0
Adjie Santosoputro @AdjieSanPutro
Seseorang bunuh diri karena hate comment. Makin bertambah yang perlu ditolong, tapi masih banyak juga yang tak tau cara untuk menolong. Bahkan ada yang sikapnya malah memperparah keadaan, hingga berakibat orang lain bunuh diri. TIPS MEMBANTU ORANG LAIN MEMULIHKAN SEDIH Thread. pic.twitter.com/0Q9XIQUdaN
Expand pic
Adjie Santosoputro @AdjieSanPutro
1. Sadar diri. Kalau temenmu lagi sedih, belajarlah menyadari bahwa dia lagi butuh dukungan & bantuanmu. Berempatilah padanya Bukan malah memposisikan diri sok suci, ngatain dia: kurang bersyukur, kurang berdoa, kurang beribadah, dsb. Daripada ngomong gitu, mending diamlah saja
Adjie Santosoputro @AdjieSanPutro
Kita akan lebih peka menyadari keadaan orang lain, kalau kita terlatih menyadari keadaan diri kita sendiri. Perlu latihan sadar diri (mindfulness). Luangkan waktu di tengah kesibukanmu, duduk diam hening. Hanya menyadari apa yg sedang kamu pikirin. Menyadari perasaanmu sendiri.
Adjie Santosoputro @AdjieSanPutro
2. Berikan perhatian. Kalau kamu bertemu dgn temenmu yg lagi sedih, arahkan perhatianmu kepadanya. Sesederhana arahkan matamu melihatnya. Bukan sibuk main hp. Dengan begini, secara tak langsung menyampaikan pesan bahwa kamu menganggap dia penting. Kamu menerimanya apa adanya.
Adjie Santosoputro @AdjieSanPutro
Agar bisa mengarahkan perhatian pada seseorang, kita perlu berlatih mengelola perhatian. Perhatian itu seperti senter. Ke mana “senter perhatian” kita arahkan, di situlah yang lebih kita lihat. Memberi perhatian itu tak mudah. Karena sekarang kita berlomba mendapat perhatian.
Adjie Santosoputro @AdjieSanPutro
Lalu gimana cara latihan memberikan perhatian? Dimulai dari cara yang sederhana. Perkuat otot perhatianmu dengan latihan meluangkan waktu duduk diam hening, dan perhatikan tarikan-embusan napasmu. Ketika perhatianmu mulai beralih, perlahan ajak kembali perhatianmu ke napas ya.
Adjie Santosoputro @AdjieSanPutro
3. Dengarkan sepenuh hati. Dengarkan dengan sabar apapun yang dia katakan. Beri ruang padanya untuk mengungkapkan isi hatinya, tanpa memaksanya. Kalau dia ingin menangis, beri dia waktu untuk menangis. Kalau dia diam, tak apa. Berusahalah menemani agar dia tak merasa sendirian.
Adjie Santosoputro @AdjieSanPutro
Agar bisa mendengarkan sepenuh hati, kita perlu berlatih mendengarkan. Caranya, kalau berkesempatan dengerin seseorang, berlatihlah dengerin dengan seksama. Bener-bener dengerin. Pikiranmu akan mengganggu biar kamu enggak dengerin. Itulah ulah ego. Sadari aja. Kembali dengerin.
Adjie Santosoputro @AdjieSanPutro
Sekian dulu tipsnya ya. Lain waktu akan saya bagikan tips lanjutannya. Tulisan ini hanya pendapat saya. Hasil belajar dari berbagai tulisan & guru. Belum tentu benar. Cara yg berhasil buat saya, belum tentu berhasil buat orang lain. Terima kasih buat teman2 yg udah baca & RT 🙏
uwu @mbakflo
@AdjieSanPutro aku setiap hari melakukan self healing. Dengerin audio yoga sambil baca kalimat2 afirmasi Buat temen2 yg depresi, sakit hati, tertekan, sedih, dll, boleh dicoba. Barangkali bisa menolong kesehatan jiwa kalian.
Intan WN @namintan
@f_l_o_s_i_a @AdjieSanPutro Audionya semacam apa kak? Yg dimaksud afirmasi itu seperti apa ya
Delia @delia_a
@namintan @f_l_o_s_i_a @AdjieSanPutro Kalimat2 seperti saya sehat, saya kuat, saya cukup, dll gitu. Jadi semacam meyakinkan diri sendiri.
Intan WN @namintan
@delia_a @f_l_o_s_i_a @AdjieSanPutro Tulisannya acak2an bahasanya sama sekali tidak pas. Krn pikiran sendiri juga sedang acak2an. Pdhl aq trmasuk pembaca yg giat 😅 hal semacam ini juga lumayan membantu ya ternyata. Aku tulis bbrp tahun yg lalu. pic.twitter.com/A8aGLLYsJ0
Expand pic
Delia @delia_a
@namintan @f_l_o_s_i_a @AdjieSanPutro Alhamdulillah Mba berhasil melewati masa2 itu ya. Kita memang perlu sering2 meyakinkan diri sendiri kalau kita berharga, lengkap, dan pantas disayangi 😊
Intan WN @namintan
@delia_a @f_l_o_s_i_a @AdjieSanPutro Makasih ya kak. Iya bersyukur banget bisa melewati titik terendahku saat itu. Bnr2 gak mudah. Bnr2 brsyukur. Dan setalahnya aku udh jarang menyimak pembahasan mslh bundir. Tp akhir2 ini aku juga lagi ada masalah yg bnyk. Jd nyoba juga buat penyembuhan diri lagi
bal @balschology
@AdjieSanPutro terimakasih mas adjie buat threadnya 🙏

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.