidana. Ada 3 buku dalam KUHP, buku kesatu terdiri dari 9 bab berisi Ketentuan Umum #pidana

26/02/2012 20:10:10 WIB
Hana @annjoko

Buku Kedua berisi 30 bab tentang KEJAHATAN, dan Buku Ketiga terdiri dari 9 bab tentang PELANGGARAN #pidana

26/02/2012 20:12:39 WIB
Hana @annjoko

apa aja sech yang ada di Ketentuan Umum KUHP??? intinya sech... istilah2 yang digunakan dalam hukum #pidana ada di buku kesatu ini

26/02/2012 20:16:32 WIB
Hana @annjoko

trus apa beda KEJAHATAN dan PELANGGARAN??? Kejahatan merupakan perbuatan yang bertentangan dengan kepentingan hukum (Delik Hukum) #pidana

26/02/2012 20:22:43 WIB
Hana @annjoko

sedangkan PELANGGARAN mrupakan prbuatan yg tidak mentaati larangan atau keharusan yg ditentukan oleh penguasa Negara (delik Undang2) #pidana

26/02/2012 20:24:44 WIB
Hana @annjoko

dalam KUHP dikenal ad 3 bentuk kejahatan : kejahatan trhadap Negara, Kejahatan trhadap benda, dan kejahatan terhadap badan dan nyawa #pidana

26/02/2012 20:29:03 WIB
Hana @annjoko

KUHPini sebenarnya merupakan warisan kolonial Belanda yg sudah dipake' negara kita sejak tahun 1918 #pidana

26/02/2012 20:32:32 WIB
Hana @annjoko

ironisnya adalah...KUHP ini sendiri sebenarnya saat ini sudah tidak digunakan oleh Belanda (iyah, hukum negara kita jadul banget) #pidana

26/02/2012 20:33:31 WIB
Hana @annjoko

sebenarnya...draft Rancangan KUHP yang baru sudah selesai dibuat, hanya saja masih menunggu antrian untuk disahkan di DPR #pidana

26/02/2012 20:36:05 WIB
Hana @annjoko

untuk #sahabatRTL yang pengen ngerti lebih lanjut tentang isi KUHP, silahkan klik ==> http://t.co/XjPNr38k #pidana

26/02/2012 20:37:10 WIB
Hana @annjoko

nah...selain ketentuan Pidana umum yang tercantum di KUHP, hukum negara kita juga mengenal adanya tindak Pidana Khusus. #pidana

26/02/2012 20:38:21 WIB
Hana @annjoko

"lex specialis derogat legi generalis" merupakan asas dasar PIdana Khusus. Aturan hukum yg khusus mengesampingkan aturan hukum umum. #pidana

26/02/2012 20:41:31 WIB
Hana @annjoko

jadi meskipun di KUHP diatur mengenai pencabulan anak dibawah umur, para aparat hukum akan memproses kasus dengan...... #pidana

26/02/2012 20:43:14 WIB
Hana @annjoko

......aturan hukum yg lebih khusus, yaitu Undang2 Perlindungan Anak. #pidana

26/02/2012 20:45:15 WIB
Hana @annjoko

contoh peraturan hukum pidana khusus lainnya : Undang2 Tipikor (Tindak Pidana Korupsi), UU Terorisme, UU tindak pidana ekonomi, dsb #pidana

26/02/2012 20:46:40 WIB
Hana @annjoko

Nah...tadi di awal kan kita bicara tentang KUHP dan KUHAP. Apa sech bedanya??? #pidana

26/02/2012 20:47:42 WIB
Hana @annjoko

kalo KUHP berisi tentang ketentuan hukum untuk tindak pidana, KUHAP mengatur cara "beracara" di Pengadilan untuk menangani kasus #pidana

26/02/2012 20:49:00 WIB
Hana @annjoko

ketentuan mengenai penyidikan, penyelidikan, pemeriksaan saksi, persidangan dsb...diatur di Kitab Hukum Acara Pidana ini. #pidana

26/02/2012 20:50:17 WIB
Hana @annjoko

well #sahabatRTL , krena saya bingung mau cerita ap lagi + konsentrasi saya aga' kpecah sama kakak dasi.. sgitu dulu yah ngobrol #pidana nya

26/02/2012 20:52:14 WIB
Hana @annjoko

terimakasih yah yg udah menyimak... kalo ada yg mau tanya2...silahkan mention @infoRTL , i'm here kok... :)

26/02/2012 20:53:36 WIB
Hana @annjoko

RT @sijeyuk : TJ contohnya KUHAP gmn? Bs jelasin pake contoh kasus biar mudeng? :D *cara beracara itu mksdnya gmn?* #pidana

26/02/2012 21:02:54 WIB
Hana @annjoko

"beracara" itu sbenarnya adalah bersidang di pengadilan. Jadi kalo KUHP berisi tentang pidana + ancaman penjara/kurungan.. #pidana @sijeyuk

26/02/2012 21:05:24 WIB
Load Remaining (2)

Comment

No comments yet. Write yours!