8
Wazid @wazidkautsar
Beli Rumah VS Bikin Rumah Gua mau cerita sedikit masalah ini, terutama buat temen temen yang lagi bingung masalah tempat tinggal. semua masalah sebenernya berasal dari sini. semoga bisa menjadi sedikit pencerahan tentang rumah. pic.twitter.com/RutNtemffR
Expand pic
Wazid @wazidkautsar
BELI RUMAH Beli rumah yang dimaksud bisa rumah tapak atau apartemen. 1. Rumah Subsidi Rumah yang dapet subsidi dari pemerintah. rumah ini harganya murah kisaran 140-160 jt tergantung lokasi udah gitu ditambah sama KPR yang ringan banget. tapi ada syaratnya. pic.twitter.com/sx3chLZG0g
Expand pic
Wazid @wazidkautsar
syaratnya salah satunya MBR. (Masyarakat Berekonomi Rendah) lengkapnya bisa cari disini perumnas.co.id/inilah-syarat-… . karena harga murah yaa kadang kualitas tidak menjamin.
Wazid @wazidkautsar
2. Beli rumah cash. kalo yang ini mah udah sih ga bakal ada masalah hahaha. bisa beli ke developer atau langsung rumah bekas.
Wazid @wazidkautsar
3. Beli rumah di developer nah kadang sama milenial bermasalah mulai dari finansial sampai gengsi. Harga rumah untuk milenials di tangsel sekitar 400 -800, gua batasin yang sekiranya bisa terjangkau aja tergantung tempat ukuran dan matrial.
Wazid @wazidkautsar
A. Rumah harga sekitar 400an kalo di tangsel harganya sekitar 400an dapet satu lantai, nah kalo rumah emang dirancang 1 lantai artinya ga bisa berkembang ke atas utuk lantai 2. jadi harus ngerobohin rumah baru buat lantai 2. kan sayang juga sih sebenernya. pic.twitter.com/B9nkAzjGlE
Expand pic
Wazid @wazidkautsar
B. Rumah harga sekitar 800an rumah segini lumayan nih udah dapet lantai 2 dengan lingkungan yang baik. tapi kira kira warga milenial apa yang bisa menjangkau itu ?? baik lah sekarang kita bakal itung itungan. pic.twitter.com/C6KsuSHKqz
Expand pic
Wazid @wazidkautsar
Anggap kita beli dengan KPR (Kredit Kepemilikan Rumah). harga 800jt. biasanya persyaratannya punya DP minimal 10% berarti 80jt. nah habis itu ikut KPR. anggap kita minjem ke Bank 700 jt. berapa harga angsurannya yang harus kita bayar per bulan?
Wazid @wazidkautsar
di bawah adalah list dari bank BNI Syariah. (A) adalah harga jual bank (B) adalah harga satuan. angka dari 15-20 adalah jangka waktu per tahun. Artinya jika kita minjem 700jt berarti per bulan kita harus membayar 8,8 jt. berarti total kita kasih ke Bank adalah 2.1M. Fantastis. pic.twitter.com/pag64YIzke
Expand pic
Wazid @wazidkautsar
Sebenernya bener juga sih karena Bank juga ngeliat nilai Inflasi yang 4% /tahun dll dan keuntungan juga. maka gitu hasilnya. oleh karena itu kenapa harga properti naik terus. Nah berarti kita harus bijak untuk nentuin jumlah untuk minjam ke Bank. sesuai kebutuhan kita.
Wazid @wazidkautsar
BIKIN RUMAH Nah bikin rumah ada 2 cara mau langsung jadi seutuhnya atau bertahap yang kita bilang RUMAH TUMBUH. Rumah tumbuh adalah rumah yang dibangun secara bertahap mengikuti maslaah finansial keluarga atau penambahan anggota keluarga.
Wazid @wazidkautsar
Buat Rumah tumbuh pasti kita butuh perencanaan matang agar semua efisien. perencanaan ini bisa jadi mulai dari keuangan sampai mau nambah anak kapan dll. pic.twitter.com/CYDw3r2p5b
Expand pic
Wazid @wazidkautsar
mulai dari nyari tanah, nayri tanah gampang gampang susah sih mungkin bakal kita bahas selanjutnya. skemanya banyak sih contoh mulai dari beli tanah langsung, lahannya sewa aja, landsharing, dll. pic.twitter.com/rbeqIAjBXU
Expand pic
Wazid @wazidkautsar
Setelah dapet tanah, selanjutnya bangun rumah nah paling tahun pertama bangunya seperlunya aja yang cukup untuk tinggal 2 orang dewasa. harga /m2nya kisaran 3jt /m jadi kalo kamu mau bangun rumah ukuran 10 x 6 maka 60m2. 60m2 x 3jt/m2 = 180 juta pic.twitter.com/jVgdaNVfUA
Expand pic
Wazid @wazidkautsar
Perencanaan Tahun ke-3 Rencana melakukan penambahan untuk dapur lebih besar dan ruang makan. ukuran 3m x 10m = 30m2, kemudian dikali 3jt/m2. 30m2 x 3jt/m2 = 90juta pic.twitter.com/Jad3nXVfEo
Expand pic
Wazid @wazidkautsar
Perencanaan Tahun ke-8 Rencana penambahan ruang untuk lantai 2, nambah 2 kamar, 1 kamar mandi dan ruang keluarga. ukuran kira kira 13m x 9m = 117m2 kemudian 117m2 x 3jt/m2 = 351 juta. pic.twitter.com/2plt0tsUOz
Expand pic
Wazid @wazidkautsar
Sebenernya semua bisa di costum berdasarkan berbagai pertimbangan, baik pertimbangan finansial, kebutuhan tuang tambahan atau tambahan anggota keluarga asal dari awal sudah di rencanakan sebagai rumah tumbuh. karena semua struktur akan di rencanakan untuk pembangunan bertahap.
Wazid @wazidkautsar
Trimakasih netizen yang budiman :) boleh kalo mau diskusi atau ada kalau pertanyaan. kalo ada topik yang butuh penjelasan lebih lanjut nanti saya bahas lebih detail lagi.
Zelta @MHBramantyo
@wazidkautsar Kebanyakan orang indo be like : Beli rumah ❌❌ Bikin rumah ❌❌ Resepsi nikah gede2an ✅✅✅
deinara @reddishbrick
@wazidkautsar abis baca thread ini langsung mikir harus sebanyak apa penghasilan gue dan calon suami kelak untuk bisa resepsi pernikahan yang indah, juga beli/bangun rumah yang luar biasa indah... @ Steve Job kasih gue duit sih
Wazid @wazidkautsar
@reddishbrick Hmm berarti mba harus mulai belajar financial planning, untuk mengelola dan merancanan masalah keuangan mba. biasanya emang "gengsi" sih yang yang bikin semuanya jadi boros. di otak pinginnya gini tapi di dompet meronta ronta hahaha.
EL @elSatyaa
@wazidkautsar Beli tanah - bangun rumah sendiri -harga jatuhnya lebih murah -desain sesuai selera -bikinnya bisa dicicil tanpa harus "nyicil"
YOHOLLOW. @Vionarossalina
@wazidkautsar Wkwkwk nikah di gedung,tinggal di kontrakan indonesian ppl bilyk😭😭😭
Muhammad Sodik @0dyy
@wazidkautsar Yang komen di thread ini bisa jadi saling bertetangga dalam beberapa tahun kemudian. Karena sama2 lagi memikirkan gimana bisa punya rumah dengan mempertimbangkan wejangannya mz Wazid.
Wazid @wazidkautsar
Kalo tertarik silangkan follow, gua bakal ngeshare banyak thread tentang gemana milenials bisa bikin rumah tanpa harus KPR. Mulai dari bahaya hutang KPR sampai step by step merencanakan ruma masa depan. thanks.
Load Remaining (1)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.